STRATEGI KOMUNIKASI BIDANG LAYANAN DAN PENGEMBANGAN USAHA DALAM MEMBANGUN CITRA RRI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Annisa Rizki Ananda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Wulan Cindy Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.488

Keywords:

Strategi, Komunikasi, Citra, RRI

Abstract

Strategi komunikasi disesuaikan dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan, salah satunya RRI Palangka Raya, keberhasilan kegiatan komunikasi secara efektif banyak ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi Strategi komunikasi merupakan paduan antara perencanaan komunikasi dengan manajemen komunikasi. Di lain pihak jika tidak ada strategi komunikasi yang baik efek dari proses komunikasi terutama komunikasi (media massa) bukan tidak mungkin akan menimbulkan pengaruh negatif. RRI Palangka Raya berusaha untuk mempertahankan citra positifnya di kalangan pendengar radio di kota Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi komunikasi bidang Layanan dan Pengembangan Usaha dalam membangun citra Radio Republik Indonesia Palangka Raya. Ketertarikan peneliti meneliti ini untuk mengetahui strategi yang mempengaruhi citra Radio Republik Indonesia Palangka Raya dikalangan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan  bahwa Strategi Komunikasi Bidang LPU dalam membangun citra Radio Republik Indonesia Palangka Raya dalam melakukan pendekatan dengan masyarakat menggunakan media massa. Strategi yang digunakan dari informasi/pesan yang disampaikan dan media yang digunakan. Pesan/informasi yang disampaikan berupa penawaran dan pelayanan publik dan media massa yang digunakan berupa akun sosial media instagram sebagai sarana membangun dan meningkatkan citra Radio Republik Indonesia Palangka Raya

 

 

References

Ahmad, A. R. dan H. R. Murad. 2020. The impact of social media on panic during the covid-19 pandemic in iraqi kurdistan: online questionnaire study. Journal of Medical Internet Research. 22(5):1–11

Ahmed E dan Abdul W.K. “Role of Organizational Public Relationsin Image Building of Publics: A Case Study of Coca Cola Pakistan”, Jurnal Global Regional Review (Online), Vol. IV,No. IV, 2019. Diakses pada Novenmber 2022 darihttp://grrjournal.com

Aji, Firman B, dan S. Martin Sirait. Perencanaan dan Evaluasi. Bumi Aksara. Jakarta: 1990

Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Ambar, 2017. Model Komunikasi Lasswell – Konsep – Kelebihan – Kekurangan.

Ardianto, Elvinaro & Erdinaya Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi. Bandung : Armindo.

Boyd, Harper W, Orville C Walker and Jean Claud L. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Cangara, Hafied. (1998). Pengantar Ilmu komunikasi.

Cangara, Hafied. 2013; Perencanaan & Strategi Komunikasi : Rajawali Press

Cutlip, Center, Broom.2005. Effectife Public Relations Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses, Edisi Bahasa Indonesia. Gramedia,Jakarta.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center dan Glen M. Broom. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Dijkzeul, D., & Moke, M. (2005). Public Communication Strategies of International Humanitarian Organizations. International Review of the Red Cross, 87(860), 673–691.

Effendy, Onong Ushjana. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Grunig, James E, Hunt, Todd T. 1984. Managing Public Relations. United States of America: Harcourt Brace Javanovich College Publisher.

Hardiyansyah.2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Kriyantono, Rachmat.2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lexy.J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung : Remaja Roskakarya, 1993.

Little Jhon, Stephen W. Karen A. Foss. 2009. Theories of Human Communication. Jakarta : Salemba Humanika

Morissan. (2008). Jurnalistik Televisi Mutakhir . Jakarta: Kencana.

Mufid, Muhamad. 2005. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (18th ed.). Remaja Rosdakarya

Mulyana, Dedy. (2005). Komunikasi Suatu Pengantar.

Nazir, Moh, 2014. Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Nurudin, 2013, Pengantar Komunikasi Massa, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Pearson, Judy C. dan Nelson, Paul E.. 2012. Understanding and sharing: An Introduction to Speech Communication. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown

Poerwandari, E. K. 1998. Pendekatan Kualitatif Dalam penelitian Psikologi. Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rakhmat, Jalalaudin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public relations dan Media Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2003. Dasar-Dasar Publik Relation. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. PenerbitCV Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Annisa Rizki Ananda, & Wulan Cindy. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI BIDANG LAYANAN DAN PENGEMBANGAN USAHA DALAM MEMBANGUN CITRA RRI KOTA PALANGKA RAYA. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 132–144. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.488