Diskursus Kerukunan Sosial Masyarakat Melalui Analisis Afeksi Hasil Pemilihan Umum 2024 Menggunakan Media Sosial X Dan Instagram
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1403Keywords:
Discourse, Social Harmony, 2024 General Election, Social Media X, Instagram, Affection AnalysisAbstract
This study aims to analyze the discourse on social harmony in society after the 2024 General Election through social media X and Instagram. In the contemporary context, social media has become a major platform for sharing opinions, views and emotions related to political events. This analysis uses a qualitative approach by utilizing sentiment analysis techniques to understand the affection contained in posts, comments and user responses. This research focuses on identifying affective patterns that emerge and how these patterns influence social harmony in society. It is hoped that the results of this research will provide insight into post-election social dynamics and the importance of social media in shaping public narratives regarding social harmony.
References
Andriana, Nina, ‘Pandangan Partai Politik Terhadap Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Komunikasi Untuk Mendekati Pemilih Muda (Gen Y Dan Z): Studi Kasus PDI-P Dan PSI’, Jurnal Penelitian Politik, 19.1 (2022), 51–65 https://ejournal.politik.lipi.go.id/
Azkiya, Ach Mawardi, ‘Urgensi Pengaturan Partisipasi Masyarakat Mewujudkan Pemilu Demokratis’, Legal Studies Journal, 1.1 (2023), 1–12
Bara, E. A. B., Nasution, K. A., Ginting, R. Z., & Kartini, K. (2022). Penelitian tentang Twitter. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 167-172.
Dewi, Lintang Yunisha, Hizkia Laritza Novelina Sinaga, Nur Aji Pratiwi, and Nur Widiyasono, ‘Analisis Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dalam Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada Serta Meminimalisir Golput’, Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 8.1 (2022), 36–47 https://doi.org/10.37058/jipp.v8i1.4082
Elisabeth, M., Hansen, S.K., M.Rafli, R., & Dirga, A. Analisis Perilaku Memilih pada Pemilih pemula Menjelang Pemilu 2024 Melalui Penerapan Konsep Voting Advice Application dalam Rangka Digitalisasi Demokrasi
Faqih muala ahmad, “pengaruh media social terhadap partisipasi politik dalam pemilihan umum”, Skripsi, UIN maulana malik Ibrahim, malang 2023.
Huda, M. T., & Filla, O. F. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Membangun Kerukunan Pada Komunitas Young Interfaith Peacemaker (YIPC). Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 15(1), 28-50.
Jaya, Putu Bayu Wikranta Kusuma, Konsep Representasi dalam Diskursus Epitemologis, Peneliti Independen, hal. 1-2.
Kawangung, Y., & Lele, J. I. (2019). Diskursus Kerukunan Sosial Dalam Perspektif Masyarakat Kristen Di Indonesia. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 141-160.
M. Ikhwan, Anton Jamal, (2021) Diskursus Hukum Islam dalam Konteks Keindonesiaan: Memahami Kembali Nilai-Nilai Substantif Agama, Jurnal Kajian Hukum Islam, Al-Manahij, Vol. 15, No. 1, DOI: https://doi.org/10.24090/mmh.v15i1.4689, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Kab. Aceh Barat, hal. 177.
Muhammad Adha Pujiyanto, Melda Ariyanti, & Riris Raisyah Parira, dkk. (2023). Pengaruh Kampanye Media Sosial Instagram Komisi Pemilihan Umum (KPU) Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum.
Purnama, Taufiq Yuli, Sigit Sapto Nugroho, Subadi, and Mudji Rahardjo, ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Di Desa Ngujung, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan’, Jurnal Daya-Mas, 8.1 (2023), 13–19 https://doi.org/10.33319/dymas.v8i1.103
Risal Arifin, dkk. 2023. Aksesibilitas Informasi bagi Pemilih Disabilitas melalui DIGI-EDVOT (Digital Learning for Disabled Young Voters) untuk Pemilu 2024 yang Inklusif. JKIP Vol 3 No 5.
Rohim, Mulkanur, and Amika Wardana, ‘Analisis Politik Milenial : Persepsi Siswa SMA Terhadap Dinamika Politik Pada PEMILU 2019 Di Indonesia’, JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4.1 (2019), 47–63 https://doi.org/10.24905/jip.4.1.2019.47-63
Sellita. (2022). Media Sosial dan Pemilu: Studi Kasus Pemilihan Presiden Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 10(3), 149-164.
Sitepu, Herima Bina Br, Ronald Hadibowo Sangalang, and Benget Tampubolon, ‘Kesadaran Generasi Z Terhadap Hukum Dalam Menggunakan Media Sosial Di SMA Negeri 6 Palangkaraya’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7.3 (2024), 3264–71 https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4146
Telaumbanua, V., & Sumardjijati. 2024. Sikap Pemilih Muda Kota Surabaya Terhadap Personal Branding Ganjar Pranowo di Tiktok. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. 11(1): 167-171.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (Communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Wijayanti, S.H., Sihotang, K., Dirgantara, V.E., & Maytriyanti, M. (2022). BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI GENERASI MILENIAL DI SOSIAL MEDIA. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.