PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG

Authors

  • Syabilla Suci Rezani Universitas Pasundan
  • Eggie Nugraha Universitas Pasundan
  • Lili Sadeli Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.649

Keywords:

Metode Picture And Picture, Media Digital Wordwall, , Keterampilan Menulis, Teks Persuasif

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni kemampuan peserta didik tingkat menengah yang masih kesulitan dalam menulis teks persuasif yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode dan media sebagai penunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan peserta didik Kelas VIII di SMP Pasundan 1 Bandung sebelum dan sesudah menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam pembelajaran menulis teks persuasif. Mendeskripsikan perbedaan kemampuan dalam menulis teks persuasif antara peserta didik yang menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dengan peserta didik yang menerapkan metode think pair share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Hasil penelitian ini yaitu sebelum menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam pembelajaran menulis teks persuasif, peserta didik belum mampu membuat teks persuasif, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 36,4. Sedangkan sesudah menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dalam pembelajaran menulis teks persuasif, peserta didik mampu membuat teks persuasif, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 85,3. Terdapat perbedaan kemampuan peserta didik Kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung dalam pembelajaran menulis teks persuasif dengan menerapkan metode picture and picture berbantuan media digital wordwall dibandingkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS). Dilihat dari pengujian mann whitney-u dengan perolehan nilai Aysmp.sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

References

Ahyar, H., Wikanengsih, & Fauziya, D. (2020). Pembelajaran menulis cerpen menggunakan metode picture and picture. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(5).

Dewi, N. N., Kristiantari, M., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilanmenulis bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4).

Dormaida, A. (2020). Pengaruh penerapan metode pembelajaran picture series terhadap hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jangkang. Skripsi (S1), IKIP PGRI Pontianak.

Janner, S. (2019). Kita menulis: semua bisa menulis buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, D., Syambasri, & Syahrani, A. (2020). Kemampuan menulis teks persuasif siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11), 1–9.

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(4).

Maulana, N. (2014). Penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi dan berpikir kritis: studi eksperimen kuasi pada siswa Kelas X SMAN 19 Bandung. Skripsi(S1), Universitas Pendidikan Indonesia.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi menulis teks cerita fantasimelalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Education Action Research, 5(2).

Nuraeni, F., Rahayu, F., & Hasyim, B. (2023). Pengaplikasian wordwall sebagai media pembelajaran interaktif di Sekolah Dasar. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1). https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/sejahtera/article/view/399/323

Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.

Pebrianti, N. A. (2020). Analisis kesulitan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik di sekolah dasar (penelitian analisis deskriptif pada siswa kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1), Universitas Pasundan.

Putri, E., Saleh, N., & Jufri. (2021). Media pembelajaran wordwall dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Phonologie:Journal of Language and Literature, 2(2).

Putu, A. S., & Ni, N. K. (2017). Penerapan model picture and picture berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99–106.

Riyono, B., & Retnoningsih, A. (2015). Efektivitas model pembelajaran picture and picturedengan strategi inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education, 4(2).

Siregar, R. A., & Mahrani, E. (2022). Keterampilan menulis. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Syabilla Suci Rezani, Eggie Nugraha, & Lili Sadeli. (2023). PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA DIGITAL WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF KELAS VIII DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.649

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.