Pengaruh Harga, Produk, Citra Merek, dan Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Cafe Kepiting Berserak Kotapinang

Authors

  • Riska Yani Harahap Universitas Labuhanbatu
  • Yuniman Zebua Universitas Labuhanbatu
  • Bhakti Helvi Rambe Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i1.2043

Keywords:

Price, Product, Brand-Image, Service, Customer-Satisfaction

Abstract

This study aims to analyze the influence of price (X1), product (X2), brand image (X3), and service (X4) on customer satisfaction (Y), both partially and simultaneously, at Cafe Kepiting Berserak Kotapinang. This research employs a survey method with a sample size of 96 respondents. The research instrument is a questionnaire, and the data is analyzed using multiple linear regression equations. The analysis results demonstrate that customer satisfaction is influenced by price, product, brand image, and service. However, other factors beyond these variables also affect customer satisfaction, which should be explored in future studies to enhance customer satisfaction from different perspectives.

References

Alvian, I. G. P. K. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen “Masalah.” Performa, 5(4), 295–302. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1783

Andriani, N. (2023). Manajemen merek: Strategi dan pengembangannya. Eureka Media Aksara.

Anom, S., & Ali, H. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap sistem informasi pemasaran. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(3), 293–304. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.1944

Aprita Nur Maharani, R., & Ali Alam, I. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen selama pandemi Covid-19 pada kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(4), 235–242. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.22

Budiono, A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(2), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664

Erida, E., Indrawijaya, S., & Abdilah, D. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen produk kaos merek Jakoz. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 9(1), 23–33. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9236

Firmansyah, M. A., Hariasih, M., & Indayani, L. (2023). Peran kualitas pelayanan, ketepatan waktu dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan J&T Express di wilayah Jawa Timur. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9359–9372.

Hernikasari, I., Ali, H., & Hadita, H. (2022). Determinasi citra merek melalui kepuasan pelanggan Bear Brand: Analisis harga dan kualitas produk. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1004

Indriyani, S., Yusda, D. D., & Helmita, H. (2023). Pengaruh pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan Geprek Bensu Lampung. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 8(1), 59–67. https://doi.org/10.24967/ekombis.v8i1.2131

Komara, A. T., Roslina, Y. N., Jatmika, L., & Pasundan, S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen: Studi pada salah satu perusahaan jasa transportasi di Kota Bandung. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114.

Laili, N. P. N., & Budiarti, A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan Cabang Manyar Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 12(7).

Lesmana, N., Hakim, I., Sanjaya, A., Marsin, I. S., Prasetyo, E., Witiyastuty, H., & Jamal, I. (2022). Manajemen pemasaran. Strategy Cita Semesta.

Muazaroh, N., Febriansah, R. E., & Indayani, L. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mie Setan Prigen Pasuruan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1832–1839. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1775

Nurul Hakimi, A., Budi, W., & Basalamah, M. R. (2023). Pengaruh bauran pemasaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada kepuasan konsumen: Studi kasus produk Eiger. Riset: Jurnal Prodi Manajemen Fakultas Bisnis Unisma, 12(1), 510–518.

Pulumbara, G. F., & Latief, I. B. U. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan minuman JR Tea. Jurnal Manuver, 1(1), 76–92.

Putri, B. R. T. (2018). Manajemen pemasaran & manajemen pemasaran jasa (Vol. 1, Issue 1). Alfabeta.

Rahman, A. (2019). Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Yudha Swalayan Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 4(2), 257–264.

Rahmandani, S. A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 56–68. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.231

Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen: Studi pada Rainbow Creative Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226

Safitri, N. A. (2023). Manajemen pemasaran (M. E. T. Rahmad Kurniawan, Ed.). K-Media.

Sari, A. E., & Juni, T. (2023). Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen produk skincare Wardah: Studi kasus pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 2(2), 150–158.

Seran, R. A., Fanggidae, R. P., Amtiran, P. Y., & Suryaputra, F. A. G. (n.d.). Pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Arthur Kupang. Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(x), 221–232.

Sicillia, M. (2019). Pengaruh produk dan kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan yang berdampak pada kepuasan nasabah pada PT Bank OCBC NISP Tbk Cabang Green Garden. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 84. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2462

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wardhana, F. A., & Sitohang, F. M. (2021). Pengaruh produk, harga, tempat, dan store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan Warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(3), 1–19.

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Riska Yani Harahap, Yuniman Zebua, & Bhakti Helvi Rambe. (2025). Pengaruh Harga, Produk, Citra Merek, dan Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Cafe Kepiting Berserak Kotapinang. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(1), 42–55. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v4i1.2043

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.