Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Toko terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada Toko Snack UD. Bunda Ida

Authors

  • Katherin JR Purba Universitas Negeri Medan
  • Aprinawati Aprinawati Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2854

Keywords:

Customer Loyalty, Price, Service Quality, Store Atmosphere

Abstract

This study aims to analyze the effect of service quality, price, and store atmosphere on customer loyalty at UD. Bunda Ida Snack Shop. A sample of 170 respondents was obtained using convenience sampling technique. Primary data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression via SPSS 24.0. The results of the t-test and F-test showed that the three independent variables had a positive and significant effect on customer loyalty, both partially and simultaneously. The price variable has the most dominant influence. 94.9% of customer loyalty is explained by these three variables, the rest is influenced by other factors.

 

References

Dewi, T. F., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan, dan harga produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 16(1), 69–94.

Fadhilah, N. (2025). Pengaruh WOM, varian produk, media sosial, dan harga terhadap loyalitas konsumen HNI HPAI di Solo Raya. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(1), 20–41.

Fattah, R. M., Karnadi, K., & Ariyantiningsih, F. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada “Percetakan Kusuma” Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(5), 926–938.

Fitriyah, Z., & Rohman, N. A. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada Coffee Shop Pit-Stop Kopi KIG Gresik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11056–11062.

Griffin, J. (2019). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hasan, A. (2022). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Medpress.

Heslin, P. (2025). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan customer relationship management sebagai variabel moderasi (Studi pada pelanggan Gojek di Bandar Lampung). [Jurnal tidak disebutkan].

Hurriyati, R. (2020). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2020). Manajemen pemasaran: Analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol (Edisi ke-15, Jilid 2). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.

Kuswandana, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2025). Pengaruh suasana toko dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 12(1), 111–119.

Manullang, M., & Pakpahan, M. (2022). Metode penelitian: Proses penelitian praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Molan, B. (2021). Manajemen pemasaran (Jilid 8). Jakarta: PT Indeks.

Munandar, A., & Erdkhadifa, R. (2023). Pengaruh word of mouth, kualitas pelayanan, media sosial, store atmosphere, fasilitas, dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Warkop Kidol Lepen Tulungagung. Reinforce: Journal of Sharia Management, 2(1), 50–74.

Peter, J. P., & Oslo, J. C. (2020). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi ke-9). Bandung: Salemba Empat.

Priansa, D. J. (2021). Perilaku konsumen dalam bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Purnamayanti, P. D., & Indiani, N. L. P. (2024). Pengaruh kepercayaan merek, promosi, dan harga terhadap loyalitas konsumen pada bisnis ritel kosmetik. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 8(1), 26–37.

Rosyada, A., Novianti, D., Saripudin, M. H., & Purnamasari, P. (2025). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen pada Tomoro Coffee. Jurnal Pemasaran Bisnis, 7(1), 78–92.

Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2020). Metode penelitian manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan: Konsep, kasus, dan aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.

Siantry, A., Untari, D. T., & Andrian, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Karoseri PT. Adhikarisma Pratama. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(1), 211–222.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2021). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutisna. (2022). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Suwardyanba, G. I., Prawitasari, P. P., Ariwangsa, I. G. N. O., & Tirtayani, I. G. A. (2025). Pengaruh customer experience dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan di CV. Ary’s Mikro Singapadu Bali. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), 1076–1086.

Tjiptono, F. (2021). Strategi pemasaran (Edisi ke-3). Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, C. W. (2023). Manajemen ritel: Strategi dan implementasi ritel modern. Jakarta: Salemba Empat.

Yulandari, A., & Andy, A. (2025). Pengaruh variasi produk, harga dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan Warung Chato-Chato Tangerang. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 23(1), 95–105.

Yuliasari, W., Arumsari, N. R., & Karatri, R. H. (2023). Pengaruh keragaman produk, diskon, store atmosphere dan citra toko terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 6(2), 218–230.

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Katherin JR Purba, & Aprinawati Aprinawati. (2025). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Toko terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada Toko Snack UD. Bunda Ida. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(2), 657–675. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2854

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.