OPTIMALISASI PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA TAMAN NASIONAL MERU BETIRI, KABUPATEN JEMBER, DAN BANYUWANGI

Authors

  • Sahrian Samsi Universitas Nasional Jakarta
  • Diajeng Putri Maesti Universitas Nasional Jakarta
  • Asep Parantika Universitas Nasional Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i3.400

Keywords:

Tourism, promotion, Strategic

Abstract

Administratively, Meru Betiri National Park includes Banyuwangi Regency and Jember Regency, East Java. This research aims to optimize the use of social media for tourism development in Meru Betiri National Park. The research method used is a qualitative method with descriptive analysis to identify social media promotion strategies for the development of Meru Betiri National Park tourism. The technique for collecting data sources uses literature studies and other journal references. Meru Betiri National Park is mostly a tropical rainforest located in the Banyuwangi and Jember districts. The biodiversity in Meru Betiri National Park can be an object of attraction for tourists. Meru Betiri National Park conducts advertising promotions on the websites tribunnewswiki.com and katadata.co.id.

References

Devi, A. H., & Sumanto, R. B. (2017). Pengembangan obyek dan daya tarik wisata alam sebagai daerah tujuan wisata. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 34-44.

Fatmawati, N., Mutapli.,Sofia. (2018). Faktor-Faktor Yang Mendasari Masyarakat Sekitar Taman Nasional Meru Betiri dalam Mengekploitasi Rafflesia Zollingeriana Kds. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 11(2), 55-65.

Febriana, Y.E., Pangestuti. E,.(2018). Analisis dampak pengembangan kepariwisataan dalam menunjang keberlanjutan ekonomi dan sosial budaya lokal masyarakat (studi pada desa wisata gubugklakah, kecamatan poncokusumo, kabupaten malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 61(4):

Guntoro, D,A., Purwantono, Kholik, N., Ananda, A, A. 2018. Strategi pengembangan pengelolaan hasil hutan non kayu (HHBK) buah durian di zona tradisional, Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 11(1), 60-65.

Kalima, T. (2008). Profil keragaman dan keberadaan spesies dari suku Dipterocarpaceae di Taman Nasional Meru Betiri, Jember. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 5(2), 175-191.

Kurnianto, A,S., Alfianto, F., Prasetyo, H, D., Rahardi, B. (2013). Eksplorasi beberapa jalur potensi wisata birdwatching di bandealit, Taman Nasional Meru Betiri. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 1(1), 12-19.

Larichy, R. (2020). Perancangan Video Promosi Desa Wisata Conto sebagai Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan.Surabaya: Universitas Dinamika.

Mariyono, J. (2017). Determinants of Demand for Foreign Tourism in Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 18(1), 82–92. Diakses dari https://doi.org/https://doi.org/10.239 17/jep.v18i1.2042

Marniatun, Rosida L, Azizurrohman M. (2022). Strategi promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kampung Sasak Ende. Journal of Responssible Tourism, 2(1), 19-30.

Muljadi, A. J., dan Siti Nurhayati. 2002. Pengertian Pariwisata. Kursus Tertulis Pariwisata Tingkat Dasar. Modul I. Jakarta: Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Pusat Pendidikan dan Pelatihan

Nafi. (2020). Kunjungan Wisata TN Meru Betiri Berangsur Meningkat. https://merubetiri.id/website/detailnews/130

Pendit, N. S. (2010). Ilmu pariwisata sebuah pengantar perdana. Jakarta: Pradnya Paramita Press.

Primadany, S.F., Mardiyono, riyanto. (2017). Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk). Jurnal Administrasi Publik. 1(4): 135-143.

Rusyidi B, Fedryansah M. (2018). Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Jurnal Pekerjaan Sosial. 1(3): 155-165.

Setiawan. N.A., Hamid. F. 2014. Strategi promosi dalam pengembangan pariwisata lokal di desa wisata jelekong. Economic Journal Trikonomika. 13(2): https://doi.org/10.23969/trikonomika.v13i2

Sutisna, N., Alifi, M, I., Muhaemin, Ramadhan, A., Pratiwi, M., Fitriyah, N., Muldi, A. (2022). Optimalisasi pemanfaatan media sosial dalam promosi Kampung Wisata Pekijing. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 7(1), 72-79.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Sahrian Samsi, Diajeng Putri Maesti, & Asep Parantika. (2022). OPTIMALISASI PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA TAMAN NASIONAL MERU BETIRI, KABUPATEN JEMBER, DAN BANYUWANGI. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.56910/nawasena.v1i3.400

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.