Pengaruh Kepuasan Wisatawan Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Kota Lama Semarang

Authors

  • Aletta Dewi Maria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Ray Octafian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Dyah Palupiningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Isnu Hadi Sunarko Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Muhammad Arif Winata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
  • Perez Eben Ezer Sidabutar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56910/nawasena.v3i1.1320

Keywords:

Tourist Satisfaction, Destination Image, Intention To Revisit, Kota Lama Semarang

Abstract

The Old Town of Semarang is a famous tourist destination in Indonesia, with the potential to captivate tourists to return. This study aims to examine the impact of tourist satisfaction and perception of destination image on the intention to revisit the Old Town of Semarang. The research employs a quantitative approach through a survey. Data was collected through questionnaires given to tourists visiting the Old Town of Semarang. The research findings indicate that tourist satisfaction and destination image have a positive and significant influence on the intention to revisit. Tourist satisfaction positively contributes to the intention to revisit because satisfied tourists are more likely to return. Additionally, destination image also positively influences the intention to revisit as tourists with a positive perception of the destination are more likely to return. These findings provide insights for tourism destination managers to enhance tourists' interest in revisiting.

References

Alvianna, S., & Alviandra, R. (2020). Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang Pengaruh Destinasi Wisata dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Kampung Wisata Topeng Malang. Senorita (Seminar Nasional Kepariwisataan), 1(1).

Ayuningtyas, L. S., & Nugraha, H. S. (2021). Pengaruh E-Word.Of.Mouth, Lokasi, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pantai Menganti Kebumen). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 652–663. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29026

Bachtiar, M. L., & Arif Wibowo, M. (2016). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunungkidul (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(1), 40–49. https://eprints.uny.ac.id/29847/

Cahyanti, M. M. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan ( Studi pada wisatawan “ Kampung Warna Warni ” di Kota Malang ). JABM, 25(1).

Fadiryana, N. A., & Chan, S. (2019). Pengaruh Destination Image Dan Tourist Experience Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Pada Destinasi Wisata Halal Di Kota Banda Aceh. Jmi, 10(2), 1–23. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JInoMan

FARDIANTO, M. I. (2020). PENGARUH CITRA DESTINASI, DAYA TARIK WISATA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Pada Objek Wisata Pulau Panjang …. eprints.unisnu.ac.id. https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/761/

Iskandar, Y., & Samosir, S. H. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Bisnis Mahasiswa, 215–224. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/10619

Kastolani, W., Rahmafitria, F., & Pratiwi, D. H. (2016). Pengaruh Interpretasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Di Museum Nasional Gedung Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 13(1), 13–23. https://ejournal.upi.edu/index.php/jurel/article/view/2020

Octafian, R., & Palupiningtyas, D. (2019). FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN WISATAWAN (Studi Kasus Water Blaster Semarang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2). https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.362

Octavian, R., & Istiqomah, A. (2020). “Studi Kepuasan Wisatawan Curug Lawe Kalisidi.” Jurnal Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(1), 99–117.

Palupiningtyas, D., Yulianto, H., & Wijoyo, T. A. (2021). Peningkatan kepuasan wisatawan melalui pengelolaan homestay pada desa wisata. In The 2nd Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri Pengabdian Masyarakat di Era New Normal (Vol. 2, Issue 2, pp. 44–49). https://www.prosiding.adpi-indonesia.id/index.php/proceedings/article/view/80/59

Prawira, D., & Putra, T. (2022a). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkungjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang. In Jurnal Pendidikan Tambusai (Vol. 6, Issue 1, pp. 1178–1184). jptam.org. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2462251%5C&val=13365%5C&title=Pengaruh Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang

Prawira, D., & Putra, T. (2022b). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkungjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang. In Jurnal Pendidikan Tambusai (Vol. 6, Issue 1). repository.unp.ac.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2462251%5C&val=13365%5C&title=Pengaruh Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Pasir Jambak Kota Padang

Rachmadhania, N., & Pangestuti, W. E. (2017). Pengaruh Efektivitas Iklan Online Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara ke DKI Jakarta. In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 46, Issue 1). neliti.com. https://www.neliti.com/publications/87920/pengaruh-efektivitas-iklan-online-terhadap-minat-berkunjung-serta-dampaknya-pada

Suhartapa, S., & Sulistyo, A. (2021). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.10579

Suparman, N. R., & Vitaharsa, L. I. (2022). Pengaruh Daya Tarik , Citra Destinasi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung ke Taman Safari Bogor Pendahuluan. In Panorama Nusantara: Vol. X (Issue X, pp. 1–13). http://ejournal.stein.ac.id/index.php/panorama/article/view/1864

Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. In Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi (pp. 47–56). core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/327186963.pdf

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Aletta Dewi Maria, Ray Octafian, Dyah Palupiningtyas, Isnu Hadi Sunarko, Muhammad Arif Winata, & Perez Eben Ezer Sidabutar. (2024). Pengaruh Kepuasan Wisatawan Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Kota Lama Semarang. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.56910/nawasena.v3i1.1320

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)