Analisis Pengaruh Product Quality dan Service Quality Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Warkop Rifqi Jaya Tuasan Medan Tembung

Authors

  • Rahmadi Idris Pasaribu Universitas Negeri Medan
  • Sabda Dian Nurani Siahaan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2886

Keywords:

Product Quality, Service Quality, Consumer Loyality

Abstract

This study aims to analyze the influence of Product Quality and Service Quality on Consumer Loyalty at Warkop Rifqi Jaya Tuasan, Medan Tembung. The method used is quantitative research with a purposive sampling technique. The population in this study consists of Warkop Rifqi Jaya Tuasan consumers who have visited more than four times in one month. Data processing was carried out with the help of SPSS software version 26. The results of the study indicate that Product Quality has a positive and significant influence on Consumer Loyalty, as well as Service Quality which also has a positive and significant influence on Consumer Loyalty. Simultaneously, both variables Product Quality and Service Quality have a positive and significant influence on Consumer Loyalty.

References

Abd. Aziz, A., Agustinar, A., Yahya, M., & Nur Azizah. (2023). Kepuasan pelanggan, kualitas produk, dan nilai yang dirasakan: Mengukur loyalitas konsumen di Warung Kopi Kota Langsa. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(2), 189–208. https://doi.org/10.32505/jim.v5i2.7184

Apriliana, & Sukaris. (2022). Analisa kualitas layanan pada CV. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2).

Aziz, A. A., Agustinar, M., Yahya, & Nur Azizah. (2023). Kepuasan pelanggan, kualitas produk, dan nilai yang dirasakan: Mengukur loyalitas konsumen di Warung Kopi Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(2).

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service quality, consumer satisfaction, dan consumer loyalty: Tinjauan teoritis (M. Ainawati, Ed.). T Cv Irdh.

Daga, R. (2017). Buku 1, citra, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/334957485

Dasar, S., & Divisi Buku Perguraan Tinggi Divisi Buku Perguraan Tinggi Rajagrafindo Persada Ft Rajagrafindo Persada, S. F. (n.d.). Manajemen manajemen pemasaran pemasaran.

Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas pelayanan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan yang di mediasi oleh kepuasan di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84

Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Grup.

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental marketing & kualitas produk dalam kepuasan pelanggan generasi milenial. Insania Grup Publikasi Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati.

Harjadi, D., Si, M., & Arraniri, I. S. E. I. (2021). Experiental marketing & kualitas produk dalam kepuasan pelanggan generasi milenial. http://insaniapublishing.com

Haykal, P. A., Febrilia, I., & Monoarfa, A. T. (2023). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dalam berbelanja. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Janita, I., Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol, 15(1).

Juniarti, S., Zuraida, L., & Wikaningtyas, U. S. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Pada Bento Kopi). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Widya Wiwaha, 2(2), 366–381.

Lestari, D. A., & Syarif, R. (2021). Pengaruh green marketing, citra merek, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Kentucky Fried Chicken (Studi Kasus KFC Buaran Plaza). Ikraith-Ekonomika, 4.

Lukia, J., Suci, Z., Wikaningtyas, U., Juniarti, S., Zuraida, L., Wikaningtyas, S. U., Manajemen, P., Widya, S., & Yogyakarta, W. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Pada Bento Kopi). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Wiya Wiwaha, 2(2).

Manap, A., Sani, I., Sudirman, A., Noviany, H., Rambe, T. M., Raflina, R., Adnan, Y., Abdurohim, Adha, S., Fajar, F., Pujilestari, S., Mulyana, E. I. K., & Widiati, E. (2023). Manajemen pemasaran jasa (Konsep dasar dan strategi) (Dr. S. Ag. , M. M. Fachrurazi, Ed.). Eureka Media Aksara.

Maryati, & M. Khoiri. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian toko online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Metode riset praktis regresi berganda menggunakan spss. (n.d.).

Muhammad, O., Aritonga, D., Hadi, W., Samri, Y., & Nasution, J. (2025). Pt. Media Akademik Publisher Di Warkop Rencong Rupi Mmtc Muhammad Ja’far 2 Fadhil Muhammad 3. JMA, 3(1), 3031–5220. https://doi.org/10.62281

Ngaisah, S., Imroatun, Imroatun, Riska Ramadani, D., & Muthmainnah, M. (2023). Keteladanan guru dalam pembiasaan karakter sosial siswa taman kanak-kanak berciri Islam. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.

Nuryadi, Astuti, D. T., Utami, S. E., & Budiantara. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Sibuku Media.

Odang, J. M. L., & Harsono2, S. (2024). The influence of service quality, company image and complaint handling on loyalty with satisfaction as intervening. Jurnal Ekbis, 25(1).

Pada, I., Sdm, M., Iba, Z., Wardhana, M. M. A., & Si, M. (n.d.). Riset manajemen menggunakan spss dan smart-pls. Penerbit Cv. Eureka Media Aksara.

Philip Kotler, & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (S. A. Maulana, S. D. Barnadi, & W. Hardani M.M, Eds.). Erlangga.

Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (2012). Food science (5th ed.). Chapman And Hail.

Pradana, A. A., Hartono, & Armin, R. (2022a). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Warung Kopi Bu Yuni, Gondang Mojokerto). Seminar Nasional Akuntansi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 327–337.

Pradana, A. A., Hartono, & Armin, R. (2022b). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Warung Kopi Bu Yuni, Gondang Mojokerto). Seminar Nasional Akuntansi Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 327–337.

Prof. Dr. Sofjan Assauri, S. E., & M. ’A. (2014). Manajemen pemasaran dasar, konsep & strategi (13th ed.).

Putri Haykal, A., Febrilia, I., & Arvinta Monoarfa, T. (2023). Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dalam berbelanja online. 4(1).

Putri, A. S. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Kampoeng Roti Di Klaten. (Unpublished master's thesis). Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Rachman, A., Yochanan, Samanlangi, I. A., & Purnomo, H. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (S. Ag. , M. Pd. , M. Si. D. S. & L. 1anisanggrainispdanisanggrainispdgr 1. A. A. S. Pd. , A. A. S. Pd. , Gr. 2. M. R. S. P. S. Pd. 3. U. S. AB. Dr. Bambang Ismaya, Ed.). H CV Saba Jaya Publisher.

Riskiawan, F., Agung, S., & Kuraesin, E. (2018). Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 1–16.

Rohayati, R., & Gunawan, H. (2023). The influence of brand image, service and product quality on customer loyalty of makeup artist services in Yogyakarta. Research Horizon, 04(03), 213–222.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business, a skill building approach (7th ed.). John Wiley & Sons, Ltd.

Sembiring, J. I., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).

Sibuku Media. (n.d.). Www.Sibuku.Com.

Siswati, D. E., Sofiah, D., Iradawaty, N., & Imamah, N. (n.d.). Customer relationship management dan implementasinya pada perusahaan kecil. Penerbit Cv. Eureka Media Aksara.

Siswati, E., Iradawaty, N. S., & Imamah, N. (2024). Customer relationship management dan implementasinya pada perusahaan kecil. Eureka Media Aksara.

Sualang, K. R. V. A. V. R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan pada dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu di kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembanguan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(2).

Subawa, B. G., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen, 9(2), 718–736.

Subawa, I. G. B., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 718. https://doi.org/10.24843/Ejmunud.2020.V09.I02.P16

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2020a). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Suptopo, Ed.). Alfabeta, Cv.

Sugiyono. (2020b). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Suptopo, Ed.). ALFABETA, Cv.

Supangkat, A. D., Arifin, R., & Hufron, M. (n.d.). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan Warung Kopi Kedai Singgah Malang. E-Jurnal Riset Manajemen.

Syahputra, A. D. (2020). Pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah Perum Pegadaian Cabang Bekasi Timur. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(2), 80–92. https://doi.org/10.35137/jei.v21i2.439

Tirtayasa, S. (2022). Effect of product quality and service on customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable (Study on coffee shop in Medan). International Journal of Science, Technology & Management.

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, P. M. S., Devrianya, A., Wijayanti, R. D., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku ajar metode penelitian.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Rahmadi Idris Pasaribu, & Sabda Dian Nurani Siahaan. (2025). Analisis Pengaruh Product Quality dan Service Quality Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Warkop Rifqi Jaya Tuasan Medan Tembung. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(2), 756–779. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2886

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.