PENERAPAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DAPAT MEMPENGARUHI NILAI BAHASA INDONESIA KELAS 2
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.753Keywords:
Penggunaan, Bahasa Indonesia, Nilai, PengaruhAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa Indonesia di sekolah terhadap nilai bahasa Indonesia kelas II. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan 28 siswa kelas II SDN 1 Bae. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan tes penilaian dan data primer berupa skor bahasa. Indonesia pada semester II kelas II SDN 1 Bae, mengamati dan mendokumentasikan serta menganalisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia di sekolah sebagai variabel independen tidak mempengaruhi nilai bahasa Indonesia. Efek yang ditemukan adalah 3,3%. Model regresi yang diperoleh dari analisis adalah Y ̂=87,577+(-0,162X). Model diperoleh sebagai prediksi nilai asli dari hasil pengujian. Berdasarkan teknik analisis regresi yang dilakukan peneliti, variabel yang menggunakan bahasa Indonesia di sekolah tidak mempengaruhi nilai bahasa Indonesia
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1),69-74. https://doi.org/10.25299/prespektif.2019.vol10(1).3102
Depdiknas.(2008).Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Depdiknas.,2005-2008.
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 190–204.
Khair, U. (2018).Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASAASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1),81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2il.261.
Moma. (2017).Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 36(1),130-139. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/10402.
Nada, I., Utaminingsih,S.,& Ardianti, S.D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problem Berbantuan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2),216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856.
Nurkholis. (2013) Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh : Nurkholis Doktor IlmuPendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purworejo. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/journalkependidikan/article/download/530/473.
Puspitasari, A., Sastra, F., & Indonesia, U. M. (2017). 55-Full-Text Article-96-1-10-20200210. Tamaddun Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 16(2), 81–87.
Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Derah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda Kabupaten Manggarai. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71-29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v3i2a3.2016.
Renny, & Sonbay,Yohana,R. (2019). The Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. ,1(2),. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105-110.
Suria Oktaviani, M. D., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
Zulkhi, M. D., & Wardani, R. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Di Sekolah Dasar. Universitas Jambi, 1–8. https://repository.unja.ac.id/6455/1/5. A1D118085 RISKA WARDANI.pdf