Pelaksanaan Program Layanan Konseling dengan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Pasca Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.808Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji informasi tentang layanan konseling cognitive behavior therapy (CBT) Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Kota Jakarta Selatan untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja pasca pandemi covid 19. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif-deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode triangulasi. Subyek penelitian ini adalah anak asuh remaja Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Kota Jakarta Selatan yang mengalami penurunan motivasi belajar pasca pandemic covid 19. Data yang terkumpul akan dianalisis dan digunakan sebagai dasar penyusunan layanan konseling CBT untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dikumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya maksimal yang dilakukan pengurus anak asuh Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Kota Jakarta Selatan, berupa konseling dan konsultasi psikologi bagi para anak asuh, mampu membuat anak asuh remaja yang diwawancara menghilangkan keresahan yang mereka alami. Kondisi belajar pada saat pandemi maupun pasca pandemi penuh dengan tantangan bahkan dapat menyebabkan penurunan semangat belajar dalam diri anak asuh, oleh karenanya Yayasan Sahabat Yatim Indonesia menitikberatkan pendampingan pada pelayanan program konseling CBT bagi anak asuh pasca pandemi covid 19 terutama dalam meningkatkan motivasi belajar pada diri anak asuh remaja.
References
Fahrudin, Adi. 2018. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Nasution, H, S,. Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Penerbit LPPPI, 138-163.
Putranto, A. Kasandro. 2016. Aplikasi Cognitive Behavior dan Behavior Activation dalam Intervensi Klinis. Jakarta: Grafindo Books Media, 235-239.
Rusmana, Nandang. 2019. Bimbingan dan Konseling Kelompok Di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Bandung: UPI PRESS.
Robert, A.R., & Greene, G.J. 2008. Buku Pintar Pekerja Sosial Jilid I. Jakarta: Gunung Mulia.
-. 2009. Buku Pintar Pekerja Sosial Jilid 2. Jakarta: Gunung Mulia.
Sobur, A. 2013. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA. 263-298.
Adi, B, W., Prasetya, A, F., Gunawan, I, M, S. 2022. Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 7(2), 1774-1781. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita
Adison, J., Zaini, A., Nita, R, W. 2017. Peran Konselor Melalui Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam Pengembangan Self-Concept Akademik Positif pada Masa Remaja Awal. 2nd International Seminar on Education 2017, 247-252.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. 7(5), 395–402. https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i5.15314
Azhari. 2020. Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 48-59. http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Taujih
Hutabarat, S, Br. 2020. Implementasi Layanan Konseling dengan Methode Reinforcement Guna Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 5 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(1), 66-77.
Jabbar, A, A., Purwanto, S., Fitriyani, N., Marjo, H, K., Hanim, W. 2019. Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras, 2(1), 35-45.
Maliki. 2015. Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta. Al-Tazkiah, 7(1).
Munir, A. Upaya Peningkatan Self-Efficacy pada Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Model CBT. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi, 29-36.
Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, Nurode, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Tmt) Di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406.
Purwanti, S., Karneli, Y., Erlamsyah. 2017. Efektifitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan Setting Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Proceddings ICES (International Counseling and Edication Seminar) 2017, 49-58. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017
Rafsanjani, A. I. (2020). Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal. https://doi.org/10.31219/osf.io/29v6a
Safriliani, E., Zarkasih, E., Maulana, Y. 2020. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Self Effycacy pada Siswa SMK. Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17(1), 9-13. https://uia.e-journal.id/guidance
Salamor, A. M., Salamor, Y. B., & Ubwarin, E. (2020). Trauma Healing Dan Edukasi Perlindungan Anak Pasca Gempa Bagi Anak-Anak Di Desa Waai. 1(3), 317–321.
Sulistyowati. 2020. Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2), 144-149. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP
Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2021). The Learning Routines for SD / MI Level in terms of the Impact Covid-19 Pandemic (Case study at MI Al-Muhajarin Latukan Karanggeneng Lamongan) Rutinitas Pembelajaran Tingkat SD / MI Ditinjau Dari Dampak Pandemi Covid-19 ( Studi kasus di MI Al-Muhajarin .I(I).
William, N., Prasetyo, W., Hasan, W.D.L., Fitriyah, N.N., & Rekalasdiana, T.A. (2022). Traumatic Healing Program for Elementary School Student in Sumberdadi Village Post Online Learning During Pandemic Covid-19. 3(1). https://doi.org/10.36526/gandrung.v3i1.1775