Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Ketersediaan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal

Authors

  • Irfan Budi Prakoso Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Azizah Indriyani Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syarieful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2855

Keywords:

Customer Satisfaction, Facilities, Product Availability, Service Quality

Abstract

This study aims to analyze the influence of Service Quality, Facilities, and Product Availability on customer satisfaction at Perumda Air Minum Tirta Bahari, Tegal City. Using a quantitative approach, the study involved 100 respondents from a population of 38,277. The results show that Service Quality (X1) significantly affects Customer Satisfaction (Y), with a t-count of 4.032 > t-table of 1.971 and a significance value of 0.034 < 0.05. This indicates a positive and significant relationship. Meanwhile, Facilities (X2) have no significant effect on Customer Satisfaction, as shown by a t-count of 0.418 < 1.971 and a significance value of 0.677 > 0.05. Product Availability (X3), however, significantly influences Customer Satisfaction, with a t-count of 4.597 > 1.971 and a significance value of 0.000 < 0.05. Furthermore, the simultaneous test (F-test) shows that all three variables—Service Quality, Facilities, and Product Availability—have a positive and significant effect on Customer Satisfaction, with an F-value of 9.415 > F-table of 2.649 and a significance value of 0.000 < 0.05. The coefficient of determination (Adjusted R Square) is 0.612, indicating that 61.2% of the variation in customer satisfaction is explained by the three independent variables, while the remaining 38.8% is influenced by other factors not included in the model. Overall, Service Quality and Product Availability are key factors in enhancing customer satisfaction at the organization. 

References

Abdu, S. (2023). Analisis kualitas pelayanan rawat inap dengan menggunakan pendekatan metode SERVQUAL. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 6(2), 52–58.

Alifiyah, M. N., Sucipto, H., Dumadi, D., & Riono, S. B. (2023). Analisis branding, cita rasa dan segmentasi pasar terhadap peningkatan penjualan pada Kedai Seblak Mega Easy Losari. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1041–1052.

Amalia, B. I., & Sugiri, A. (2014). Ketersediaan air bersih dan perubahan iklim: Studi krisis air di Kedungkarang Kabupaten Demak. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 3(2), 295–302.

Ansari, A., Riono, S. B., & Indriyani, A. (2022). Analysis of economic growth, regional minimum wage, and inflation on the unemployment rate in Brebes Regency. In Tegal International Conference on Applied Social Science & Humanities (TICASSH 2022) (pp. 393–402). Atlantis Press.

Aprilia, S. B., Ati, N. U., & Sekarsari, R. W. (2020). Analisis kualitas pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Dampit dalam menanggapi pengaduan masyarakat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (Studi pada Desa Pamotan, Ubalan, Dawuhan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang). Respon Publik, 14(5), 1–13.

Aprilianti, S. Z., Salsabila, Y. N., Riono, S. B., Sucipto, H., & Wahana, A. N. P. D. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, serta celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada produk Scarlet di Yogya Mall Brebes. CiDEA Journal, 2(2), 179–197.

Aribowo, K., Purwanda, E., & Rahmi, A. S. (2024). Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di rumah sakit. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 5(01), 58–68.

Ariyani, D., Riono, S. B., & Sucipto, H. (2022). Pelatihan branding equity untuk membangun brand image pada pelaku UMKM di Desa Ciawi dalam meningkatkan daya jual: Branding equity training to build brand image for MSME actors in Ciawi village in increasing selling power. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 100–106.

Azmi, S. (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Travel Milala Tour Medan. Universitas Pembangunan Pancabudi.

Bahari, T. (2020). Sejarah Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal. https://tirtabahari.co.id/pages/sejarah-perumda-air-minum-tirta-bahari-kota-tegal

Diantika, A. R. (2022). Pengaruh keragaman produk, ketersediaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Hikmah Mart Jajar Wates. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(2), 175–188.

Doni, L. P., & Andi, M. A. (2025). Manajemen pelayanan yang baik dengan kepuasan pasien yang tinggi. (Jurnal tidak disebutkan).

Dumadi, R. (2022). Kebijakan kepala daerah dalam pembangunan ekonomi pedesaan untuk kesejahteraan masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Sihombing, Y. A. (2022a). Loyalitas pasien: Tinjauan aspek pelayanan, kepuasan, trust, komitmen, brand equity, dan hospital image. Penerbit NEM.

Sihombing, Y. A. (2022b). Loyalitas pasien: Tinjauan aspek pelayanan, kepuasan, trust, komitmen, brand equity, dan hospital image. Penerbit NEM.

Subiyantoro, A., Wahyuning, S., & Lestari, O. S. S. (2022). Pengaruh fasilitas ruang tunggu terminal terhadap kepuasan konsumen Bandar Udara Matahora-Wakatobi. Jurnal Economina, 1(2), 311–321.

Susetyo, D. P., Pranajaya, E., Setiawan, T., & Suryana, A. (2022). Kualitas pelayanan akademik dan citra institusi sebagai determinan kepuasan mahasiswa. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4), 473–492.

Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja terhadap kepuasan masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3), 387–399.

Zendrato, O., Damanik, Y. D. P., Sinaga, E. P., & Subekti, A. (2024). Pelestarian sistem kelola air bersih yang efektif untuk mengatasi tantangan kualitas dan ketersediaan air bersih di Kelurahan Titi Papan Kecamatan Medan Deli Kota Medan. CERMIN: Jurnal Penelitian, 8(1), 263–272.

Eldon, M., & Ruspinendya, B. P. (2022). Pengaruh servicescape, brand image, dan word of mouth terhadap kepuasan konsumen. BEMJ: Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 42–49.

Hasdar, M., & Umisara, E. (2024). Garam di Desa Grinting: Peluang penggunaan tunnel dan geomembrane. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 5(2), 114–123.

Hasibuan, R. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi, 4(3).

Hidayat, A., & Kusnadi, D. (2020). Keberlanjutan pelayanan air bersih di Perumda Air Minum Tirta Medal Kabupaten Sumedang. JRPA-Journal of Regional Public Administration, 5(1), 68–78.

Indriyani, A. (2020). Manajemen SDM dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di Ridwan Institute Cirebon. Syntax, 2(8), 346–362.

Lestari, H., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2024). Pengaruh komunikasi pemasaran, inovasi produk, dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan Dua Coffee. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(2), 1043–1052.

Mabrur, A. K., & Anwar, A. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ompo Kabupaten Soppeng. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 19(2), 143–159.

Mahry, H., Ma’nawiyah, Y., Yulianto, A., Kristiana, A., & Indriyani, A. (2023). Analisis kualitas kemasan, persepsi harga dan citra merek terhadap loyalitas konsumen pada biskuit Oreo: Studi kasus di Toko Sarimulya Limbangan Wetan. Journal of Management and Social Sciences, 2(4), 302–319.

Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., & Farrel, M. H. (2022). Faktor yang mempengaruhi: Kepuasan pelanggan dan minat pembelian: Kualitas produk, dan persepsi harga (literatur review manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363.

Novitasari, D. (2022). Manajemen operasi konsep dan esensi.

Qazzafi, S. (2019). Consumer buying decision process toward products. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(5), 130–134.

Rahma, F., Mustafa, R. M., Rokhayati, H., & Prihdiyanti, A. S. (2022). Analisis potensi dan kendala pada BUMDes unit usaha bidang pengelolaan air bersih serta pengaruhnya terhadap peningkatan pendapatan asli desa (PAD) dan kesejahteraan masyarakat di Desa Rempoah. In Proceeding of Midyear International Conference (Vol. 1).

Rahmat, T. R., & Ardiansyah, I. A. (2021). Evaluasi penerapan Total Quality Management (TQM) dan komitmen organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada organisasi publik. KarismaPro, 12(2), 32–46.

Ramadhan, F., Muhafidin, D., & Miradhia, D. (2021). Kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 12(2), 58–63.

Rantung, M., & Kaseger, M. (2023). Dimensi tangible dalam pelayanan di Puskesmas Papakelas Kecamatan Tondano Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 8(1), 83–94.

Riono, S. B., Nurizki, M., Dumadi, D., Syaifulloh, M., & Sucipto, H. (2023). Pengaruh modal usaha dan strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada pelaku UMKM Mitra Mandiri Brebes. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 11(1), 1–8.

Satriani, D., & Kusuma, V. V. (2020). Perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan terhadap laba penjualan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 438–453.

Septadiana, A., & Suprihhadi, H. (2024). Pengaruh harga, kualitas layanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Bandeng Juwana Tidar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 13(9).

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Irfan Budi Prakoso, Hendri Sucipto, Azizah Indriyani, & Syarieful Ikhwan. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Ketersediaan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perumda Air Minum Tirta Bahari Kota Tegal . JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(2), 676–695. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2855

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.