STUDI DESKRIPTIF TENTANG KINERJA ROOM BOY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SOFITEL NALI NUSA DUA BEACH RESORT

Authors

  • Sugiman Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
  • Deni Kurniawan Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i1.25

Keywords:

Kinerja Room Boy, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini mengkaji kinerja room boy dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. para tamu untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Sofitel Nusa Dua Beach Resort. Dalam penelitian ini penulis menyajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah 1 Executive Housekeeper, 1 Housekeeping Manager, 1 Assistant Housekeeping, 1 Housekeeping Supervisor dan 1 HRD. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Ditinjau dari kualitas pelayanan diketahui pula bahwa kualitas pelayanan bagian houskeeping yang diukur dengan lima dimensi kualitas pelayanan tampak antara harapan tamu dengan keinginan tamu sehingga sebagian besar tamu beranggapan bahwa kualitas pelayanan di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort mempengaruhi kepuasan tamu di Sofitel Bali. Kesimpulan dalam penelitian ini pengaruh kinerja room boy sangat besar bagi Sofitel Bali, dengan kinerja room boy sesuai SOP sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Sebagai saran, pihak housekeeping sebaiknya selalu aktif menegur room boy yang sering terlambat masuk jam kerja.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Sugiman, & Deni Kurniawan. (2021). STUDI DESKRIPTIF TENTANG KINERJA ROOM BOY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SOFITEL NALI NUSA DUA BEACH RESORT. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i1.25

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.