Pengaruh Brand Image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i2.60Keywords:
Brand Image, Lokasi Kampus, Dukungan Fasilitas, Keputusan MemilihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh Brand image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas terhadap keputusan mahasiswa memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskritif dengan penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21.945 responden. Dengan menggunakan rumus solvin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 123 responden. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan jenis sampling Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), Uji Regresi (regresi logistik berganda,) dan uji hipotesis (uji chi-square dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sig variabel brand image didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara brand image terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,337 sampai 2,266. nilai sig variabel lokasi kampus didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara lokasi kampus terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,8 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,330 sampai 2,585, nilai sig variabel dukungan fasilitas didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara dukungan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,315 sampai 2,727, nilai sig variabel dukungan fasilitas didapatkan p-0,000 < α = 0,05 (5%), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh siginifikan antara dukungan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa dengan peluang sebesar 1,7 kali lebih besar untuk dipilih mahasiswa dengan derajat kepercayaan 95% dalam interval 1,315 sampai 2,727. Nilai Fhitung 15,268 > Ftabel sebesar 2,68 dan dikuatkan dengan nilai koefisien sig sebesar 0,000 < P-value (α) sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siginifikan antara brand image, lokasi kampus, dan dukungan fasilitas secara simultan terhadap keputusan memilih PTS.