Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dengan Menggunakan Metode Forum Group Discussion Smp Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.485Keywords:
Metode Forum Group Discussion, Modul ajar, Kurikulum merdeka, SMP, GuruAbstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Penelitian ini berjalan dalam dua siklus. Pada siklus I terdiri dari 4 kegiatan dan siklus II terdiri dari 3 kegiatan. Untuk kegiatan 3 di siklus I dan kegiatan 2 dan 3 disiklus II difokuskan pada presentasi modul ajar kurikulum merdeka yang sudah dikerjakan peserta. Sedangkan pada kegiatan terakhir disetiap siklus difokuskan pada evaluasi hasil presentasi modul ajar yang telah disampaikan oleh peserta. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 100% guru mendapatkan nilai menyusun modul ajar kurikulum merdeka minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan nilai kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka pada siklus I adalah 50%. Hasil ini belum mencapai indikator yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan nilai kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka telah mencapai 100% atau seluruh peserta sudah tuntas. Hasil penelitian di siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian sehingga penelitian dihentikan. Dengan demikian penerapan metode Forum Group Discussion berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka SMP Negeri 3 Cawas Kabupaten Klaten semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023
References
Afiyanti, Yati. 2018. Diskusi Kelompok Terfokus Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12.1. 58–62.
Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.
Haryanti, N. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Gunung Samudera.
Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.
Laurike Moeliono. 2018. Focus Group Discussion Edisi Revi. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
Muhaimin. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali.
Mulyasa. 2017. Manajemen&Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdyansyah, N. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Rimbayanto, Alek, & Nining Setyaningsih. 2015. Peningkatan Kemampun Menalar dan Memecahkan Masalah Matematika Dengan Model Inquiry Learning Berbasis Group Investigation Pada Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 2 Grobogan Tahun 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015.
Syah Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soim, Haryanti, N., & Nurohmah, N. (2022). The Private College Public Relations Management: A Case Study. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i01.5926.INTRODUCTION