Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peranan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI MIPA dan XI PIPS Di SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN Pematang Siantar T. A. 2021/2022

Authors

  • Restu Sonya Logos Sinuraya Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sepriandison Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Marthin Fransisco Manihuruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.233

Keywords:

prestasi belajar siswa, pola asuh orang tua, peranan guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan peranan guru terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI MIPA I dan XI PIPS I SMA Swasta Kampus Pematang Siantar yang berjumlah 67 orang. Untuk memperoleh data pola asuh orang tua dan peranan guru, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pernyataan yang diikuti dengan jawaban terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reliabilitas.

Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu :

Y atas X1 adalah   = 70,49 + 0,2 X1artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah   = 73,39 + (0,6) X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah  = 8,9 +0,67 X1+1,91 X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y.

Adapun koefisien Pengaruh yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Pengaruh antara X1 terhadap Y adalah 1,11 , (2) Pengaruh antara X2 terhadap Y adalah 0,76 , (3) Pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y adalah 0,87 , (4) Koefisien kontribusi Y atas X1 sebesar 54,21% , (5) Koefisien kontribusi Y atas X2 sebesar 25,41% , (6) Koefisien kontribusi X1 terhadap X2 sebesar 33,30%.

Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikansi pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1, maka diperoleh :

  1. Terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa : (Fhitung 0,77 > nilai Ftabel sebesar 0,24). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.
  2. Terdapat hubungan peranan guru terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung sebesar 3,52 > nilai Ftabel sebesar 0,24). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.
  3. Terdapat hubungan pola asuh orang tua dan peranan guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di Kelas XI SMA Swasta Kampus Pematang Siantar, bahwa: (Fhitung 25,38 > nilai Ftabel sebesar 3,14). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima.

References

Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Armasiwi Puspita. 2013. Pengaruh Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (Skripsi, Tidak dipublikasikan).

Ki Hadjar Dewantara. 2009. Pendidikan Keluarga UMY(Universitas Muhammadiyah yogyakarta)

Jason Lase. 1997. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan sekolah terhadap vandalisme siswa. Jakarta : Katalog perpustakaan nasional RI

Hurlock. 2003. Pola asuh orang tua. Sidoarjo : FKIP-UKSW

Soerjono Soekanto. 1990 . Sosiologi Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta

Dr. Rusman, 2010. Model model pembealajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Mujtahid. 2010. Pengembangan profesi guru. Malang : UIN-Malang Press

Slameto. 2010. Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Moh Surya. 2004. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Malang : Universitas Negeri Malang

Bahri, Djaarah, Syaiful. 2011.Psikologi Belajar.Jakarta : PT Rineka cipta.

Suharsimi Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional

Moh Surya, 2004. Dasar dasar evaluasi pendidikan. Universitas Negeri Malang

Helmawati.2014. Pendidikan Keluarga teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurishan, J. Achmad.2009. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono 2019. Metode penelitian.Bandung: Alfabeta Risaldy, Sabil dan H. Idris Meity. 2015. Bimbingan dan Konseling. Jakarta Timur : PT Luxima Metro Media.

Saardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pres.

Sudjana. 2014. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Suyanto. 2011. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Kenakalan Peserta didik di SMP Negeri 1 Tanggungharjo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobongan. (Skripsi, Tidak dipublikasikan).

Setiayan. Dhita. 2013. Peran Guru dalam Meningingkatkan Minat Belajar Pkn pada Siswa Kelas III di Min Tempel Ngaglik Slemen Yogyakarta (Skripsi, Tidak dipublikasikan).

Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. 2011. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Restu Sonya Logos Sinuraya, Sepriandison Saragih, & Marthin Fransisco Manihuruk. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peranan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI MIPA dan XI PIPS Di SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN Pematang Siantar T. A. 2021/2022. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 09–14. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.233

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.