Pembelajaran Kontekstual sebagai Inovasi Kreatif dalam Menjadikan Materi Ajar Lebih Bermakna

Authors

  • Lulut Suhermi Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Novita Barokah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Rahmat Kamal Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i2.2197

Keywords:

Contextual-learning, Learning-innovation, Meaningful-materials

Abstract

Education in Indonesia faces significant challenges in connecting teaching materials with students' real-life experiences. Learning content is often perceived as abstract and irrelevant to daily experiences, which can reduce student engagement and motivation in the learning process. Therefore, contextual learning emerges as an innovative solution that links instructional materials with students' life contexts. This study aims to explore the implementation of contextual learning as a creative approach to make teaching materials more meaningful and relevant. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, this research analyzes various studies from accredited national journals and conference proceedings published between 2019 and 2024. The findings indicate that contextual learning can improve concept understanding, learning motivation, and active student engagement. Furthermore, this approach has proven effective in strengthening critical thinking and problem-solving skills. Based on these findings, it is recommended that contextual learning be more widely implemented in the education system to create more meaningful and relevant learning experiences for students.

References

Ahmad, et al. (2023). Pembinaan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 329.

Aldani, T. S., & Tanjung, A. (2025). Analisis Peran Field Trip dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran di Bidang Sejarah Islam. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 601.

Amaliyah, S., & Rianti, R. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III SDN Harmoni Kecamatan Campaka tentang Ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran PAI. Dirasa Islamiyya: Journal of Islamic Studies, 3(2), 249.

Amelia, et al. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan e-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 38.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA menggunakan Strategi PjBL (Project Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3(1), 44.

Arif, M. M., & Ma'rifati, R. K. D. N. (2019). Impelemntasi Strategi Pembelajaran Kontekstual di MI (Madrasah Ibtidaiyah). PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 27.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontekstual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 107.

Brinus, et al. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 270.

Dewi, et al. (2024). Eksplorasi Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran IPS Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar Perspektif Guru dan Siswa. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(4), 659.

Fitrianto, A. (2024). Problematika dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra Sekolah Menengah pada Fase D melalui Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 5.

Hajar, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Menumbuhkan Minat Siswa terhadap Matematika di Madarasah Aliyah. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 9(3), 119.

Mahbubi, M., & Sa'diyah, H. (2025). Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pembelajaran PAI. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 8(2), 169.

Mahmudinata, A A. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Kecerdasan Emosional Pendekatan Integratif untuk Peningkatan Karakter Siswa. Sasana: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 146.

Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 834.

Novianto, et al. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 947.

Nuha, et al. (2024). Kajian Toeri: Pendekatan Pembelajaran Kontekstual guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika (p. 326). Semarang: UNNES.

Rahmawati, S., & Sukma. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pena, 16(1), 70.

Sairoh, L. (2025). Praktikum Pembuatan Kompos Cair sebagai Metode Pembelajaran Kontekstual dalam Materi Daur Ulang Sampah Organik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 930.

Saputra, et al. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Abad ke-21 di SMP Daarut Tauhiid Boarding School. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 90.

Silvia, A., & Inayati, M. (2023). Penerapan Teori Belajar Kontekstual Perspektif John Dewey pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(2), 195.

Supriyanti, et al. (2024). Strategi Pengembangan Budaya Mutu di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 187.

Wika. (2025). Antara Komitmen dan Realita: Studi Kualitatif terhadap Kebijakan Pemerataan Pendidikan di Wilayah Terpencil Merauke. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(1), 95.

Yulianti, et al. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(12), 169.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Lulut Suhermi, Barokah, N., & Rahmat Kamal. (2025). Pembelajaran Kontekstual sebagai Inovasi Kreatif dalam Menjadikan Materi Ajar Lebih Bermakna. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 4(2), 94–103. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i2.2197

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.