STRATEGI GURU DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Eka Diana Universitas Nurul Jadid Probolinggo
  • Linda Maulia Efendi Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Sinta Nur Kamila Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.328

Keywords:

asesmen nasional, madrasah aliyah, strategi pembelajaran guru

Abstract

Asesmen Nasional sebagai suatu kebijakan pemerintah untuk menggantikan Ujian Nasional. Semua elemen sekolah mulai dari tingkat atas sampai tingkat bawah harus siap menyambut Asesmen Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan oleh guru dalam menyiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam menyiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional adalah dengan meningkatkan literasi membaca siswa, memberikan latihan-latihan soal, dan dalam pembelajaran di kelas guru mengkolaborasikan atau mengaitkan pelajaran yang diajarkan dengan pelajaran lainnya. Strategi yang tepat akan memberikan dampak yang jelas dalam menyiapkan siswa dalam menghadapi Asesmen Nasional.

 

 

References

As’adi, M. (2022). Hasil wawancara dengan kepala madrasah MAN 1Probolinggo.

Buchari, A. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Diana, E. (2021). Urgensi In House Training dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1323

Diana, E., & Firdaus, J. (2021). Pembelajaran Fikih Berbasis Audio-Visual Sebagai Media Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MA Nurul Yaqin Situbondo. Jurnal Al-Murabbi, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.35891/amb.v6i2.2526

Diana, E., Rahmah, N., & Rofiki, M. (2022). Blended Learning Management: The Efforts to Develop Students’ Soft Skills in the New Normal Era. Jurnal Basicedu, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2835

Diana, E., & Rofiki, M. (2020). ANALISIS METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356

Firdaus, M. Z., & Sukiman, S. (2020). Menumbuhkan Budaya Baca Mahasiswa Melalui Program Literasi Sepuluh Menit Sebelum Perkuliahan. Educatio, 15(2), 104–114. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2804

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2), 250. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i2.14464

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. 12(2).

Jauhari, M., Rofiki, M., & Farisi, Y. A. (2017). AUTHENTIC ASSESSMENT DALAM SISTEM EVALUASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.908

Juwairiyah, J. (2022). Hasil wawancara dengan guru MAN 1 Probolinggo.

Muta’ali, J. A. (2020). Opini Masyarakat tentang Asesmen Nasional sebagai Pengganti Ujian Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Novita, N. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. 5(1).

Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433–440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924

Resufle, A. H., & Rofiki, M. (2022). Management of Islamic Education in the Challenges of Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2820

Rofiki, M. (2019). URGENSI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI ERA INDUSTRI 4.0. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), Article 3.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DAN GURU PADA ASESMEN NASIONAL (ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM, SURVEY KARAKTER, DAN SURVEY LINGKUNGAN BELAJAR. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 85–97. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260

Taufiqurrahman, T. (2022). Hasil wawancara dengan wakil kurikulum MAN 1 Probolinggo.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved December 16, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.10527

Yusuf, M., & Hamami, T. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Menyiapkan Peserta Didik dalam Menghadapi Tes Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2571

Zahra, F. (2022). Hasil wawancara dengan guru MAN 1 Probolinggo.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Eka Diana, Linda Maulia Efendi, & Sinta Nur Kamila. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENYIAPKAN SISWA MENGHADAPI ASESMEN NASIONAL DI MADRASAH ALIYAH. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 142–154. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i3.328

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.