MENAKAR EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH PASCA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.335Keywords:
madrasah aliyah, metode pembelajaran, pasca covid 19.Abstract
Penggunaan metode yang benar akan memberikan dampak besar dalam penyampaian tujuan pembelajaran di madrasah. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan metode pembelajaran di madrasah, diantaranya tujuan, kemampuan siswa, kemampuan guru, situasi dan sarana. Penelitian ini untuk menganalisis efektifitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara. Informan penelitian ini terdiri dari 20 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa metode pembelajaran yang digunakan di Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah yaitu pembelajaran luring, pembelajaran daring, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis masalah, hanya pembelajaran daring yang masih kurang efektif. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa bermukim di Pondok Pesantren dengan beberapa keterbatasannya.asional.
References
Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Halim, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., Veryawan, D. F., & Yuniwati, I. (2021). Metode Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Dacholfany, M. I., Noor, T. R., Diana, E., & Prayoga, D. (2021). Identification of higher education administration applications efforts to improve digital-based academic services. Linguistics and Culture Review, 5(S2), 1402–1414.
Diana, E. (2021). Urgensi in house training dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3290–3298.
Diana, E., Rahmah, N., & Rofiki, M. (2022). Blended Learning Management: The Efforts to Develop Students’ Soft Skills in the New Normal Era. Jurnal Basicedu, 6(3), 4272–4281.
Diana, E., & Rofiki, M. (2020). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356
Hm, M. A. (2019). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF MELALUI HYPNOTEACHING. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106
Jamaluddin, J. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Marbun, P. (2021). DISAIN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA DAN PASCA COVID-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Nuryatin, S. (2020). ADAPTASI METODE PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING UNTUK MENGHADAPI ERA NEW NORMAL. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/nd72p
Rofiki, M., Sholeh, L., & Akbar, A. R. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah Atas di Era New Normal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4057–4065.
Rohana, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN DARING PASCA PANDEMI COVID-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441
Sugiarto, A. (2020). DAMPAK POSITIF PEMBELAJARAN ONLINE DALAM SISTEM PENDIDIKAN KEPERAWATAN PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 432. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555
Ulfa, M., & Saifuddin, S. (2018). TERAMPIL MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN. Suhuf, 30(1).
Warsito, H., Winingsih, E., Setiawati, D., & Naqiyah, N. (2022). PEMBELAJARAN ONLINE PASCA PANDEMI COVID 19: IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN DARING. 5(1).