PERAN INFLUENCER DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PADA OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUCCI TEGAL JAWATENGAH
DOI:
https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i1.23Keywords:
Influencer, minat kunjunganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran influencer dalam menentukan minat pengunjung wisata Pemandian air panas Gucci Tegal , dengan tujuan mengetahui kontribusi sesungguhnya influencer dalam meningkatkan jumlah kunjungan di Pemandian air panas Gucci Tegal, selain itu memahami kendala-kendala dalam pengembangan objek wisata Pemandian air panas Gucci Tegal. Jenis penelitian yang ini penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, studi pustaka, angket dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Pengolahan data menggunakan tiga alur kegiatan utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan analisis SWOT. Diketahui hasil penelitian ini bahwa strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah kunjungan adalah dengan adanya influencer untuk mempengaruhi dan sebagai media promosi yang kekinianfslam pengembangan produk wisata Pemandian air panas Gucci Tegal dengan memperbanyak sarana prasarana, pembangunan beberapa objek daya tarik baru, menambah sumber daya atau kualitas tenaga kerja, meningkatkan promosi wisata, mengembangkan kerjasama kepada pemerintah daerah, mengoptimalkan potensi dan ciri khas menghadapi persaingan antar objek wisata, membangun informasi pariwisata. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata Pemandian air panas Gucci Tegal melalui peran influencer. Kendala yang dihadapi influencer dalam mempromosikan yaitu akses dan sarana prasarana, serta diketahui pengembangan teknologi yang pesat dan tidak diiringi kebijaksanaan dalam memberi informasi sesungguhnya membuat salah presepsi dan presentasi.