Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Kebiasaan Mengumpat Pada Remaja Di Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i1.1426Keywords:
Intensity, Online Play, Swearing HabitAbstract
The intensity of playing online games for adolescents in Sub District of Panggung, Tegal Timur District, Tegal City, has caused them to practice swearing. The purpose of this study was to see the effect of playing online games on the habit of swearing in adolescents in Sub District of Panggung, Tegal Timur District, Tegal City. This research uses quantitative methods. The data technique used was observation, questionnaires and supporting documents. The population of this study were all of the people of Sub District of Panggung, East Tegal District, Tegal City, with a total sample of 100 respondents. Data were analyzed using simple linear regression test. The results showed that there was an effect of online games on the habit of swearing in adolescents in Sub District of Panggung, Tegal Timur District, Tegal City.
References
Farabi, Iqbal. 2013. Infografis: Beberapa Statistik Mengenai Mobile Gaming. Diakses dari Daily Social: https://dailysocial.id/post/infografis-beberapa-statistik-mengenai-mobile-gaming pada tanggal 5 Maret 2020.
Febrian, Jack dan Farida Andayani. 2002. Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi. Bandung: CV. Informatika.
Fernando, Gery. 2018. Hubungan Antara Bermain Game Online dengan Perilaku Sosial dan Prestasi Belajar. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Haqq, Akbar Taufan. 2016. Hubungan Intensitas Bermain Game Online terhadap Agresivitas Remaja Awal di Warnet A, B, dan C Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Lestari, Merita Ayu. 2018. Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif pada Remaja (Studi di Sekolah Menengah Pertama Sawunggaling Jombang Kelas 2). Skripsi. Prodi Ilmu Keperawatan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Lutfie, Arguby Purnomo dan Lukfianka Sanjaya Purnama. 2013. Mendesain Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Video Games. Surakarta: Fataba Press.
Luthfi, Ahmad. 2019. 30 Juta Anak Milenial Gemar Bermain Game Setiap Hari. Diakses dari Oke Techno: https://techno.okezone.com/read/2019/03/28/326/2036223/30-juta-anak-milenial-gemar-bermain-game-setiap-hari pada tanggal 5 Maret 2020.
Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan, Heri Saputra. 2018. Analisis Dampak Pengaruh Game Mobile terhadap Aktifitas Pergaulan Siswa SDN Tanjung Barat 07 Jakarta. Faktor Exacta 11 (2): 146-157.
Subagyo, Joko. 2011. Metodologi Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi R&D. Cetakan Keduapuluh. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2015. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.