Efektivitas Metode Tamyiz Dalam Meningkatkan Pemahaman Nahwu Dasar Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.490Keywords:
Metode pembelajaran, Tamyiz, Nahwu DasarAbstract
Artikel bertujuan melihat efektivitas metode tamyiz dalam meningkatkan pemahaman nahwu dasar pada siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo, dengan melihat adanya peningkatan pemahaman nahwu dasar sesudah mengaplikasikan metode Tamyiz, kemudian mengetahui adanya perbedaan peningkatan signifikan diantara kelas yang mengaplikasikan metode tersebut. Tulisan ini merupakan temuan hasil penelitian lapangan menggunakan quasi experiment dan nonequivalent control group design, dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Futuhiyyah Bumirejo, dengan pendekatan teori metode tamyiz, melibatkan 40 responden terdiri atas 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengukuran dilakukan terhadap guru dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan ke responden, pengumpulan data melalui tes, dokumentasi, wawancara dan observasi, kemudian dianalisis kuantitatif melaui uji normalitas dan homogenitas, kriteria pretest dan posttest, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa penerapan model pembelajaran metode Tamyiz terbukti efektif dapat meningkatkan pemahaman nahwu dasar siswa kelas VII MTs Al-Futuhiyyah Wonosobo. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan pemahaman nahwu dasar siswa kelas VII eksperimen dengan melihat hasil uji-Gain 0,56 (kategori sedang). Efektifitas dikuatkan dengan adanya perbedaan pemahaman nahwu dasar diantara kelas yang mengaplikasikan model pembelajaran metode Tamyiz dengan yang tidak mengapikasikannya, dengan perhitungan analisis: 4,77. taraf signifikansi 5%, dan dk = (20+20)-2 = 38 didapatkan 2,0244, dan pada taraf signifikansi 1% didapatkan 4,77. Hasil tersebut memperlihatkan nilai . Sehingga ditolak dan diterima.
References
Anam, N., & Sholikhah, V. (2018). Konstruksi Pendidikan Islam Berbasis Laduni Quotient (LQ). Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 673–682. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 2.169
Armstrong, C., Kepler, J. D., Samuels, D., & Taylor, D. (2022). Causality redux: The evolution of empirical methods in accounting research and the growth of quasi-experiments. Journal of Accounting and Economics, 74(2–3), 101521. https://doi.org/10.1016/j.jacceco.2022.101521
Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 133–143. https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649
Dhamma, O. W., Widodo, U., & Rispatiningsih, D. M. (2022). Analisis Minat dan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD pada Masa Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 7600–7607. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3162
Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran guru kelas dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa kelas rendah. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 43–51. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.121
Fauzy, H. I. el. (2018). Andragogi Pembelajaran Bahasa Arab Metode “Tamyiz” Dalam Perspektif Pendidikan Non Formal. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II Tahun 2018 HMJ, 128–139. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/188
Freelin, B. N., McMillan, C., Felmlee, D., & Osgood, D. W. (2023). Changing contexts: A quasi-experiment examining adolescent delinquency and the transition to high school. Criminology, 61(1), 40–73. https://doi.org/10.1111/1745-9125.12320
Garrido, M. R. (2022). Multilingualism, nationality and flexibility: Mobile communicators’ careers in a humanitarian agency. Multilingua, 41(2), 131–152. https://doi.org/10.1515/multi-2020-0156
Goldfarb, A., Tucker, C., & Wang, Y. (2022). Conducting Research in Marketing with Quasi-Experiments. Journal of Marketing, 86(3), 1–20. https://doi.org/10.1177/00222429221082977
Hairani, E., Faizah, N., Muzayyanah, M., & Izzah, N. (2019). Kohesi Metode Tamyiz Dalam Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Takhasus Bayt Tamyiz Indramayu. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(2), 99–124. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i2.61
Hidayat, R., & Arief, M. I. (2022). Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Terjemah Alquran Di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Dan Sekolah Menengah Atas Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1876–1894. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1245
Ihwan, M. B., Mawardi, S., & Ni’mah, U. (2022). Pengaruh Penguasaan Ilmu Nahwu Dan Sharaf Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qarib. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61–77. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1422
Mukhlas. (2023, February 9). “Hasil Wawancara dengan Guru Nahwu Sharaf Di MTs Al-Futuhiyyah Bumirejo Wonosobo.” Wawancara.
Ng, S. C. H., Lau, V. P. L., & He, Y. (2022). Impacts of planned quality change in physical workplace on employees’ behaviour: a quasi-experiment. Total Quality Management and Business Excellence, 33(5–6), 700–725. https://doi.org/10.1080/14783363.2021.1890015
Nurhayati, Suib, M., & Fatoni. (2022). Esensi dan sebab kesulitan berbahasa Arab serta penanganannya dalam dunia pendidikan. Ta’Limuna : Jurnal Pendidikan, 1(1), 84–91. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/jurnal-ta-limuna/article/view/137
Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166–5180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3072
Rosilia, S., & Abdullah. (2020). Penerapan metode Tamyiz dalam menerjemahkan teks Bahasa Arab di MTs al-Falah Gorontalo. AL-KILMAH, 1(1), 1–16. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AL-KILMAH/article/view/86
Royani, A., Palaloi, Z., Susiawati, I., & Amartiwi, R. Y. (2022). The Role of Arabic Poetry in Nahwu Rules. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 79–94. https://doi.org/10.24042/albayan.v14i1.9592
Satrio, S. (2018). Urgensi Penguasaan Bahasa Arab dalam Studi Islam di Indonesia. PERADA, 1(2), 163–177. https://doi.org/10.35961/perada.v1i2.22
Treepongkaruna, S., Kyaw, K., & Jiraporn, P. (2022). Shareholder litigation rights and ESG controversies: A quasi-natural experiment. International Review of Financial Analysis, 84, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2022.102396
Ulfah, N. N. (2021). Pengaruh Metode Tamyiz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Nahwu-Sharaf Siswa Kelas VII SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, IAIN Purwokerto
Wahyudin, D., Sofian, R. H., & Lutfiani, Y. (2021). Istikhdām Ṭarīqah “Tamyīz” fī Ta`līm Al-Qawā`id li Tarqiyyah Mahārah Al-Qirā’ah li Ṭullāb Ma`had Miftāh Al-Taufīq Bandung. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 5(2), 126–139. https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.15061
Wildan, K. (2019). Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning. AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 4(1). https://doi.org/10.33379/alwijdn.v4i1.301