Manajemen Konflik (Strategi Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Studi Kasus : Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember)

Authors

  • Mu’afifah Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember
  • Enggi Ainun Nabilla Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember
  • Rahmita Indah Romadhoni Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember
  • Moch. Febry Aryo Hidayat Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember
  • Mu'alimin Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.239

Keywords:

Manajemen Konflik, Meningkatkan, Strategi, Prestasi Belajar

Abstract

 Konflik dalam dunia pendidikan dipandang sebagai salah satu titik lemah dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Perspektif ini muncul karena pimpinan lembaga melihat konflik sebagai sesuatu yang negatif dan kontraproduktif. Konflik dalam organisasi berbanding lurus dengan perkembangan organisasi, termasuk salah satunya adalah lembaga pendidikan. Konflik sebenarnya sesuatu yang alamiah, yang dalam batas waktu tertentu dapat bernilai positif terhadap perkembangan sekolah, tetapi harus dikelola dengan baik dan hati-hati.Peningkatan  prestasi belajar, faktor pendukung dan penghambat serta solusi dari kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. MTsN 2 Jember sebagai salah satu sekolah yang banyak diminati memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu dengan membangun kemitraan dengan siswa dalam belajar; menciptakan lingkungan belajar yang kondusif; dan mengevaluasi proses belajar mengajar. Hambatan tersebut dapat muncul dari guru itu sendiri, siswa, lingkungan rumah, atau faktor institusional. Solusi untuk mengatasi hambatan adalah memaksimalkan program, yang membutuhkan bimbingan dari keluarga dan kesadaran tingkat tinggi akan hak dan tanggung jawab siswa.

References

Wati, Amalia Ratna Zakiah, and Syunu Trihantoyo. "Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa." JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5.1 (2020): 46-57.

Muspawi, Mohamad. Manajemen konflik (upaya penyelesaian konflik dalam organisasi). Vol. 16. Jambi University, 2014.

Cholifah, Tety Nur, I. Nyoman Sudana Degeng, and Sugeng Utaya. "Pengaruh latar belakang tingkat pendidikan orangtua dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1.3 (2016): 486-s491.

Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Mu’afifah, Enggi Ainun Nabilla, Rahmita Indah Romadhoni, Moch. Febry Aryo Hidayat, & Mu’alimin. (2022). Manajemen Konflik (Strategi Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Studi Kasus : Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember). JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 24–33. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.239

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.