Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Dalam Pembelajaran PAI Di SD N 02 Magek

Authors

  • Intan Wulan Sari UIN Sjech M. Djamil Djambek
  • Salmiwati Salmiwati UIN Sjech M. Djamil Djambek
  • Wedra Aprison UIN Sjech M. Djamil Djambek
  • Darul Ilmi UIN Sjech M. Djamil Djambek

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i3.958

Keywords:

Skills, Teacher's Verbal Communication, PAI Learning

Abstract

This study discusses how the teacher's Verbal Communication skills in PAI learning at SD N 02 Magek and so that it can be known what are the obstacles experienced by PAI teachers at SD N 02 Magek. This study uses a qualitative descriptive method, which is a field research with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. In this study, the key informant was the Islamic Religious Education Subject teacher. The next step the author took was data analysis by examining all existing data from various sources, then making data reduction by making abstractions.

Judging from the results of interviews and observations of the author at SD N 02 Magek, the teacher's verbal communication at SD N 02 Magek is not optimal, the reason is because there are still teachers who speak using harsh language, it is because students are difficult to manage and don't want to carry out assignments then make the teacher's emotions become unstable, so that the teacher who speaks harshly can affect the personality of students who have a weak mentality..

 

References

Abdul Malik. 2014. Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam

Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar

pada SMP Negeri 3 Sindue), dalam Jurnal Interaksi Vol 3 No 2.

Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik Edisi

Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Hamka Abdul. 2016. Karakter Guru Profesional. Jakarta: AMP Press. Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Danim, Sudarwan dan Yusuf Danim. 2010. Administrasi Sekolah & Manajemen

Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.

Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.

Danim, Sudarwan. 2012. Profesi Kependidikan. Bandung: Afabeta.

Dini Restiyani Pratiwi. 2017.“Interaksi Verbal pada Komunikasi Pembimbingan Akademik Antara Dosen dan Mahasiswa”, dalam jurnal Bahastra Vol. 37 No 2 Edisi Oktober 2017

Ety Nur Inah. 2015. “Peran Komnunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa”, dalam Jurnal Al-Ta’dib Vol 8 No 2.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah dan Nina Lamtenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hefni, Harjani. 2015. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Mendianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iriantara, Yosal. 2014. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Istarani. 2015. 10 Kompetensi Wajib Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Medan: LARISPA

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniawati, Nia Kania. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

M. Kadar Yusuf. 2015. Tafsir Tarbawi Pesan-pesan Al-Qur’an tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.

Maisyah Putri. “Peran Komunikasi Verbal dalam Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Mandarin Bagi Anak Taman Kanak-kanak”, dalam Jurnal Interaksi Vol. 3 No 1 Edisi Januari 2019

Muhammad, Ami. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Mulyasa E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurhayati, Tri Kurnia. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Ejaan yang disempurnakan. Jakarta: Eska Media Press.

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: IKAPI.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawal Pers.

Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Syaodiah, Nana Sukamdinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tambak, Syahraini. 2013. Pendidikan Komunikasi Islami. Jakarta: Kalam Mulia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tohirin. 2014. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Widjaja H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Willis, Sofyan S. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wawanacara dengan Ibuk Wati, 15 Februari 2023 di SDN 02 Magek

Wawancara dengan Zahra, 16 Februari 2023 di SD N 02 Magek

Wawancara dengan Dafa, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek

Wawancara dengan Aisyah, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek

Wawancara dengan Ardian, 16 Februari 2023, di SD N 02 Magek

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Intan Wulan Sari, Salmiwati Salmiwati, Wedra Aprison, & Darul Ilmi. (2023). Keterampilan Komunikasi Verbal Guru Dalam Pembelajaran PAI Di SD N 02 Magek. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(3), 37–47. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i3.958

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.