Pengembangan Pemasaran Umkm Zahra Berdasarkan Swot Melalui Door To Door Dan Marketplace

Authors

  • Putri Yuliana Universitas Tadulako
  • Muh Riswandi Palawa Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.452

Keywords:

Strategi, Pengembangan Pemasaran, UMKM, marketplace

Abstract

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah dinilai sangat mendukung untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. Dapat dibuktikan UMKM menjadi salah satu program pemerintah yang memperkokoh perekonomian. UMKM Zahra merupakan usaha mikro kecil menengah yang menawarkan produk berupa keripik pisang, terletak di Desa Kotarindau kecamatan Dolo kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi masalah serta memberikan solusi atas apa yang dihadapi pada UMKM Zahra kemudian menyusun strategi dalam pengembangan pemasaran UMKM keripik Zahra, sebagai salah satu sektor unggulan dalam membantu peningkatan perekonomian UMKM Zahra. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian menganalisis berdasarkan SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari UMKM Zahra. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa terdapat permasalahan pada UMKM Zahra Desa Kotarindau seperti minimnya promosi dari UMKM Zahra serta tidak adanya pemasaran pada sosial media berupa marketplace facebook dan instagram pada UMKM tersebut sehingga pengembangan pemasarannya belum terlaksana dengan baik. Sedangkan solusi yang tepat yaitu dengan menggunakan strategi WO strategi yang memanfaatkan peluang dengan mengurangi kelemahan yang ada. Kegiatan MBKM ini menghasilkan pemasaran door to door, pemasaran melalui maerketplace facebook dan akun Instagram, logo serta pembaharuan sarana dan prasarana UMKM Zahra.

 

 

References

Amstrong, G. dan Kotler, P. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.

Anjani, A. S., & Hartono, B. (2022). Strategi Personal Selling dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Marketing. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15(1), 1–8.

Citra Dewi Andriyani, H. A. (2022). Analisis strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) inni dawet cincau Desa Sumengko kecamatan kalitidu Kabupatetn Bojonegoro. JEMES- Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 5(1, januari 2022), 2003–2005.

Huda, Nurul dkk, 2016. Baitul Mal Wa Tamwil Sebuah Tinjauan Teoritis, Jakarta: Bumi Aksara.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2014. Principle of Marketing, 12th Edition, Jilid I. Penerjemah Sabran, B. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2016a). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th Ed.). Erlangga.

Ma’rifah, I., W, B. R. I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349–356.

Maiyuniarti, D. A., & Oktafia, R. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Olahan Kripik Di Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, Volume 3(2), 506–516.

Mandasari, A., N, F. E., & Sadiqin, A. (2023). JURNAL EKONOMI , MANAJEMEN , BISNIS DAN SOSIAL Analisis Strategi Pengembangan Usaha Produk Cokelat Almond Pada Kewirausahaan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika , Surabaya. 3 (2), 138–144.

Nurwahida (2018). Pengaruh Pembiayaan Mikro Dengan Akad Murabahah Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Bank Bri Syariah Kc Denpasar-Bali. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(15).

Pusporini, P., Handayani, T., & Aryani, L. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM di Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan – Banten. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 44–56.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Putri Yuliana, & Muh Riswandi Palawa. (2023). Pengembangan Pemasaran Umkm Zahra Berdasarkan Swot Melalui Door To Door Dan Marketplace. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 2(1), 05–12. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.452

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.