Pengaruh Literasi Sosial terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gawai di SMK Emmanuel Medan
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i2.2211Keywords:
Social-Literacy, Social-Interaction, Gadget-UsedAbstract
The study aims to assess the influence of social literacy on social interaction patterns of students at SMK Emmanuel Medan who use gadgets. This study uses quantitative and descriptive methods. Purposive sampling technique was used to select the sample for the study. Data were collected through questionnaires distributed to 42 students in class XI of SMK Emmanuel Medan. The data were analyzed using multiple linear regression. The results show that social literacy benefits students' device use at SMK Emmanuel Medan. Therefore, it can be concluded that social literacy benefits students' device use in school.
References
Andriyani, Y., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2021). Dampak negatif penggunaan gadget terhadap perilaku siswa sekolah dasar di era globalisasi. [Nama jurnal tidak disebutkan], hal. 6.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 42.
Febrino, F. (2017). Tindakan preventif pengaruh negatif gadget terhadap anak. NOURA: Jurnal Kajian Gender dan Anak, 1(1), 7.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginanjar, A., & rekan. (2019). Implementasi literasi digital dalam proses pembelajaran IPS di SMP Al-Azhar 29 Semarang. Harmony, 4(2).
Gumilang, A. (2022). Pola interaksi edukatif guru PAI dalam perubahan tingkah laku peserta didik kelas IX F MTsN 3 Malang. [Nama jurnal tidak disebutkan].
Hakis. (2020). Adab bicara dalam perspektif komunikasi Islam. Mercusuar, 1(1), 18.
Harfiyanto, D. (2015). Pola interaksi sosial siswa pengguna gawai. Journal of Educational Social Studies, 4(1).
Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola interaksi sosial siswa pengguna gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1).
Junindra, A., & rekan. (2021). Mendesain pembelajaran IPS dan PKN berbasis literasi ICT (Information and Communication Technology) pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 72.
Khairul Anwar, M., & Taufik, M. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial pada perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Kusmana, S. (2017). Pengembangan literasi. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 17.
Lgleysteen. (2018). Social illiteracy. Serendip Studio. http://serendip.brynmawr.edu/exchange/ed-250-literacies-and-education/lgleysteen/social-illiteracy
Mau, B., & Gabriela, J. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan perilaku anak remaja masa kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan, 5(1), 99–110.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak penggunaan gawai terhadap interaksi sosial anak usia 5–6 tahun. Jurnal PAUD Teratai.
Priyastama, R. (2019). Buku sakti kuasai SPSS, pengolahan data & analisis data.
Rahardja, U., Lutfiani, Q. A., & Annisa, I. Y. (2021). The potential utilization of blockchain technology. Blockchain Frontiers in Technology, 1(1), 19.
Rokayah. (2017). Profil kemampuan literasi ilmu pengetahuan sosial (IPS) peserta didik sekolah dasar kelas 4 & 5 dalam rangka gerakan literasi sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 20.
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap personal sosial anak usia pra sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 13(2).
Siswanto, S. (2017). Peran pekerja sosial dalam pembinaan anak asuh melalui life skill di Panti Asuhan Darul Hadlanah Pati. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 49.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhana, M. (2018). Influence of gawai usage on children’s social emotional development. Jurnal Advance in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 131.
Suyomukti, N. (2016). Pengantar sosiologi: Dasar analisis, teori dan pendekatan menuju analisis masalah-masalah sosial, perubahan sosial dan kajian-kajian strategis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Yogyakarta: Start Up.
Utami, F. W., Wardani, S., & Segara, N. B. (2021). Desain model MONATE: Movie analysis and debate untuk pembelajaran literasi sosial. [Nama jurnal tidak disebutkan], hal. 19.
Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola interaksi sosial siswa pengguna gadget di SMA Negeri 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/jess.v4i1.6859
Warisyah, Y. (2019). Pentingnya “pendampingan dialogis” orangtua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





