Analisis Dinamika Kesetaraan Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Zaitun Qamariah IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1373

Keywords:

Gender dynamics, English Language Teaching (ELT), challenges, strategies, perspectives, inclusive environment

Abstract

This paper outlines gender dynamics in English language teaching (ELT) which includes challenges, strategies, curriculum design, and complex teacher-student relationships. It provides an overview of challenges such as gender bias, stereotyping, and unequal participation, as well as effective strategies to foster an inclusive learning environment. In addition, this study also outlines perspectives on gender inclusiveness, highlights the importance of cultural sensitivity and intersectionality and offers valuable insights for teachers and policy makers to promote gender equality in teaching practices in the ELT domain.

References

Ait Bouzid, H. (2019). Masalah Gender dalam Buku Teks ELT Maroko Terpilih: Tinjauan. Penelitian dalam Pedagogi Bahasa Inggris, 7 (2): 209- 231. http://DOI:10.30486/relp.2019.665890

Aydin, S. (2020). Dinamika Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Tinjauan Kritis. TESOL Triwulanan, 54(3), 458-476.

Bayyurt, Y. (2017). Praktik Linguistik Gender dalam Materi ELT. Jurnal ELT, 71(4), 465-475.

Benattabou, D. (1990). Pentingnya Faktor Usia dan Jenis Kelamin dalam Pembelajaran Bahasa Kedua: Studi Kasus Pelajar Maroko. Disertasi MA yang tidak diterbitkan, Universitas Sidi Mihammed Ben Abdellah, Fes, Maroko.

Coklat, H. D., & Lee, H. (2019). Masalah Gender dalam Pembelajaran Bahasa: Tinjauan Penelitian Terbaru. Pengajaran Bahasa, 52(3), 333-354.

Cameron, D. (2015). Ideologi Gender dan Bahasa dalam ELT: Perspektif dari Praktik. Linguistik Terapan, 36(4), 497-516.

Canagarajah, S. (2016). Dinamika Gender dalam Interaksi Kelas: Perspektif Sosiolinguistik. Jurnal TESL Kanada, 33(2), 1-20.

Chang, SL, & Lin, CS (2018). Persepsi Gender dan Strategi Pembelajaran Bahasa pada ranah ELT: Studi Kasus di Taiwan. Jurnal Pembelajaran Bahasa, 46(3), 310-325.

Masak, V. (2017). Gender dan Pembelajaran Bahasa: Wawasan dari Penelitian. Penelitian Pengajaran Bahasa, 21(5), 589-605.

Du, L. J., & Hu, G. (2021). Menjelajahi Dinamika Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pembelajar Bahasa Mandarin. Jurnal TESOL, 12(2), e597.

Faerch, C., & Kasper, G. (2017). Pemerolehan Gender dan Bahasa: Perspektif Psikolinguistik. Pembelajaran Bahasa, 67(S1), 47-68.

Fielding, R., & Tsui, ABM (2018). Gender dan Kekuatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Sebuah Studi Etnografi. TESOL Triwulanan, 52(2), 263-287.

Flores-Ferrán, N. (2019). Pengajaran Gender dan Pengucapan: Wawasan dari Penelitian. Pengajaran Bahasa, 52(4), 430-449.

Hall, JK (2016). Wacana Gender dalam Interaksi Kelas ELT. TESOL Triwulanan, 50(1), 165-190.

Hashemi, M. R., & Fotovatian, S. (2020). Stereotip Gender dalam Bahan ELT: Analisis Buku Teks Persia. Jurnal Pengajaran dan Penelitian Bahasa, 11(1), 119-130.

Hellinger, M., & Bußmann, H. (2015). Gender Lintas Bahasa: Representasi Linguistik Perempuan dan Laki-Laki. Penerbitan John Benjamins.

Hyland, K. (2018). Gender dan Wacana dalam Instruksi Penulisan ELT. Jurnal Penulisan Bahasa Kedua, 39, 39-50.

Jenkins, J. (2016). Bahasa Inggris Global: Buku Sumber Daya untuk Siswa. Routledge.

Kaneko, M. (2017). Gender dan Identitas dalam Materi ELT: Analisis Kritis. Penelitian Pengajaran Bahasa, 21(3), 347-366.

Kim, SH, & Yoon, HJ (2019). Persepsi Gender tentang Strategi Pembelajaran Bahasa pada ranah ELT: Studi Kasus Pelajar Korea Selatan. Ulasan Pendidikan Asia Pasifik, 20(4), 533-547.

Kramsch, C. (2018). Subjek Multibahasa: Apa Kata Pembelajar Bahasa Asing tentang Pengalaman Mereka dan Mengapa Itu Penting. Oxford University Press.

Kubota, R., & Angelis, K. (2017). Ras dan Etnis dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Korea in Focus. Palgrave Macmillan.

Liddicoat, AJ (2016). Penelitian Pengajaran Bahasa dan Pedagogi Bahasa. Routledge.

Liu, J. (2021). Strategi Wacana Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Wawasan dari Guru Cina. Sistem, 100, 102515.

Pinjaman, DTB, Ha, NTM, Thuy, KTB, Tri, N, Hoa, T.T.A.H, Kivekas, H, Nikulainen, E, Dung, LTM, Geogescu, D, dan Bernard, J. (2010). Pedoman untuk tinjauan dan analisis buku teks dari perspektif gender. "Tinjauan dan analisis buku teks nasional dari perspektif gender, termasuk mengujicobakan program pelatihan guru untuk memasukkan masalah Kesetaraan Gender sejalan dengan Undang-Undang tentang Kesetaraan Gender dan Undang-Undang tentang Pencegahan dan Pengendalian Kekerasan Dalam Rumah Tangga" (Kegiatan Program Bersama PBB / Pemerintah Vietnam 1.3.15) Luo, A. (2019, Juli 18).

Markee, N. (2018). Buku Pegangan Wacana dan Interaksi Kelas. John Wiley &; Putra.

Mouaid, F. (2013). "Interaksi Guru-Siswa: Menuju Pedagogi Bahasa Non-seksis". Konferensi Tahunan ke-33 MATE: Isu Gender dalam Pendidikan Bahasa Pendidikan Bahasa untuk Peserta Didik dengan Kebutuhan Khusus. (hal.47-57).

Nelson, CD (2008). Identitas Seksual dalam Pendidikan Bahasa Inggris. Routledge.

Norton, B., & Toohey, K. (2017). Identitas, Pembelajaran Bahasa, dan Perubahan Sosial. Seri Bahasa dan Kehidupan Sosial.

Ouakrime, M. (2016). Masalah dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa untuk mahasiswa: Sebuah Antologi. Publikasi fakultas Seni & Ilmu Pengetahuan Manusia, DharMehraz, Fez (PARS / Let 24)

Park, J., & Canagarajah, S. (2019). Gender, Pembelajaran Bahasa, dan Sosialisasi: Studi Kasus Siswa Internasional. Bahasa, Budaya dan Kurikulum, 32(1), 85-100.

Pawelczyk, J, Pakuła, Ł dan Sunderland, J (2014). Masalah kekuasaan dalam kaitannya dengan gender dan seksualitas di kelas EFL: gambaran umum. Jurnal Gender dan Kekuasaan 1/1: 49-66.42, 133-144

Pennycook, A. (2017). Politik Budaya Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional. Routledge.

Retelsdorf, Jan, Katja Schwartz, dan Frank Asbrock. 2015. "'Michael tidak bisa membaca!' Stereotip gender guru dan konsep diri membaca anak laki-laki." Jurnal Psikologi Pendidikan 107(1), 186–94.

Rubin, DL (2018). Bahasa dan Gender: Perspektif Sosiolinguistik. Cambridge University Press.

Seidlhofer, B. (2016). Memahami Bahasa Inggris sebagai Lingua Franca: Pengantar Lengkap untuk Implikasi Teoritis dan Praktis. Oxford University Press.

Silberstang, J. (2011). Belajar gender: Efek stereotip peran gender pada pembelajaran seumur hidup perempuan dan peluang kemajuan karir. Dalam M. London (Ed.), Buku Pegangan Oxford tentang Pembelajaran Seumur Hidup, 370-388, Perpustakaan Psikologi Oxford. New York: Oxford University Press

Pemboros, D. (2016). Bahasa buatan manusia. Routledge.

Taqi, H. A., Al-Darwish, S. H., Akbar, R. S., & Al-Gharabali, N. A. (2015). Memilih Guru Bahasa Inggris: Pengaruh Gender pada Pilihan Guru Bahasa Siswa. Dalam Pengajaran Bahasa Inggris (Vol. 8, Issue 12, p. 182). https://doi.org/10.5539/elt.v8n12p18

Tsui, A. B. M., & Tollefson, JW (2019). Kebijakan Bahasa, Budaya, dan Identitas dalam Konteks Asia. Routledge.

UNESCO (2008). Mencapai Tujuan Pembangunan Milenium di Afrika. Rekomendasi dari MDG Africa Steering Group Juni 2008. Jakarta. https://www.who.int/pmnch/events/2008/mdgsteeringgrouprecommendations.pdf

Van der Vleuten, Maaike, Eva Jaspers, Ineke Maas, dan Tanja van der Lippe. 2016. "Pilihan pendidikan anak laki-laki dan perempuan di pendidikan menengah: Peran ideologi gender." Studi Pendidikan 42(2), 181–200. 10.1080/03055698.2016.1160821.

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Zaitun Qamariah. (2024). Analisis Dinamika Kesetaraan Gender dalam Pengajaran Bahasa Inggris . JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 202–220. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1373

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 

You may also start an advanced similarity search for this article.