Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Toko terhadap Peningkatan Loyalitas Pelanggan pada Toko Snack UD. Bunda Ida
DOI:
https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i2.2854Keywords:
Customer Loyalty, Price, Service Quality, Store AtmosphereAbstract
This study aims to analyze the effect of service quality, price, and store atmosphere on customer loyalty at UD. Bunda Ida Snack Shop. A sample of 170 respondents was obtained using convenience sampling technique. Primary data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression via SPSS 24.0. The results of the t-test and F-test showed that the three independent variables had a positive and significant effect on customer loyalty, both partially and simultaneously. The price variable has the most dominant influence. 94.9% of customer loyalty is explained by these three variables, the rest is influenced by other factors.
References
Dewi, T. F., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan, dan harga produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, 16(1), 69–94.
Fadhilah, N. (2025). Pengaruh WOM, varian produk, media sosial, dan harga terhadap loyalitas konsumen HNI HPAI di Solo Raya. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(1), 20–41.
Fattah, R. M., Karnadi, K., & Ariyantiningsih, F. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada “Percetakan Kusuma” Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(5), 926–938.
Fitriyah, Z., & Rohman, N. A. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada Coffee Shop Pit-Stop Kopi KIG Gresik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11056–11062.
Griffin, J. (2019). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hasan, A. (2022). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: Medpress.
Heslin, P. (2025). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan customer relationship management sebagai variabel moderasi (Studi pada pelanggan Gojek di Bandar Lampung). [Jurnal tidak disebutkan].
Hurriyati, R. (2020). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. (2020). Manajemen pemasaran: Analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol (Edisi ke-15, Jilid 2). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.
Kuswandana, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2025). Pengaruh suasana toko dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 12(1), 111–119.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2022). Metode penelitian: Proses penelitian praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Molan, B. (2021). Manajemen pemasaran (Jilid 8). Jakarta: PT Indeks.
Munandar, A., & Erdkhadifa, R. (2023). Pengaruh word of mouth, kualitas pelayanan, media sosial, store atmosphere, fasilitas, dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Warkop Kidol Lepen Tulungagung. Reinforce: Journal of Sharia Management, 2(1), 50–74.
Peter, J. P., & Oslo, J. C. (2020). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran (Edisi ke-9). Bandung: Salemba Empat.
Priansa, D. J. (2021). Perilaku konsumen dalam bisnis kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Purnamayanti, P. D., & Indiani, N. L. P. (2024). Pengaruh kepercayaan merek, promosi, dan harga terhadap loyalitas konsumen pada bisnis ritel kosmetik. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 8(1), 26–37.
Rosyada, A., Novianti, D., Saripudin, M. H., & Purnamasari, P. (2025). Pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen pada Tomoro Coffee. Jurnal Pemasaran Bisnis, 7(1), 78–92.
Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2020). Metode penelitian manajemen, akuntansi, dan ekonomi pembangunan: Konsep, kasus, dan aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Siantry, A., Untari, D. T., & Andrian, A. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Karoseri PT. Adhikarisma Pratama. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 3(1), 211–222.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2021). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sutisna. (2022). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Suwardyanba, G. I., Prawitasari, P. P., Ariwangsa, I. G. N. O., & Tirtayani, I. G. A. (2025). Pengaruh customer experience dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan di CV. Ary’s Mikro Singapadu Bali. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), 1076–1086.
Tjiptono, F. (2021). Strategi pemasaran (Edisi ke-3). Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, C. W. (2023). Manajemen ritel: Strategi dan implementasi ritel modern. Jakarta: Salemba Empat.
Yulandari, A., & Andy, A. (2025). Pengaruh variasi produk, harga dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan Warung Chato-Chato Tangerang. Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 23(1), 95–105.
Yuliasari, W., Arumsari, N. R., & Karatri, R. H. (2023). Pengaruh keragaman produk, diskon, store atmosphere dan citra toko terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 6(2), 218–230.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



