Pengaruh Kelompok Kerja dan Kompetensi Guru terhadap Mutu Pembelajaran di SD Kecamatan Pampangan OKI

Authors

  • Retno Palupi Universitas PGRI Palembang
  • Tri Widayatsih Universitas PGRI Palembang
  • Hery Setiyo Nugroho Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i2.2165

Keywords:

Learning Quality, Teacher Work Groups, Teacher Competence

Abstract

This study aims to determine the effect of teacher work groups and teacher competence on the quality of learning in State Elementary Schools in Pampangan District, OKI Regency. This type of research is quantitative research. The sample in this study was 157 State Elementary School teachers in Pampangan District, OKI Regency. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique used quantitative descriptive analysis techniques, simple regression and multiple regression tests. The results of this study state that 1) there is an influence of teacher work groups on the quality of learning in State Elementary Schools in Pampangan District, OKI Regency; 2) there is an influence of teacher competence on the quality of learning in State Elementary Schools in Pampangan District, OKI Regency; 3) there is a joint influence of teacher work groups and teacher competence on the quality of learning in Elementary Schools in Pampangan District, OKI Regency.

References

Angrainy, A., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Pengaruh kompetensi guru dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1(2), 154–159.

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., Suhartono, & Supriadi. (2017). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badrudin, B., Muliawati, T., Russamsi, Y., & Prayoga, A. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kelompok kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 66–75.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 351–370.

Burhanuddin, B., Hudaya, C., & Siswandi, I. (2023). Analisis pengaruh kompetensi guru, pengorganisasian sekolah dan sarana prasarana terhadap kualitas pembelajaran di SLB Kabupaten Sumbawa. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 2064–2073.

Hasanah, R., Kurniawan, K., & Yanuarti, E. (2020). Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong (Tesis, IAIN Curup).

Hilmi, A. H. (2018). Pengaruh motivasi guru terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam. Khazanah Akademia, 2(1), 85–93.

Islamiah, R., & Munastiwi, E. (2022). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu belajar anak usia dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 6, pp. 29–34).

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210.

Juwairiyah, J., & Ashari, A. (2023). Kinerja kepala sekolah sebagai supervisor dalam membina peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudlotul Hamdi. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(4), 1–14.

KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses tanggal 3 Juni 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id

Marliya, M., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh kompetensi guru dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat. Journal of Education Research, 1(3), 206–212.

Mawaddah, M., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan ketersediaan sarana dan prasarana terhadap kepuasan kerja guru. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 100–111.

Megahsari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648.

Musfah, J. (2018). Manajemen pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nasution. (2014). Metode research: Penelitian ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam‎ meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Islam Cendekia‎ Cianjur. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 6(1), 63–76.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pricilia, M., Febrianti, F., Ikhsan, F. F., & Putri, M. I. (2024). Pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 56–62.

Rahmawati, D. (2023). Pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas V di MI Al Mujtaba, Karangmaja, Karanggayam, Kebumen (Tesis, IAINU Kebumen).

Ridwan. (2013). Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.

Rimang, S. S. (2016). Meraih predikat guru dan dosen paripurna. Bandung: Alfabeta.

Septa, S., Ahyani, N., & Fitriani, Y. (2022). Pengaruh instructional leadership kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap mutu pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 45–59.

Sipahutar, D. L. (2020). Pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Kristen terhadap mutu pembelajaran tingkat dasar. Jurnal Areopagus, 18(2).

Solissa, J., & Tomasoa, Y. (2021). Pengaruh kompetensi guru dan pendidikan karakter terhadap mutu pembelajaran pendidikan jasmani pada guru Penjas di Kota Ambon. Jurnal SPEED (Sport, Physical Education, Empowerment), 4(1), 32–41.

Sopiatin, P. (2015). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudijono, A. (2016). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2014). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukardi. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukirman, S. (2020). Efektivitas kelompok kerja guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 201–208.

Sulviana, N., Fitria, H., & Wahidy, A. (2021). Manajemen guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 15–31.

Supardi. (2016). Kinerja guru. Jakarta: Rajawali Press.

Susilowati, B. D. (2015). Dampak kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap semangat kerja. Jurnal JRBI, 1, 31–47.

Suyanto, & Jihad, A. (2015). Menjadi guru profesional. Jakarta: Erlangga.

Triwiyanto, T. (2015). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10–22.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Utami, A. K., & Aisyah, M. N. (2018). Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(3).

Wibowo, A., & Hamrin. (2014). Menjadi guru berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wijayani, D. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan etika profesi guru terhadap kompetensi profesional guru untuk mewujudkan mutu pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(1), 9–21.

Yamin, M. (2016). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Retno Palupi, Tri Widayatsih, & Hery Setiyo Nugroho. (2025). Pengaruh Kelompok Kerja dan Kompetensi Guru terhadap Mutu Pembelajaran di SD Kecamatan Pampangan OKI. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 4(2), 15–29. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i2.2165

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.