VARIASI BAHASA SEBAGAI KENDALI KEAKRABAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 SIDAREJA

Authors

  • Ngifat Khoerunnisa Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.248

Keywords:

Variasi bahasa, Keakraban, Interaksi Pembelajaran

Abstract

 Dalam sebuah interaksi pembelajaran, tentu diharapkan memunculkan sebuah keakraban antara guru dan siswa. Lewat keakraban ini, maka informasi atau materi yang akan disampaikan dapat tersalurkan dengan baik. Salah satu cara untuk membantu mengakrabkan interaksi keduanya adalah dengan penggunaan variasi bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kembali informasi yang sudah ditemukan dengan mengaitkan variasi bahasa dengan aspek yang lebih konkret yaitu, keakraban dalam interaksi pembelajaran. Tujuan umunya dari penelitian ini untuk mengetahui variasi bahasa seperti apa yang digunakan di SD Negeri 3 Sidareja, kemudian mengetahui kondisi keakraban  selama pembelajaran, dan hal-hal lain yang berkenaan dengan variasi bahasa. Subjeknya adalah guru dan siswa di SD Negeri 3 Sidareja. Data diperoleh dengan pengamatan langsung proses pembelajaran dan wawancara dengan pihak guru. Metode penelitiannya berupa metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik yang berkaitan dengan aspek- aspek sosial di masyarakat. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa variasi bahasa yang digunakan dalam pembelajaran di SD Negeri 3 Sidareja, seperti bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa gaul. Ketiganya digunakan berdasarkan situasi tertentu dan ada pola tersendiri yang menunjukkan bahwa variasi bahasa ini menjadi kendali keakraban di antara guru dan siswa saat pembelajaran.

 

References

Azila, M.N. (2021). Penggunaan Tingkat Tutur Bahasa Jawa Pada Komunitas Pasar Krempyeng Pon-Kliwon di Desa Ngilo-Ilo Kabupaten Ponorogo (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Metahumaniora. Vol.11 (2). https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v11i2.34998

Chaer, A. & Leonie, A. (2004). Sosiolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin, J.P. (2011). Kamus Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Jogjakarta: Andi

Febrianto, F. (2020). Variasi Bahasa Komunitas Motor Di Kawasan Jember. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember.

Handika, K.D., Sudarma, I Km., Murda, I Nym . (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol. 2 (3). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284

Handono, S. (2016). Penggunaan Bahasa Komunitas Pedagang Di Kota Semarang. Jurnal Jalabahasa. Vol. 12 (1). https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v12i1.108

Lukiana, D. (2019). Analisis Variasi Bahasa Pada Rubrik Kriiing Surat Kabar Solopos: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Malabar, Sayama. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo : Ideas Publishing.

Manaf, E.Y., Said, I.M., Abbas, A. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Bahasa Wolo Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau. Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 9 (1). https://doi.org/10.34050/jib.v9i1.12543

Margijanto, H.T. & Purwanti, M. (2021). Membina Hubungan Yang Positif Antara Guru dan Siwa Di Masa Pandemi Di PKBM X, Bogor. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Universitas Tarumanagara. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.14987

Ngalim, A., Prayitno, H.J., Markhamah (2017). English Integration To Indonesian Language In Sociolinguistic Learning Based On Lexical Text Electronic Communication Media. Proceeding The 6th University Research Colloqium, 9 September 2017. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rafidah & Umry, S.H. (2022). Penggunaan Variasi Bahasa Guru dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vo. 7 (1). https://doi.org/10.32696/jp2bs.v7i1.787

Ramendra, D.P. (2013). Variasi Pemakaian Bahasa Pada Masyarakat Tutur Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 2 (2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i2.2185

Roihan, M., Nuraisah, Adawiyah, R. (2021). Konsep Istisna’ (Insya Allah) dalam Al-Quran Tafsir al-Maraghi Jurnal Ibnu Abbas. Vol. 4 (1). https://dx.doi.org10.30821/jia.v4il.11105

Simatupang, R.R., Rohamdi, M., Saddhono, K., (2018). Tuturan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode Dan Campur Kode). Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra. Vol. 3 (2). Smith, dkk. (2000). Social Psychology 2nd Edition. Philadelpia: Psychology Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sumartono & Rizaldi, J.M. (2017). Kualitas Komunikasi Keluarga Dan Tingkat Keakraban Pada Anak. Jurnal Komunikologi. Vol. 14 (2).

Wahyuti, T. & Syarief, L.K. (2016). Korelasi Antara Keakraban Anak dan Orang Tua Dengan Hubungan Sosial Asosiatif Melalui Komunikasi Antar Pribadi. Jurnal Visi Komunikasi. Vol. 15 (1)

Waridah. (2016). Berkomunikasi Dengan Berbahasa Yang Efektif Dapat Meningkatkan Kinerja. Jurnal Simbolika. Vol. 2 (2). https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1036

Wati, U., Rijal, S. & Hanum, I.S. (2020). Variasi Bahasa Pada Mahasiswa Perantau Di Fakults Ilmu Budaya Universitas Mulawarman: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya. Vol. 4 (1). http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v4i1.2559

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Ngifat Khoerunnisa. (2022). VARIASI BAHASA SEBAGAI KENDALI KEAKRABAN ANTARA GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 SIDAREJA . JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 50–56. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.248

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.