Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPR Mas Giri Wangi Gianyar Dalam Situasi Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.111Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas NasabahAbstract
Adanya loyalitas nasabah untuk perusahaan sangatlah penting. Keberhasilan mencapai tujuan tersebut di tentukan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah antara lain kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Begitu juga pada PT. BPR Mas Giri Wangi Gianyar. Bila kualitas pelayanan tersebut di mata nasabah baik, maka akan menyebabkan tingginya loyalitas nasabah. Demikian pula jika nasabah puas terhadap pelayanan yang diterima, kemungkinan akan melakukan transaksi ulang. Sehingga makin nasabah merasa puas maka loyalitas nasabah juga akan semakin tinggi. Adanya perhatian dan temuan mengenai permasalahan mengenai kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah dalam upaya untuk meningkatkan loyalitas nasabah sesuai dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPR Mas Giri Wangi Gianyar dalam situasi pandemi Covid-19. Pengambilan sampel, dilakukan dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 96 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, metode kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPR Mas Giri Wangi Gianyar dalam situasi pandemi Covid-19.
References
Arimbawa. (2019). Pengaruh Promosi Dan Loyalitas Nasabah Terhadap Peningkatan Tabungan Arisan Kanti Utama Pada PT. BPR Sukawati Pancakanti Cabang Pembantu Di Kabupaten Gianyar. Skripsi. Denpasar: Universitas Ngurah Rai Denpasar.
Barati, M., Jafari, D., Moghaddam, S.S., (2016). Investigating the Effect of Types of Relationship Marketing in Customer Loyalty by using Structural. Equation Modeling (SEM) (Case Study Mellat Bank Branches of Tehran. International Journalof Humanities and Cultural Studies (IJHCS). Vol. 2.
Basu Swasta dan Irawan. (2016). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Hilda, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen CV. Saga Selaras Pratama. Channel Jurnal Komunikasi. Vol.8, No.1, April 2020, pp. 51-58 ISSN: (print) 2339-2681 (online) 2621-2579.
Jeany. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT). Vol.7 No.3 September 2020, Halaman 330-341 ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331.
Kasmir. (2012). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Nelly, dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. JIMEK. Volume 2 Nomor 1 Juli 2019.
Sinungan, Muchdarsyah, Drs. (2015). Strategi Manajemen Bank. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tumini dan Kustiawan. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Bukopin Probolinggo. ECOBUSS : Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 7 Nomor 1 Maret 2019 ISSN 2337 – 9340.
Zeithaml, Valerie And Binter, Mary Jo. (2015). Service Marketing. New York : Mcgraw Hill Inc, Int’ Edition.