EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN/PENCATATAN SIPIL PADA PROGRAM One Day Service 3 in 1 OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i1.64Keywords:
Efektivitas, Pelayanan Kependudukan, Pencatatan Sipil, One Day Service 3 in 1Abstract
“one day service 3 in 1 “merupakan program pelayanan satu percepatan dimana setiap pemohon yang mengurus satu dokumen nantinya pihak dinas memberikan 3 dokumen sekaligus. program pelayanan ini untuk melayani kependudukan/pencatatan sipil di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota cimahi, tetapi dari beberapa jenis layanan dalam program pelayanan tersebut peneliti hanya berfokus pada satu jenis layanan saja yaitu akta kelahiran nantinya akan dibuatkan 3 dokumen sama pihak dinas seperti (akta kelahiran, kartu keluarga (penambahan anggota keluarga), dan kartu identitas anak) agar dapat memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang efektifitas pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program one day service 3 in 1 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Cimahi. Dalam laporan hasil penelitian ini akan dibahas mengenai Efektivitas Pelayanan Kependudukan/pencatatan sipil pada program tersebut, hambatan yang dihadapi dalam pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program tersebut dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota cimahi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dan indikator dari Moenir (2006).
Penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program one day service 3 in 1 belum efektif, karena memiliki permasalahan seperti banyak yang belum ditanggapi dan diproses oleh operator disebabkan keterbatasan waktu selama PPKM level 4, jaringan kadang-kadang lambat, kurang disiplin selama bertugas yang ditetapkan dan kelalaian setiap pegawainya yang mengurus program pelayanan tersebut.
References
Referensi Cetak:
Alamsyah, Kamal, 2016, Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi. Cet. I, Bandung : Media Citra Mandiri PRESS Handayaningrat, Soewarno, 1982, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Cet. II, Jakarta : CV Haji Masagung
Tri Sakti, Fajar, 2018, Morfologi Filsafat Administrasi, Cet. I, Bandung : FISIP UNPAS PRESS
Rudi, Bobby, Hadi, ed, 2019, Pengantar Ilmu Administrasi Negara, Cet. I Lhokseumawe : UNIMAL PRESS
Pasolong, Harbani, 2019, Teori Administrasi Publik, Jilid 1, Cet. IX Bandung : Alfabeta
Satibi, Iwan, 2012, Manajemen Publik dalam Perspektif Teoritik dan Empirik. Bandung : UNPAS PRESS
Moenir, H. A. S, 2006, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara
Satibi, Iwan. (2011). Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : CEPLAS.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Bandung : Alfabet.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016
Referensi Elektronik:
Disdukcapil.cimahikota.go.id Sumber dari Internet Cimahi Utara, Diskominfoarpus, Inovasi Terbaru Disdukcapil Kota Cimahi: One Day Service 3 in 1, https://cimahikota.go.id/berita/detai l/81395-inovasi-terbaru- disdukcapil-kota-cimahi:--one-day- service-3-in-1