TINJAUAN JOB DESCRIPTION STAFF CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DI PT ROSALIA INDAH TOUR & TRAVEL SLAMET RIYADI
DOI:
https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i2.333Keywords:
Pelaksanaan, Job Description, Staff Customer ServiceAbstract
Dilihat dari segi semakin padatnya penduduk serta kebutuhan yang semakin tinggi, menjadikan daerah Surakarta dan sekitarnya menjadi potensi pasar tersendiri untuk industri transportasi. Salah satu perusahaan transportasi secara nasional yang berada di wilayah Surakarta adalah PT Rosalia Indah Tour & Travel Slamet Riyadi. Selama ini belum diketahui pelaksanaan job description staff customer service di PT Rosalia Indah Tour & Travel Slamet Riyadi dan tingkat kualitas pelayanan di PT Rosalia Indah Tour & Travel Slamet Riyadi, padahal saat ini kompetitor semakin banyak dan berkembang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dimana metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, studi pustaka, dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, bahwa job description staff customer service terdapat 15 point sesuai dengan dokumen job description staff customer service di PT Rosalia Indah Tour & Travel Slamet Riyadi. Kedua, pelaksanaan mengenai job description staff customer service ada 76,7 % menjawab sudah melaksanakan dan 23,3 % menjawab kadang-kadang melaksanakan. Sedangkan penilaian pelaksanaan job description staff customer service dapat diketahui bahwa ada 2 (100%) orang staff (Customer Service) yang sudah melaksanakan job description. Ketiga, prosentase tingkat kualitas pelayanan di PT Rosalia Indah Tour & Travel harapan dari segi mutu, proses dan service sangat penting 49,3%, penting 50,2% dan kurang penting 0,4%. Sedangkan untuk prosentase kenyataan dari segi mutu, proses dan service sangat baik 30,2%, baik 64% dan kurang baik 4,4%.
References
Abdullah, R., Studi, P., Bahari, A., Perikanan, P., Tual, N., Prihastuti, Y., & Yogyakarta, T. (2022). OF TOURISM. 5(1), 77–96.
Apriatama, A., Santoso, A. B., & Informasi, S. (2022). Analisis Dan Perancangan Web Responsive Sebagai E-Marketing Pada Cv Raja Trans Tour &. 2(9), 1–13.
Ardilla, D. S. (2020). Kajian Pengaruh Implementasi Human Capital Information System (Hcis) Terhadap Kualitas Pelayanan Human Capital (Hc) Pada Perusahaan Kpn Corp. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(4), 151–162. https://doi.org/10.36782/jemi.v3i4.2124
Darmadi, D., Bataha, K.-, & Fauziah, S. (2021). Kebijakan Virtual Tour Sebagai Mitigasi Dampak Pandemi Terhadap Pariwisata Di Kota Surabaya. Public Administration Journal of Research, 3(1), 1–16. Retrieved from http://paj.upnjatim.ac.id/index.php/paj/article/view/74/74
Gajić, T., Petrović, M. D., Radovanović, M. M., Vuković, D., Dimitrovski, D., & Yakovenko, N. V. (2021). Women’s role in organizational commitment and job satisfaction in the travel industry—an evidence from the urban setting. Sustainability (Switzerland), 13(15). https://doi.org/10.3390/su13158395
Gordon, I. O., Sherman, J. D., Leapman, M., Overcash, M., & Thiel, C. L. (2021). Life Cycle Greenhouse Gas Emissions of Gastrointestinal Biopsies in a Surgical Pathology Laboratory. American Journal of Clinical Pathology, 156(4), 540–549. https://doi.org/10.1093/ajcp/aqab021
Hudiyani, A., Aspan, & Yana, N. F. (2018). Peran Tour Agency Orangutan Journey Dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Taman Nasional Tanjung Puting Kabupaten Kotawaringin Barat. Magenta, 7(1), 35–42.
Mardiansjah, F. H., Handayani, W., & Setyono, J. S. (2018). Pertumbuhan Penduduk Perkotaan dan Perkembangan Pola Distribusinya pada Kawasan Metropolitan Surakarta. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 6(3), 215. https://doi.org/10.14710/jwl.6.3.215-233
Nurkholis, A., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2020). Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 167–172. Retrieved from https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas%0Ahttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2276458
Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons, 10(2), 179. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2718
Puspitasari, N. B., Pramono, S. N. W., & Pertiwi, Y. E. (2019). Kepuasan Pelanggan Po Rosalia Indah Menggunakan Importance Performance Competitor Analysis (Ipca). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 14(2), 63. https://doi.org/10.14710/jati.14.2.63-70
Riadhussyah, M. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Wisata Halal dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(1), 1–13. https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i1.1164
Syukri, M., & Putri, H. T. (2022). Survey Kepuasan Wajib Pajak dan Kajian Peningkatan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 6(September), 684–687. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.679
Yusti, P. (2017). Kualitas Pelayanan Staff Event MICE di PT. JPPRO Bali. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/36345/