Pengaruh Service Quality dan Price Terhadap Customer Satisfaction Pada Satiga Coffee & Resto Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.56910/nawasena.v3i1.1411Keywords:
Service Quality, Price, Customer SatisfactionAbstract
This motivation from research are consumer complaints regarding Quality of Service and Price. The research aim is to describe the Quality of Service and Price impact on Satisfaction of Customer at Satiga Coffee & Resto, Padang City. The population for this research is peoples who have made purchases at Satiga Coffee & Resto, Padang City with a all sample of 330 consumers using techniques of purposive sampling. The technique for collection of data uses a questionnaire through a scale of Likert which has been passed validity and reliability test through SPSS version 26.00. The research results are Service Quality with a respondent achievement rate of 75.2%, Price with an achievement rate from respondent is 74% and Customer Satisfaction with an achievement rate from respondent is 74.8%. The Service Quality (X1) and Price (X2) contribution to Customer Satisfaction (Y) is 61.2% when the remaining 38.8% is influenced by other factors
References
Afrizawati. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Arista Palembang. Jurnal Orasi Binis, VII: ISSN: 2085-1375.
Amryyanti, R, Sukaatmadja, I.P.G, dan Cahya, K. N. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada LnC Skin Care Singaraja. Journal Ekonomi dan Bisnis
Vera Anjani, 2014. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Q-te Net Cafe.
Atmodjo, Marsum W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta: Andi.
Ashary, Reza (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Parewa Coffee Pantai Purus Padang.
Aziz dan Suyuthie (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan di Café Hanna Tea Lima Puluh Kota. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan. Vol 1. No 4. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmppwidyakarya/article/view/1648. Diakses pada 02 November 2023
Bahia, Kamilia dan Nantel, Jacques, 2000, A reliable and valid measurement scale for the perceived service quality of banks, International Journal of Bank Marketing, No.2, Vol.18.
Basu Swastha. 2012. Manajemen Penjualan, Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.
Desvika, Sinta Felma (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Barra Coffee & Space Kabupaten Pasaman Barat
Dhurup, Manilall, Chengedzai Mafini, and Tshepiso Dumasi. 2014. “The Impact of Packaging, Price and Brand Awareness on Brand Loyalty: Evidence from the Paint Retailing Industry.” Independent Research Journal in The Management Sciences.
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offse
Fandy Tjiptono, (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta
Febiola & Suyuthie (2024) Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Bukit Chinangkiak Kabupaten Solok. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan. Vol 3. No 1. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/jempper/article/view/2287. Diakses pada 16 November 2023
Hidayat dan Suyuthie (2023) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Shop Gerobak Kopi Payakumbuh, Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan.Vol 3. No 1. https://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/jempper/article/view/2293. Diakses pada 09 November 2023
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi 9.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hanif Mauludin, 2004, Essay: Analisis Kualitas Pelayanan, Pengaruhnya terhadap Citra (Image) Rumah Sakit.
Hapsari & Irawan (2023). Pengaruh Perceived Service Quality dan Perceived Price Fairness Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Grab Car. Edunomika . Vol. 7, No. 2. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/9017.
Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan ( LKP ) Andini Jombang.Bima: Journal of Business and Innovation Management,1(1), 69–81.
Kementrian Pariwisata. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan dalam pasal 1
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2001.Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta.Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, 2008 Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1 Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Krisbiantoro, D., Suyanto, M., & Luthfi, E. T. (2015). Evaluasi keberhasilan implementasi sistem informasi dengan pendekatan HOT Fit model (Studi kasus: Perpustakaan STMIK AMIKOM Purwokerto). Proceedings Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika (Kns&I).
Lewis, R.B., Orledge, J. and Mitchell, W.V. (1993), “Service quality: students‟ assessment of banks and building societies”, International Journal of Bank Marketing.
Markovic, S., & Jankovic, S.R., (2013), "Exploring The Relationship Between Service Quality and Customer Satisfaction in Croatian Hotel Industry",
Mei, J., Li, K., and Li, K. (2017). Customer Satisfaction Aware Optimal Multiserver Configuration for Profit Maximization in Cloud Computing. IEEE Transactions on Sustainable Computing
Osman, F. (2018).(Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Musik di Centro Course). 25(November), 18–26.
Parasuraman, A, Zeithaml, V.A. and Berry, L.L. (1985), “A conceptual model of service quality and implication for future research”, Journal of Marketing
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Rahma & Wulansari. (2024). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Di Orion Coffee Padang. Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelen. Vol 2. No 2. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmppwidyakarya/article/view/2837. Diakses pada 27 Februari 2024.
Sari, Lili Novita (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Parewa Coffee Bandar Purus Kota Padang
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PT. Buku Seru.
Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa, indikator kepuasan pelanggan. Malang: Bayumedia Publishing.
Wahyudi, Muhammad Ridho (2023) Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Vcoffe Shop Padang
Zeithaml, V.A. and Bitner, M.J. (1996) Services Marketing. McGraw-Hill, New York.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NAWASENA : Jurnal Ilmiah Pariwisata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.