Analisa Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Di Kabupaten Maros

Authors

  • Muhammad Hatta Akademi Maritim Indonesia AIPI Makassar
  • Ismail Ismail Akademi Maritim Indonesia AIPI Makassar
  • Agriani Pongkessu Akademi Maritim Indonesia AIPI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.250

Keywords:

Kemampuan, Motivasi kerja, Guru Madrasah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan memerlukan analisis data dengan prosedur statistik. Penelitian ini dilakukan melalui kuesioner yang di bagikan kepada guru Madrasah di Kabupaten Maros yang diklasifikasikan didasarkan pada jenis kelamin, usia dan pendidikan terakhir. Pengaruh langsung kemampuan (X1) dan motivasi kerja (Y1)  terhadap kinerja guru (Y2), untuk mengetahui nilai dari pengaruh langsung kemampuan terhadap kinerja guru dapat dilihat dari nilai koefisien yaitu sebesar 0,135 dan  bernilai positif. Adapun tingkat probabilitas signifikansinya (P-Value) = 0,023 < 0,050. Dengan demikian kemampuan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru Madrasah di Kabupaten Maros.

References

Tilaar. 2004. Multikulturalisme tantangan-tantangan global. Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta.Grasindo.

Agus Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogjakarta: BPFE.

Nunung Angreani, Baharuddin Dammar, Mattalatta Mattalatta. 2018. Pengaruh Kemampuan, Motivasi dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng. Jurnal Mirai Management. Volume 3 No.1.

Sumantri Bambang. 2017. Pengaruh kemampuan, motivasi dan semangat kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Balongpanggang. Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September , Volume 1 No. 7.

Korompis Robert C.Y., Victor P.K Lengkong, Mac Donald Walangitan. 2017. Pengaruh sikap kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Volume 5 No. 2.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Muhammad Hatta, Ismail Ismail, & Agriani Pongkessu. (2022). Analisa Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Di Kabupaten Maros. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 79–86. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.250

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.