KARTU INSPIRASIKU SEBAGAI BENTUK E-LEARNING DALAM CYBER METHOD

Authors

  • Dodi Kurniawan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Siti Khodijah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Seipah Kardipah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Sukhlani IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Keywords:

My Inspiration Card, e-learning, Cyber ​​Method

Abstract

Modernisasi berbasis digital semakin maju dan berkembang pesat, berdampak pada pola perkembangan peserta didik yang multidimensi. Model dan media pembelajaran perlu adanya pembaharuan serta inovasi agar menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian: (1) mengetahui kartu inspirasiku sebagai bentuk e-learning dalam cyber method, (2) mengetahui implementasi kartu inspirasiku sebagai bentuk e-learning dalam cyber method, (3) mengetahui implikasi kartu inspirasiku sebagai bentuk e-learning dalam cyber method, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi sosial, data yang dikumpulkan berasal dari kajian pustaka, data yang berasal dari berbagai sumber dan kajian bahan-bahan kepustakaan, berupa: ensiklopedi, buku-buku, artikel, dan karya ilmiah yang dimuat dalam media massa seperti majalah, surat kabar dan jurnal ilmiah serta mengkaji melalui media informasi untuk memperoleh hasil pengembangan media pembelajaran kartu inspirasiku sebagai sebagai bentuk e-learning dalam cyber method. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kartu Inspirasiku merupakan salah satu media pembelajaran berbasis e-learning yang menyesuaikan perkembangan zaman mengacu pada kecerdasan kognitif, psikomotorik dan afektif. (2) penerapan kartu inspirasiku sebagai salah satu media pembelajaran berbasis e-learning serta aktualisasinya pada penerapan teknologi pendidikan mampu mengikuti pola pendidikan masa kini. (3) terdapat 6 capaian inti sebagai bentuk implikasi kartu inspirasi sebagai bentuk e-learning, meliputi; cinta Allah SWT, Tanggung jawab, sikap berani, kerja keras, adil dan berjiwa kepemimpinan, serta toleransi atau cinta damai.

 

References

Agusta, Ivanovich. (2003). Tekhnik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Bogor: Gemilang.

Atika Anggraeni, Liya. (2020). Penerapan E-learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 10 (2) 248 – 256.

Miles, MB & Huberman. (2003). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage.

Muhaimin. (2015). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. cet. 1. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Kalam Mulia.

Rukaesih, Maolani & Cahyana. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawati, dkk. (2020). Pembelajaran Tradisional Menuju Milenial; Pengembangan Aplikasi Berbasis Web sebagai Penunjang Pembelajaran E-learning pada MAN 1 Pesawaran. Journal Sosial Science and Teknology for Community Service (JSSTCS) 1(2) 10-16.

Sudirman. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Karya.

Suprapto, Agung. (2018). Analisis Dimensi Kebutuhan Pra Implementasi E-learning untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Kampus di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tarbiyah. 28(3) 81-97.

Yan, Vita. (2014). Metode-metode Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti; Pendekatan Scientific. Semarang: Rasail Media Group.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Dodi Kurniawan, Siti Khodijah, Seipah Kardipah, & Sukhlani. (2023). KARTU INSPIRASIKU SEBAGAI BENTUK E-LEARNING DALAM CYBER METHOD. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 18–22. Retrieved from https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/jispendiora/article/view/357