POLA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUSUHBANGO

Authors

  • Ghulam Ahmad Universitas Islam Balitar
  • Desy Anindia Universitas Islam Balitar
  • Sripit Widiastuti Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.249

Keywords:

Bimbingan Belajar Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian dalam skripsi dilatar belakangi fenomena bahwa pendidikan, status pekerjaan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah. Oleh karena itu dikatakan bahwa keluarga (orang tua) memegang peranan penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi belajar anak. Tanpa dorongan dan rangsangan orang tua, maka perkembangan prestasi belajar akan mengalami hambatan. Berdasarkan itu, peneliti tertarik mengkaji lebih jauh dengan menggambarkan peran keluarga yang bekerja sebagai pns, petani dan buruh, yang mana lembaga tersebut, banyak siswa yang berprestasi, dibawah asuhan guru sebagai pengajar disekolah, namun keterlibatan orang tua merupakan sesuatu yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena itu perlu diteli tentang peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Susuhbango Ringinrejo. Fokus penelitian penulisan skripsi ini adalah Bagaimana peran keluarga petani, buruh dan pns dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Susuhbango Ringinrejo. Untuk mengetahui Peran keluarga petani, buruh, pns dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN Susuhbango Ringinrejo. Pendekatan yang digunakan penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian digunakan penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: wawancara,observasi, dokumentasi dan teknik analisis data. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, siswa, wali kelas dan kepala sekolah. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik Miles &Huberman. Pengecekan keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triagulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan refiew informan. Hasil penelitian Peran petani sebagai pembimbing yaitu memberi bimbingan mengerjakan pr, dan mengerjakan soal di buku lks. Sebagai fasilitator yaitu,menyediakan ruang belajar, buku lks, paket, tempat kursus LBB. Sebagai motivator, memberikan nasehat, teguran, dorongan, pujian dan hadiah. Peran buruh, sebagai pembimbing, yaitu mengerjakan pr. Sebagai fasilitator, yaitu, menyediakan buku tulis, lks, ruang belajar. Sebagai motivator yaitu,memberikan nasehat, teguran pujian, hadiah. Peran pns, sebagai pembimbing, memberi bimbingan mengarjakan pr, mengerjakan soal lks dll. sebagai Fasilitator,menyediakan ruang belajar.Jadwal kegiatan dirumah, tempat kursus,buku dll. sebagai motivator yaitu, memberikan nasehat belajar, teguran, dan memberikan hadiah.

References

Abdurahman,Mulyono.2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu, Dkk. 2017. Ilmu Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Tanzeh,DKK 2012. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras

Anas Sudijono.2006.Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal.2002.Penelitian pendidikan : Metode dan paradigma baru. Bandung : Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Basri, Zainuddin. 2013. Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Hasil Belajar Murid Kelas V SD Islam Athirah Unit Kajaolaliddo Kota Makassar,Makassar: UniversitasNegeri Makassar.

Cholid Narbuko, Abu Achmadi. 2015. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumhur, et.al. 2018. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: C.V.

Dr. H. Sutirna, M.Pd dan Asep Samsudin. 2015. Landasan Kependidikan Toeri Praktek. Bandung : Refika aditama.

Gunawan, Imam. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar .Bandung: BumiAksara.

Hasbullah.2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajawaliPers.

Hermawan. 2012. Bimbingan Belajar dan Remidial Akademik. Surakarta: UNS.Press

Ilham. 2017. Pengaruh Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa. Makasar : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Ilmu,Gizcha.ManfaatBimbinganBelajar.Pendidikan:November,2009.http://gizcya.blogspot.com/2009/11/manfaatbimbingan-belajar.html.

Kusyairy, Umi. 2014.Psikologi Belajar.Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Mayzuroh, Efa. 2021. Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Tematik Siswa Kelas VI B Di MIN 1 Lamongan. Lamongan : Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Agus. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: tnp.

Nur Aisyatinnnaba. 2015. Peran Orangtua Dalam Memotivasi Belaja Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Losari – Brebes). Brebes :Universitas Muhadi Setiabudi.

Noer Saleh, Musanet. 2010. Pedoman Membuat Skripsi. Jakarta: Gunung Agung.

Riduwan. 2012. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian”.Bandung: Alfabeta.

Stainback,William dan Stainback,Susan.1999. Bagaimana Membantu Anak Berhasil di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius.

Sudjana.2014.Dasar-Dasar Belajar Mengajar.Cet. VII; Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana.2004.Dasar-Dasar Belajar Mengajar (Cet. VIII; Bandung: Sinar BaruAlgen Sido.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang no 20 tahun 2023 tentang sistem pendidikan nasional Pasal 26 ayat (1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 57 Ayat 1 dan 2.

Walgito, Bimo.2004. Bimbingan + Konseling.Yogyakarta: Andi.

Walgito, Bimo.2010.Bimbingan + Konseling.Yogyakarta: Andi.

Yin, Robert K.2014.Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta:Rajawali Pers.

Yusuf, Syamsu. Dkk.2010.Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Ghulam Ahmad, Desy Anindia, & Sripit Widiastuti. (2022). POLA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUSUHBANGO . JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 57–78. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.249

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.