Analisis Pengaruh Agen Dan Broker Terhadap Kinerja Pemasaran Perusahaan Asuransi Di Sumatera Selatan
DOI:
https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i2.59Keywords:
Agen, Broker, Kinerja Pemasaran, AsuransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran agen dan broker secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah 53 perusahaan asuransi di Sumatera Selatan. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknis analisis data yang digunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Uji Regresi (regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi) dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Serta lolos ujinormalitas dan bebas dari uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig t variabel Agen sebesar 0,000 lebih kecil dari 0.05 dan Nilai t hitung variabel agen 7,239 lebih besar dari t tabel 2,00758. Hasil ini menunjukkan bahwa agen secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Sedangkan untuk variabel Broker nilai sig t adalah sebesar 0,000, lebih kecil dari 0.05 dan t hitung 4,034 lebih besar dari t 2,00758. Hasil ini menunjukkan bahwa broker secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Untuk uji F, didapat nilai F hitung 47,149 lebih besar nilai F tabel sebesar 4,03 dan dikuatkan dengan nilai koefisien sig. F hitung sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, artinya agen dan broker secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi. Nilai Koefisien determinasi R atau R2 adalah 0.653. Artinya variabel agen dan broker berpengaruh sebesar 65,3% terhadap kinerja pemasaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh peran agen dan broker secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pemasaran perusahaan asuransi.