PROFESIONALISME GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA : STUDI LITERATUR ATAS MEDIA MICROSOFT TEAM SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN

Authors

  • Agus Lutfi PROFESIONALISME GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA : STUDI LITERATUR ATAS MEDIA MICROSOFT TEAM SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN
  • Tedi Hidayat IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Suklani Ahsan IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Seipah Kardipah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Widyo Nugroho IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.376

Keywords:

Profesionalisme Guru, Media Pembelajaran, Microsoft Teams

Abstract

Perkembangan media pembelajaran sangat beragam dan bervariatif, namun perlu kita meninjau ulang seberapa efektifkah platform pembelajaran atau aplikasi tersebut diterapkan sehingga melahirkan siswa yang cerdas lahiriah dan bathiniyah. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami profesionalisme guru di dalam mengembangkan media pembelajaran terutama penggunaan Platform pembelajaran yaitu Micrososft Teams. Artikel ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur. Pencarian literatur dilakukan secara online melalui Google Cendekia yang dibatasi dari tahun 2012-2022 dengan proses percarian menggunakan kata kunci “Profesionalisme Guru”, “Pengembangan Media Pembelajaran”, “Microsoft Teams”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena Penggunaan Media Pembelajaran yang di aplikasikan oleh pendidik sangat beragam di dalam menjalankan keprofesiannya, namun dengan Menggunakan Microsft Teams yang relatif lengkap dapat mempermudah efektitifas dan efesiensi proses pembelajaran di sekolah.

References

Aisyah, N. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 3 SINJAI SKRIPSI. In UMC Sinjai (pp. 1–150).

Al Enezi, D. F., Al Fadley, A. A., & Al Enezi, E. G. (2022). Exploring the Attitudes of Instructors Toward Microsoft Teams Using the Technology Acceptance Model. International Education Studies, 15(1), 123. https://doi.org/10.5539/ies.v15n1p123

Anggiana, A. S., Wuryandini, E., & N, A. E. P. (2021). Analisis Aplikasi Media Microsoft Teams Dalam Meningkatkan Digital Literacy Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi SMA N 1 Bandar. In Jurnal Spirit Edukasia (pp. 1–10).

Ardiansyah, E. S. N. D. S. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi MICROSOFT TEAMS MATERI PERSAMAAN LOGARITMA Pada Masa Pandemi Covid-19. In Jurnal PGSD (Vol. 6, Issue 1, pp. 50–56). https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS

Asfuri, N. B., & Budi Santoso, A. (2021). Pelatihan Penerapan Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Untuk Guru-Guru Sd Negeri Sindon Di Masa Pandemi Covid-19. In Proficio (Vol. 2, Issue 02, pp. 10–16). https://doi.org/10.36728/jpf.v2i02.1519

Azmiarni, & Arifmiboy. (2021). Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams 365 Pada Pembelajaran PAI di Tengah Penyebaran Covid-19 Azmiarni 1 SMA Negeri 1 Bukittinggi Arifmiboy 2. In Jurnal Kajian dan Pengemban Umat (pp. 1–14).

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Fahrizal, Y., Rianto, I. M., Istiana, D., Putri, F. M. E., Fitriyanti, E. A., Suryana, R., & Amiasi, S. (2021). Deteksi Risiko Pornografi Dan Upaya Pencegahan Di Kalangan Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar …, 834–840. https://doi.org/10.18196/ppm.43.627

hanifuddin jamin. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU Hanifuddin. 19Hanifuddin Jamin: Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru | UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, 19–36. file:///C:/Users/user/Downloads/112-Article Text-164-1-10-20180727.pdf

Harefa, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Microsoft Teams Sebagai Platform Pembelajaran Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19. Beta Kimia, 1(November), 1–6.

Herdi, M., Abbas, F. F., & Kasriyati, D. (2020). PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MIC R OS OFT TEA MS DI SMK NEGERI 1 KANDIS. In BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (p. 33). https://doi.org/10.33977/0280-009-015-003

I made, S. (2019). GURU DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME ,. Penjaminan Mutu, 5, 179–189.

Idham, M., Fuadi, A., & Wiguna, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Microsoft Teams Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Swasta Samanhudi Tanjung Pura. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 3(1), 138–148. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/554https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/download/554/485

Irawati, N. (2021). Peningkatan Kinerja Profesionalisme Guru Pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pelatihan Pengembangan Microsoft Teams Di Smp Negeri 42 Surabaya. In Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 2, pp. 459–469). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1943

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. In Jurnal Office (Vol. 3, Issue 1, p. 43). https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459

Maunah. (2022). Pembinaan Terhadap Semangat Guru. Administrasi Pendidikan Islam, 62–77.

MUH.RAIS, & HERDIAWAL. (2021). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS “PENDIDIKAN.” UM Sinjai, 6.

Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). PLUS MINUS PENGGUNAAN APLIKASI-APLIKASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. In ResearchGate.

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.

Pradewo, B. (2022). Kemendikbudristek Ungkap Rata.

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis kualitatif penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran kolaboratif daring. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 4, 415–420.

Putri, R. T., Permata, T. P. R., Anastasia, A. K., Putri, E. S., Indraswara, W. T., & Wijaya, G. T. (2022). Aplikasi TEAMS : Efektivitas dalam peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. In SEMINAR NASIONAL HASIL RISET DAN PENGABDIAN (pp. 215–221).

Rahayu, H. E. S., & Subagyo, S. (2022). PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (The Effect of Students’ Perceptions on Teachers’ Pedagogic Competency and Microsoft Teams Applications on Learning Motivation) Hesti. In Economina (pp. 2963–1181).

Rahmah Tahir, S., Nur Humairah Halim, S., Saputra Mahmud, R., & Satriani, S. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Virtual Melalui Workshop Penggunaan Aplikasi Microsoft teams Di SMP Unismuh Makassar Dan SMA Unismuh Makassar. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.61

Robbani, F. N. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 5 SURABAYA. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sancaya, D. B. (2022). NNOVATIONS INTHE BENEFITS OF MICROSOFT TEAMS IN THE IMPLEMENTATION OF MICROTEACHING ONLINE OPEN UNIVERSITY : INOVASI DALAM KEUNTUNGAN DARI MICROSOFT TEAMS DI IMPLEMENTASI UNIVERSITAS TERBUKA ONLINE MICROTEACHING. Jurnal Pendidikan NUsantara:, 3(Technology), 42–48.

Sativa, R. O., & Prihaswati, M. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MICROSOFT TEAMS DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI RUMUS PERKALIAN SINUS DAN COSINUS. In Prosiding Seminar Edusainstech FMIPA UNIMUS 2020 (pp. 20–40).

Sisdiknas, U.-U. (2003). Undang-undang Sisdiknas no.20 Tahun 2003 (Vol. 4, Issue 1, pp. 147–173).

Situmorang, A. S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran Virtual. Sepren, 3(2), 92–101. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.663

Welle, D. (2019). Peringkat 6 TerbawahPeringkat 6 Terbawah, Indonesia Diminta Tinggalkan Sistem Pendidikan “Feodalistik” (pp. 21–24).

Yuniarti, F., Rakhmawati, D., & Harsani, D. C. (2021). Sosialisasi Penggunaan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). In Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 1, pp. 79–98). https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5230

Yuwana. (2021). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENGUASAI MICROSOFT TEAMS MELALUI PEMANTAUAN BERKALA DAN PEMBINAAN TUTOR SEBAYA (PBP-TORBAY) Yuwana. In Majalah Lontar Universitas PGRI Semarang (p. Vol.33 nomor 2).

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Agus Lutfi, Tedi Hidayat, Suklani Ahsan, Seipah Kardipah, & Widyo Nugroho. (2023). PROFESIONALISME GURU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA : STUDI LITERATUR ATAS MEDIA MICROSOFT TEAM SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.376

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.