ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Authors

  • Devina Norlita Universitas Muria Kudus
  • Putri Wanda Nageta Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.754

Keywords:

Kemampuan Penalaran Matematis, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini memiliki Tujuan untuk mencari tahu berapa besar pada tingkatan pada pemecahan berbagai masalah pada matematika dan seberapa mampu siswa dalam penalaran dan mata pelajaran matematika dikelas V Sd 3 Lau Kudus. Pada artikel ini menggunakan  penelitian Kualitatif Deskriptif menggunakan cara pengumpulan data dilakukan melalui observasi,  dokumentasi serta untuk pengumpulan data pada kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan beberapa soal matematika. Untuk soal kategori sedang terdapat 2 soal yang pertama mendapatkan sekor 3 benar dari 13 siswa sehingga hanya 23% yang berhasil menjawab dengan tepat, untuk soal kategori sedang yang kedua mendapatkan sekor 7 yang benar dari 13 siswa sehingga hanya 53% yang berhasil menjawab dengan tepat. Untuk  soal kategori mudah terdapat  2 soal uji penalaran yang pertama terdapat 13 siswa yang berhasil menjawab sempurna 100%, dan soal yang kedua terdapat 10 siswa yang mampu menjawab dengan tepat, sehingga 76% siswa mampu menjawab dengan benar

References

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa SMA Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas., 2005–2008.

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 1–13.

Munasiah. (2020). A rithmetic. Jurnal Arithmetic : Academic Journal Of Math, 02(01), 99–110.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Norlita, D., Nageta, P. W., & Riswari, L. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 229–236. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.754

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.