PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.257Keywords:
Media Pembelajaran Pop Up Book, Bangun RuangAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas produk media Pop Up Book dalam pembelajaran matematika materi Bangun Ruang dan untuk mengetahui keterbacaan siswa terhadap media Pop Up Book dalam pembelajaran matematika materi Bangun Ruang di kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and development menurut Sugiyono yang dibatasi sampai tujuh tahap. Tujuh tahap tersebut yaitu meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Kegiatan pada tahap potensi dan masalah dilakukan untuk mencari potensi dan masalah yang akan dikembangkan oleh peneliti. Pada tahap pengumpulan data dilakukan untuk menemukan data kualitatif dan kuantitatif mengenai proses pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Pada tahap desain produk, peneliti melakukan mengembangkan produk secara bertahap yaitu analisis, mencari referensi, menentukan Kompetensi Dasar, melakukan perancangan dan desain produk. Pada tahap validasi desain dilakukan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Tahap revisi desain dilakukan untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan produk. Tahap uji coba dilakukan secara terbatas untuk mengetahui tingkat keterbacaan guru dan siswa. Tahap revisi produk untuk memperbaiki kelemahan produk setelah uji coba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket untuk ahli materi dan media pembelajaran, pedoman wawancara dan angket keterbacaan untuk uji coba. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media pop up book dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V SD. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta telah diujicobakan kepada siswa kelas VI Sekolah Dasar dan guru kelas V Sekolah Dasar, dengan diperoleh hasil data akhir sebesar 80% untuk ahli materi, 86% untuk ahli media, dan 85.5% untuk ahli bahasa. Berdasarkan hasil uji validasi oleh 3 bidang ahli, diketahui bahwa bahan ajar buku suplemen matematika yang dikembangkan mendapatkan hasil rata-rata persentase sebesar 83.8% dengan kategori layak digunakan. Hasil yang diperoleh pada saat uji coba keterbacaan siswa dan guru, bahan ajar dinilai sangat layak digunakan dengan presentase sebesar 100% dari hasil data angket keterbacaan siswa dan 92.8 % dari hasil data angket keterbacaan siswa dan guru, bahan ajar dinilai sangat layak digunakan dengan presentase sebesar 100% dari hasil data angket keterbacaan siswa dan 92.8 % dari hasil data angket keterbacaan guru.
References
Arsyat, Azhar. (2018). Pengertian, Manfaat, Jenis dan Pemilihan Media Pembelajaran. Jakarrta PT Raja Grafindo Pustaka
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD/MI. Jakarta: Dharma Bakti
Bluemel & Taylor. (2011). Pop up Books A Guide ForTeachers and Librarians. California: ABC-CLJO.LLC
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Duludu, Umisalam ATA.(2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: CV Budi Utama
Dzuanda, B.(2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri “Gatot Kaca”. Surabayaa: Desain Produk Institut Teknik Surabaya.
Fransiska, Sukartini. (2010). Jagoan Matematika SD. Jakarta: Grasindo
Guslinda, Rta Karinia. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Suraabaya: CV Jakad P9ublishing
Hanafi, Halid, La Adu & H.Muzakkir. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah.Yogyakarta: CV. Budi Utama
Handayani, AD. (2015). Mhatematical Habits of Mind: Urgensi dan Penerapannya Dalam Pembelajarran Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), hlmn 223-230.
Hujair Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Jalinus.Prof. Dr. Nizwardi & Dr. Ambiyar (2016).Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Karso, dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1 Jakarta: Universitas Terbuka.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Sorda Karya Remaja
Masduki, Dr. Yusrun, dkk. (2019). Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran UAD.Yogyakarta: Press Yogyakarta
Sari, Nur Laila Indah. (2012). Asyiknya Belajar Bangun Ruang dan Sisi Datar.Jakarta: PT Balai Pustaka
Simarmata, Janner, dkk. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis HOTS dan Penerapannya.Medan: Yayasan Kita Menulis
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas
Sugiono. 2009. Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Erman, dkk. 2006. Strategi Pembelajaran MatematikaKontemporer. Bandung: Juruusan Pendidikan Matematika Universtas Pendidikan Indonesia
Sumiharsono, Rudi & Hisbiatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi
Sundayana, Rostina (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.Bandung: ALFABETA
Suwangsih, E & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika.Bandung: UPI Press