Penulisan Teks Eksplanasi Siswa SMK di Cilacap: Problematika dan Upaya
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.513Keywords:
Siswa SMK, Cilacap, Teks EksplanasiAbstract
Menulis teks eksplanasi merupakan materi inti dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, banyak siswa masih memiliki kendala dalam penulisannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi problematika yang terjadi dalam kegiatan menulis teks ekplanasi siswa kelas XI SMK BO di Cilacap, serta upaya apakah yang tepat untuk mengatasi problematika tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI Otomotif 3 SMK BO 2 Gandrungmangu Cilacap mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi terutama dalam aspek kebahasaan. Faktor internal peserta didik yang tidak dapat memahami pembelajaran dengan baik menjadi latar belakang dari problematika kesulitan penulisan teks eksplanasi. Faktor eksternal yang ditemukan adalah tentang optimalisasi proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh siswa untuk mengatasi masalah ini adalah mereka harus mencermati guru secara baik. Untuk hal ini, diperlukan media, metode, strategi, teknik, dan pendekatan yang lebih optimal untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks eksplanasi. Implikasi dari penelitian ini adalah proses dan sistem pembelajaran yang baik dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage Publications, Inc.
Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.
Dellia, P., Mutiatun, S., Amil, A. J., Ismail, N. H., Narawi, M. S., Pamungkas, O. Y., & Hastangka, H. (2023). Digitalisasi Museum Cakraningrat sebagai Sumber Literasi Edukasi pada Siswa Di Era Disrupsi 5.0. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 41–50. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.682
Fachrurrozi, M., & Manik, A. A. (2016). Perbaikan Ejaan Kata pada Dokumen Bahasa Indonesia dengan Metode Cosine Similarity. Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya Kampus Unsri Indralaya Ogan Ilir, October 2015.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Lestarini, A., & Suriana, S. N. (2018). Optimalisasi Peran Fasilitator untuk Meningkatkan Keefektifan Diskusi Kelompok pada Blok Musculoskeletal System and Disorders. WMJ (Warmadewa Medical Journal), 2(2), 52. https://doi.org/10.22225/wmj.2.2.373.52-59
Najihah, M., Purwo, A., Utomo, Y., & Safitri, A. N. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP.
Purnamasari, A., Aryuna, D. R., & Maryono, D. (2017). Penerapan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(6), 17–26.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di sd negeri 4 gumiwang [Factor analysis of the low interest in learning mathematics for fifth grade students at public elementary school 4 gumiwang]. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74.
Rika Kustina, & Hanita Karlina. (2014). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Vii.1 Smp Negeri 3 Banda Aceh. Visipena Journal, 5(2), 148–159. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.281
Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pustaka Jambi.
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100
Simanjuntak, A. V., & Baharuddin. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Dengan Media Ilustrasi Digital. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 88–97.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Ed.Rev. ce). PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Sage Publications, Inc.
Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.
Dellia, P., Mutiatun, S., Amil, A. J., Ismail, N. H., Narawi, M. S., Pamungkas, O. Y., & Hastangka, H. (2023). Digitalisasi Museum Cakraningrat sebagai Sumber Literasi Edukasi pada Siswa Di Era Disrupsi 5.0. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 41–50. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.682
Fachrurrozi, M., & Manik, A. A. (2016). Perbaikan Ejaan Kata pada Dokumen Bahasa Indonesia dengan Metode Cosine Similarity. Jurusan Teknik Informatika Universitas Sriwijaya Kampus Unsri Indralaya Ogan Ilir, October 2015.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Lestarini, A., & Suriana, S. N. (2018). Optimalisasi Peran Fasilitator untuk Meningkatkan Keefektifan Diskusi Kelompok pada Blok Musculoskeletal System and Disorders. WMJ (Warmadewa Medical Journal), 2(2), 52. https://doi.org/10.22225/wmj.2.2.373.52-59
Najihah, M., Purwo, A., Utomo, Y., & Safitri, A. N. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP.
Purnamasari, A., Aryuna, D. R., & Maryono, D. (2017). Penerapan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(6), 17–26.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di sd negeri 4 gumiwang [Factor analysis of the low interest in learning mathematics for fifth grade students at public elementary school 4 gumiwang]. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74.
Rika Kustina, & Hanita Karlina. (2014). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Vii.1 Smp Negeri 3 Banda Aceh. Visipena Journal, 5(2), 148–159. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i2.281
Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pustaka Jambi.
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 292–302. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100
Simanjuntak, A. V., & Baharuddin. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Dengan Media Ilustrasi Digital. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 88–97.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Ed.Rev. ce). PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121