STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI NATUNA SEBAGAI DAYA TARIK DESTINASI EKOWISATA

Authors

  • Dhani Mespian Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i3.398

Keywords:

Strategi, Pengembangan, Ekowisata

Abstract

 Perkembangan sektor kepariwisataan yang ada di Natuna saat ini seharusnya sudah muncul seiring dengan petumbuhan penduduk dan kebutuhan setiap manusia terhadap pariwisata. Sebagai daerah yang berada dalam geografis kepulauan, Natuna memiliki kekayaan bawah laut yang tak terbatas, sehingga sangat tepat apabila Natuna juga memprioritaskan pengembangan pariwisata. Dalam hal ini yang dimaksud adalah strategi terkait dengan pengembangan objek wisata Natuna agar dapat menjaga nilai-nilai kemanusiaan serta warisan bersama sehingga dapat menarik masyarakat untuk datang berkunjung.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh dinas pariwisata dalam pengembangan pariwisata khusunya pada pengelolaan ekowisata yang ada di natuna. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada riset ini menunjukkan bahwa masih kurang optimalnya strategi yang diterapkan dan kurangnya perhatian dari pemerintah maupun masyarakat setempat dalam pengelolaan objek wisata. Kesimpulan pada penelitian ini adalah masih belum terlaksanakan dengan baik pengelolaan yang direncanakan serta terbatasnya sumber daya manusia dalam mengelola pariwisata.

 

References

Ahimsa-Putra, H.S. (2004). Mengembangkan Wisata Budaya dan Budaya Wisata Sebuah

Refleksi Antropologis. Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada.

amardjati, R. S. (2002). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Arida, N S. (2017). Ekowisata Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan Ekowisata.

Bali: Penerbit Cakra Press.

A, Yoeti, Oka. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung

Badan Pusat Statistik Kabupaten Natuna, 2020, Kabupaten Natuna Dalam Angka D

Baretto & Giantari. (2015). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Panas di Desa

Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas

Udayana. 4 (11): 773-796.

Damanik, J & Weber, H. F. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori Ke Aplikasi.

Yogyakarta: Pusat Studi Pariwisata UGM dan Penerbit Andi.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (2016). Data Potensi, Kebijakan dan daya Tarik Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten Natuna Kepulauan Riau 2019.

Effendi, Winda Roselina., Lestari, Linayati & Renol, R. (2019). Strategi Pemerintah Dalam

Mempromosikan Wisada Bersepeda di Pulau Air Raja, Batam. Jurnal Dimensi, 8 (2),

-371

Sedarmayanti, 2014. Manajemen strategi. Bandung : PT Refika Aditama.

Siagian, Sondang P, 2003. Manajemen Stratejik. Jakarta : Bumi Aditama.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.

Wikipedia. (n.d.). Kabupaten Natuna – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Zaenuri, M. (2012). Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah Konsep dan Aplikasi.

Yogyakarta: e-Gov Publishing.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Dhani Mespian. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN POTENSI NATUNA SEBAGAI DAYA TARIK DESTINASI EKOWISATA. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(3), 71–78. https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i3.398

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.