Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Dalam Pembelajaran PAI Di SD N 02 Magek
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i3.958Keywords:
Skills, Teacher's Verbal Communication, PAI LearningAbstract
This study discusses how the teacher's Verbal Communication skills in PAI learning at SD N 02 Magek and so that it can be known what are the obstacles experienced by PAI teachers at SD N 02 Magek. This study uses a qualitative descriptive method, which is a field research with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. In this study, the key informant was the Islamic Religious Education Subject teacher. The next step the author took was data analysis by examining all existing data from various sources, then making data reduction by making abstractions.
Judging from the results of interviews and observations of the author at SD N 02 Magek, the teacher's verbal communication at SD N 02 Magek is not optimal, the reason is because there are still teachers who speak using harsh language, it is because students are difficult to manage and don't want to carry out assignments then make the teacher's emotions become unstable, so that the teacher who speaks harshly can affect the personality of students who have a weak mentality..
References
Abdul Malik. 2014. Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar
pada SMP Negeri 3 Sindue), dalam Jurnal Interaksi Vol 3 No 2.
Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik Edisi
Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Hamka Abdul. 2016. Karakter Guru Profesional. Jakarta: AMP Press. Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Danim, Sudarwan dan Yusuf Danim. 2010. Administrasi Sekolah & Manajemen
Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.
Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.
Danim, Sudarwan. 2012. Profesi Kependidikan. Bandung: Afabeta.
Dini Restiyani Pratiwi. 2017.“Interaksi Verbal pada Komunikasi Pembimbingan Akademik Antara Dosen dan Mahasiswa”, dalam jurnal Bahastra Vol. 37 No 2 Edisi Oktober 2017
Ety Nur Inah. 2015. “Peran Komnunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa”, dalam Jurnal Al-Ta’dib Vol 8 No 2.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah dan Nina Lamtenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hefni, Harjani. 2015. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana.
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Mendianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Iriantara, Yosal. 2014. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Istarani. 2015. 10 Kompetensi Wajib Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Medan: LARISPA
Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawati, Nia Kania. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
M. Kadar Yusuf. 2015. Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.
Maisyah Putri. “Peran Komunikasi Verbal dalam Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Mandarin Bagi Anak Taman Kanak-kanak”, dalam Jurnal Interaksi Vol. 3 No 1 Edisi Januari 2019
Muhammad, Ami. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Mulyasa E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurhayati, Tri Kurnia. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Ejaan yang disempurnakan. Jakarta: Eska Media Press.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: IKAPI.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawal Pers.
Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Syaodiah, Nana Sukamdinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tambak, Syahraini. 2013. Pendidikan Komunikasi Islami. Jakarta: Kalam Mulia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tohirin. 2014. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Widjaja H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Willis, Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wawanacara dengan Ibuk Wati, 15 Februari 2023 di SDN 02 Magek
Wawancara dengan Zahra, 16 Februari 2023 di SD N 02 Magek
Wawancara dengan Dafa, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek
Wawancara dengan Aisyah, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek
Wawancara dengan Ardian, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek