SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Devina Norlita Universitas Muria Kudus
  • Putri Wanda Nageta Universitas Muria Kudus
  • Siska Ayu Faradhila Universitas Muria Kudus
  • Melisa Putri Aryanti Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismayam. A Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah adalah pendidikan yang mencakup nilai,budi pekerti,moral dan juga watak yang memiliki tujuan untuk mengembangkan nilai-nilai karakter serta kemampuan terhadap semua warga sekolah dalam memberi keputusan baik maupun buruk,teladan,dapat menjaga hal baik dan mengembangkan kebaikan di dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan intelektual tanpa diikuti oleh akhlak dan kepribadian yang baik itu tidak ada gunanya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji literatur review terkait Pendidikan karakter disekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review).Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 artikel jurnal nasional dapat diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi publish or perish . Berdasarkan penelitian Pada era globalisasi ini tingginya moral seseorang juga menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalin koneksi di dunia sosial.

References

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Anugraheni, I. (2018). Indri Anugraheni . Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar, 8(2), 133–138.

Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas., 2005–2008.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026

Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 286. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Ni Putu Suwardani. (2020). “QUO VADIS” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. In Unhi Press.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Tuti, Al Fithrah Surabaya, S., & Timur, J. (2022). Institut Agama Islam Ngawi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Blended Learning di Sekolah Dasar. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 8(2), 30–47. www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam. A, E. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR) : PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743