ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA SUTRADARA HERWIN NOVANTO

Authors

  • Siti Fatikah Universitas Negeri Semarang
  • Trisna Aulia Putri Anjani Universitas Negeri Semarang
  • Iva Aulia Khusnuria Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i1.137

Keywords:

tindak tutur, film, tindak tutur ekspresif, pragmatik, jutaan cinta padanya.

Abstract

Tindak tutur  sangat penting dalam penelitian pragmatik karena diam adalah sebuah analisis. Dengan memberikan pidato tertentu, Anda dapat melihat bahwa dia telah mengambil tindakan. Penggunaan tindak tutur tidak dapat terlepas pada kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni terdapat pada suatu film. Setiap kali karakter berbicara satu sama lain, tindakan berbicara disertakan. Penelitian ini membahas tentang bahasa datar yang terdapat dalam film “Sejuta Sanyan Untukunya”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tindak tutur ekspresif para tokoh dalam film Sejuta Sayang Untuknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode catat. Sumber data  penelitian ini adalah penggalan bahasa representasi karakter yang merupakan bahasa keseluruhan karakter terhadap karakter lain dari film Sejuta Sayang Untuknya. Hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa tindak tutur ekspresif film “Sejuta Sayan Untuknya” terdiri dari kritik, duka, pujian, terima kasih,  selamat, permintaan maaf, kebahagiaan, dan kesedihan. Hasil  penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk pembelajaran tentang tindak tutur ekspresif. Sekaligus menambah pemahaman tentang pentingnya bahasa dalam sinema dan semoga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

References

Anggaraeni, P. N., & Utomo, A. P. Y. , ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM DILAN 1990. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran,. (2021). 8(1), 27-40.

chaer, Abdul. (2010). Kesatuan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Balai Pustaka.

Chamalah, E & Tuahmat. (2016). Tindak Tutur Ekspresif Pada Bak Truk Sebagai Alternatif Materi Ajar Pragmatik, 15(2).

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dina, F., & Sari, P. (n.d.). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara. 1(2), 1–14.

Dwi, L., & Zulaeha, I. (2017). Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang : Analisis Wacana Kelas Abstrak. 6(9), 111–122.

Ritra, Rahmadi. (2015). Tindak Tutur Ekspresif Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Thesis.

Gunarwan, Asim. (1994). Pragmatik: Pandangan Mata Burung dalam Seonjono Dardjowidjojo (ed). Mengiris Rekan Sejati: Festschrift buat Pak Ton. Jakarta: Unika Atma Jaya.

Harziko. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Indonesia dalam Transaksi Jual-Beli Di Pasar Tradisional Kota Baubau: Tinjauan Pragmatik, Tesis. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Irma, C. N. (2017). Tindak Tutur Dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali. Jurnal SAP Vol 1(3).

Laila, A., & Emil, S. (2019). TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL-NOVEL ( EXPRESSIVE SPEECH ACT ON THE. 3, 33–44.

Laila, Siti A. N. (Jan, 2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Novel Yorick Karya Kirana Kejora dan Implikasinya Terhadap Pembelajara Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah.

Leech, Geoffrey. (1983). Principal of Pragmatics. Terjemahan M. D. D. Oka. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press. London: Longman.

Mu'awanah, I., & Utomo, A. P. Y. (2020). DOKTER DETEKSI VIRUS CORONA MENINGGAL DI WUHAN Jurnal Skripta , Volume 6 Nomor 2 , September 2020 - PBSI UPY. 6(September), 72–80.

Murti, S., Muslihah, N. N., Sari, I. P., Studi, P., Bahasa, P., Mayor, J., Kelurahan, T., Kuti, A., & Lubuklinggau, K. (2018). DALAM FILM KEHORMATAN DI BALIK KERUDUNG SUTRADARA TYA SUBIAKTO SATRIO Abstrak EXPRESSIVE ACTION A . Pendahuluan Bahasa sangat berperan penting dalam kegiatan interaksi sesama manusia di dalam masyarakat . Dengan bahasa , kita dapat berkomunikasi dengan se. 17–32. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.7

Oktavianti, E., Laila, A., & Marni, S. (November, 2015). Tindak Tutur Ekspresif Dalam Novel Burung Terbang Di KelamMalam Karya Arafat Nur.

Pangesti, N. I., & Rosita, F. Y. (2019). Nurma Indah Pangesti. 98–106. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.04

Paramita, N. T., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Radio Prambors Program Sapa Mantan. Caraka, 6(2), 104.

Pratama, R. K., & Utomo A. P.Y. (2020). ANALISIS TIDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM ACARA STAND Priya Prayoghan Pratama atau sering dipanggil Babe Cabitaadalah tokoh Stand Up Comedian, youtuber, dan aktor film genre komedi yang cukup terkenal. Babe. 6(4).

Putri, N. (2019). Tindak Tutur Ekspresif Mengeluh Dalam Anime Ao No Ekushisuto: Tinjauan Pragmatik.Skripsi.Padang:Universitas Andalas.

Rahmadhani, F. F., Purwo, A., Utomo, Y., Semarang, U. N., & Semarang, U. N. (2020). ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL HUJAN. 5(2), 88–96.

Sandra, E., Nofrita, M., & Arianti, R. (2020). ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE. 5(November)

Sar, Fenda Dian Puspita. Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara GalauNite di metro TV:Suatu Kajian Pragmatik.Skiptorium vol1(2).

Searle, John R. (1969). Speech Acts: An Essay in the Philosophy og Language. Cambridge Universuty Press.

Wicaksono,Galih.(2011). Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya. Skripsi.Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Siti Fatikah, Trisna Aulia Putri Anjani, Iva Aulia Khusnuria Salsabila, Desy Rufaidah, & Asep Purwo Yudi Utomo. (2022). ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA SUTRADARA HERWIN NOVANTO. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(1), 100–108. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i1.137