Fasilitas, Lokasi Dan Daya Tarik Wisata Pada Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Pantai Carocok Painan

Authors

  • Ria Murdani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”
  • Lidya Martha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”

DOI:

https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.616

Keywords:

facilities, location, tourist attraction, intention to return

Abstract

This study aims to examine the facilities, locations, and tourist attractions on the intention to return to the tourist object of Carocok Painan Beach. This research is a quantitative study, the sampling method uses incidental sampling techniques with a total of 100 respondents. The data analysis technique used is validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroskeasticity, multiple regression analysis and t test. The results showed that facilities had a negative and not significant effect on intention to return, location had a positive and significant effect on intention to return, and tourist attraction had a positive and significant effect on intention to return.

References

Ardiansyah, Y., & Ratnawili. (2021). Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Wahana Surya Bengkulu Tengah. jurnal Manajemen Modal Imsani Dan Bisnis 129–137.

Bachtiar, M. L., & Arif Wibowo, M. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung kidul (Studi pada mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 40–49.

Batubara, R. P., & Putri, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 94–101.

Dewi, Indriyani Meiyatul. Pengaruh Kesadaran Merek, Sosial Media Marketing Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Citra Destinasi Sebagai Varialbel Intervening (Studi pada pengunjung wisata Silancur Highland Kaliangkrik Magelang). Diss. Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2022.

Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonoi Kiat 32(1), 40–47.

HANDRI, Muhammad Husni, & Fernos, Jhon. Pengaruh Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Mini Market Xmart Ulak Karang Padang. 2019.

Huang, H., Lunhua Mao, L., Wang, J., & Zhang, J. J. (2015). Assessing the relationships between image congruence, tourist satisfaction and intention to revisit in marathon tourism: the Shanghai International Marathon. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship, 16(4), 46–66. https://doi.org/10.1108/IJSMS-16-04-2015-B005

Kurniawan, Akbar eko, Purwanto, H., & Asmike, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Pada Mojo Sekmi Forest Park Kabupaten Magetan. Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, September 2022.

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup , Lokasi , dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Kunjung Kembali Tujungan Plaza Surabaya. Jurnal Of Trends Economics And Accounting Research 2(2), 43–48.

Naftarisandy, A. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata, Dan Citra Destinasti, Serta Media Sosial Melalui Kepuasan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Konsumen Di Wisata Kawah Wurung Bondowoso. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 3, Issue 1).

Nuraeni, B. S. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 1–20. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/viewFile/14113/10711

Puspita Sari, U., & Syamsul, B. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen 8(3), 204–210.

Putri, K. A., Ridho, S. L. Z., & Setiawan, H. (2017). Pengaruh Physical Evidence Terhadap Minat Kunjung Kembali Wisatawan Ke Museum Negeri Sumatera Selatan. 1–12. http://eprints.polsri.ac.id/6004/8/PDF JURNAL.pdf

Priyanti, Y., Susanti, F., & Aziz, N. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan Iklan. Jurnal Pundi, 1(2).

Rahayu, E. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.

Saputro, W. E., Sukimin, & Indriastuty, N. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal GeoEkonomi, 11(2020), 56–73.

Sopyan. (2015). Analisi Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi pada Cagar Budaya Gedung Lawang Sewu). Universitas Diponegoro Semarang, 1(1), 62.

Sugianto, & Marpaung, H. (2020). Pengaruh Word Of Mouth (Wom), Daya Tarik Wisata , Dan Fasilitas Terhadap Minat Pemandian Air Panas Sumber Padi Kabupaten Batu Bara. Jurnal Manajemen, Ekonomi Bisnis, 2(1), 101-116.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. ALFABETA.

Tanjung, A., Bintarti, S., & Nurpatria, E. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Kunjung Pada Situ Rawagede. Ikraith-Ekonomika, 5(2).

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ria Murdani, & Lidya Martha. (2023). Fasilitas, Lokasi Dan Daya Tarik Wisata Pada Minat Berkunjung Kembali Ke Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 64–81. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.616

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.