Filosofi Sarung (Sarune Dikurung) dalam Diskursus Pendidikan Islam

Authors

  • Ngatoillah Linnaja Universitas Sains Al-Qur’an Wonososbo
  • Robingun Suyud El Syam Universitas Sains Al-Qur’an Wonososbo

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.483

Keywords:

Filosofi,Sarung , Pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini mengungkap filosofi sarung (sarune dikurung) dalam diskurus pendidikan Islam, berangkat dari aspek kebahasaan untuk kemudian dikaji dari sudut filosofis guna direlasikan dengan pendidikan Islam. Tulisan ini menggunakan pendekatan kepustakaan untuk memperoleh data, kemudian dikaji dengan konsepsi filosofis, dan dianalisis induktif, agar menghasilkan simpulan yang relevan. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa sarung memiliki makna filosofis yang mulia dimana terdapat nilai-nilai luhur yang telah diresapkan didalamnya. Sarung mengacu pada makna filosofis sarune dikurung mengandung interpretasi manusia agar menjaga sikap buruk atau tidak pantas. Dalam diskursus pendidikan Islam, nilai tersebut selaras dengan ajaran  mengendalikan nafsu, menjaga aurut, serta menjaga dari sikap buruk. Implikasi penelitian  terhadap aspek filosofis, memakai sarung manjadi pengendalian diri. Penelitan berkontribusi pada pemaknaan filosofis sarung bagi pengembangan pendidikan Islam.   

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afifiyah, S. (2019, January 19). “Tradisi Sarungan di Kalangan Kaum Nahdliyin.” Tagar.Id. https://www.tagar.id/

Alawiyah, S., Rahman, I. K., & Handrianto, B. (2020). Meningkatkan Kesadaran Menutup Aurat Melalui Pendekatan Konseling REBT Islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 225–239. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9532

Amin, P. (2021). “Santri, Antara Ngagem Peci dan Gondelan Sarung.” Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/

Amsidi, M. (2021). Makna simbolik ragam hias sarung tenun tradisional desa ternate kabupaten alor nusa tenggara timur. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Arifin, F. Z. (2022). Terapi Realitas Di Pondok Pesantren. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201–220. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i2.1896

Azizah, R. (2021). The Relevance of Pesantren Culture: a Review on “Sejarah Etika Pesantren di Nusantara in Nusantara.” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 1(1), 58–83. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1243

Bunganegara, M. H., & Ali, M. (2022). Setan dalam Aliran Darah Manusia: Analisis Pendekatan Psikologi. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 58–72. https://doi.org/10.24252/jumdpi.v24i1.27294

Divedigital. (2021, September 29). “Arti Kata Saru dalam Bahasa Jawa.” Divedigital.Id. https://divedigital.id/

Diwanji, V. S. (2022). Fuzzy-set qualitative comparative analysis in consumer research: A systematic literature review. International Journal of Consumer Studies, IF 7.096. https://doi.org/10.1111/ijcs.12889

Effendi, Z. (2020). Pemikiran Pendidikan Muhammad Naquib Al-Attas. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 121–134. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.61

Fahri, M., & Zainuri, A. (2022). Moderasi Beragama di Indonesia. Religions, 13(5), 451–456. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/download/5640/3010/

Fikry, H., W, S., Nuraini, N., & Mardhiah, A. (2022). Karakteristik Masyarakat Islam Perspektif Al-Qur’an: Analisis QS. Ali-Imran Ayat 110. TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, 7(2), 169–183. https://doi.org/10.22373/tafse.v7i2.13898

Gusmian, I. (2018). Wajah Islam dalam Ruang Batin Manusia Jawa: Jejak Kearifan Kultural Islam Nusantara dalam Naskah Primbon dan Doa. 2nd Annual Conference for Muslim Scholars: Strengthening the Moderate Vision of Indonesian Islam, 11–25. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries 1.108

Hamadah, N. (2018). “Apa Filosofi Sarung?” Alif.ID. https://alif.id/

Hamdani, N. R. A., Nuroni, E., & Surbiantoro, E. (2022). Implikasi Pendidikan Al-Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 59 tentang Kewajiban Muslimah Menutup Aurat dalam Adab Berbusana. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 318–324. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3376

Hamidah, D., Saepudin, A., & Mujahid Rasyid. (2022). Implikasi Pendidikan dari Quran Surat Al-Ahzab Ayat 59 tentang Perintah Menutup Aurat terhadap Etika Berbusana dalam Islam. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 331–337. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3390

Harbelubun, J. (2022). Unsur Religius (Aqidah, Syariah Dan Akhlaq) Tokoh Saritem Dan Sukirman Dalam Novel “Kelir Slindet” Karya Kedung Darma Romansha. Buana Bastra, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.36456/bastra.vol3.no2.a5004

Hasibuan, A. T., & Rahmawati, E. (2022). The Pendidikan Islam Informal dan Peran Sumber Daya Manusia dalam Perkembangan Masyarakat: Studi Evaluasi Teoretis. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 24–37. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v15i1.1182

Hibatullah, H. (2022). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 32(1), 1–11. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i1.122

Hidayah, N. (2022). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam Swasta Berbasis Moderasi Beragama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 773–788. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.2361

Hiebl, M. R. W. (2023). Literature reviews of qualitative accounting research: challenges and opportunities. Qualitative Research in Accounting and Management, ahead-of-p, 1–28. https://doi.org/10.1108/QRAM-12-2021-0222

HumasUPI. (2022, March 13). “Peradaban Sarung Di Indonesia.” Portal Berita UPI. http://berita.upi.edu/

Iskandar, Y. (2020). “Filosofi Tenun BHS Menggambarkan Kekayaan Budaya Nusantara.” Brand Adventure Indonesia. https://brandadventureindonesia.com/

KamusJawa. (2023, April 23). Kamus Jawa dikurung. Kamus Bahasa Jawa Online Terlengkap. https://www.kamusjawa.net/

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/

Khomisah, P. N., Faiqotussana, & Nurinadia, P. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 2441–2453. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09

Kumalasari, R. (2022). Perempuan dan Moderasi Beragama: Potensi dan Tantangan Perempuan dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 50–58.

Kusrianto, A. (2020). Sarung tenun Indonesia: filosofi, motif, sampai industri. Penerbit Andi.

Liando, M. R., & Hadirman, H. (2022). Praktik Kultur Moderasi Beragama dalam Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Studi di SMA Muhammadiyah Manado). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 379–392. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2089

LTM PBNU. (2017). Sarung sebagai Identitas Budaya Indonesia. Seminar Nasional Sarung Nusantara. https://www.nu.or.id/

Majid, A. A. (2022). The Integration of Exoteric and Esoteric: Towards a More Holistic Islamic Practice. Sains Insani, 7(2), 56–63. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol7no2.430

Mastori, Iman, S. B., & Masykur, A. (2022). Konsep Kebebasan Beragama dan Implementasinya dalam Dakwah Islam. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(01), 53–71. https://doi.org/10.53678/elmadani.v3i01.451

Mawaidi, M., & Zuchdi, D. (2021). Islam dan Paradoks (Budaya) Carok di Madura: Tinjauan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 9(2), 673–692. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v9i2.8410

Muhyidin. (2020). Pandangan Gus Dur Sebagai Budayawan. Https://Www.Republika.Co.Id/.

Munawwir, A. W. (2020). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia (A. Ma’shum & Z. A. Munawwir (eds.)). Surabaya : Progresif Books.

News. (2021, March 6). “Filosofi Kain Sarung Yang Dikenakan KH Abdul Wahab Hasbullah, Seorang Tokoh Penting Di NU.” Inforepublik.Com News. http://inforepublik.com/

Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 45–55. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i1.69

Prakoso, B. (2020). “Kajian Budaya Berpakaian Para Santri di Pesantren Salafiyah Bani Utsman Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Studi Kasus Pesantren Bani Utsman Panimbang Pandeglang, Banten).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putri, N. A., Sobarna, A., & Rachmah, H. (2023). Implementasi Ketentuan Menutup Aurat di Universitas Islam Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 238–248. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6865

Rahmat, S. R., Purwaningrum, F., Salim, M. A., Shamsurijan, M. S., Ann, L. C., & Mohamad, M. F. (2022). The Readiness Of Smallholders To Pursue The Malaysian Sustainable Palm Oil Certification For Conservation And Sustainability Initiative : A Qualitative Study In 2020. Journal of Positive School Psychology, 6(9), 2341–2362. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/12654

Rahmawati, R. F. (2022). Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pesantren Modern. NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCESCO/article/view/89

Rangkuti, B. W. (2022). Refleksi atas Esensi Alam Semesta dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(1), 22–47. https://doi.org/10.47006/er.v6i1.10581

Rifayanti, R., Kristina, G., Doni, S. R., & ... (2017). Filosofi Sarung Tenun Samarinda Sebagai Simbol dan Identitas Ibu Kota Kalimantan Timur. Psikostudia: Jurnal …, 6(2), 21–31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v6i2.2373

Rodiya, Y., Salimi, M., & Maulana, M. A. (2021). Konsep Kebajikan dan Perilaku Manusia dalam Dua Mazhab Teologi Islam. An-Nufus, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.32534/annufus.v3i1.2858

Rumina, R. (2018). Islam Sebagai Paradigma Pendidikan Moral Universal. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 14–12. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i3.79

Rupa, J. N., & Ri’a, M. P. P. (2021). Makna Simbolik Motif Khas Sarung Ende Lio. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 4(2), 251–262. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.979

Serbatahu. (2023, March 25). “Arti Gaul Saru.” Serbatahu.Com. http://www.serbatahu.com/

Sholihin, P. (2021). Pemikiran Tasawuf Perspektif Syariat Islam. SEMB-J : Sharia Economic and Management Business Journal, 2(1), 1–13. https://siducat.org/index.php/sembj/article/view/165

Sufratman. (2022). Relevansi Moderasi Beragama Di Tengah Masyarakat Majemuk. Jurnal Keislaman, 5(2), 206–217. https://doi.org/10.54298/jk.v5i2.3451

Sugiarto, T. (2021). Makna Material Culture dalam “Sarung” sebagai Identitas Santri. El Madani : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(01), 77–100. https://doi.org/10.53678/elmadani.v2i01.191

Tambunan, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Warga Binaan Kasus Korupsi (Filsafat Puasa Al-Ghazali dalam Perubahan Makna Hidup melalui Teknik REBT di Lapas Kelas IIA Sibolga). Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa, 3(2), 261–274. https://doi.org/10.24952/taghyir.v3i2.3881

Tim Pokja MB. (2020). Peta Jalan (Roadmap) Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2020-2024. Jakarta : Kementerian Agama RI.

Turner, C., & Astin, F. (2021). Grounded theory: what makes a grounded theory study? European Journal of Cardiovascular Nursing, 20(3), 285–289. https://doi.org/10.1093/eurjcn/zvaa034

Umar, R. El. (2020, September 23). “Filosofi Sarung.” Duniasantri.Co. https://www.duniasantri.co/

Wibowo, R. W., & Nurjanah, A. S. (2021). Aktualisasi Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 55–62. https://doi.org/10.24014/jiik.v11i2.13870

Zahro’, A., & Aminah, S. (2021). Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 111–129. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.70

Zein, M. F. (2021, February 12). “Menyingkap Makna dan Filosofi di Balik Penggunaan Sarung.” IBTimes.ID. https://ibtimes.id/

Zein, Z. M. (2021, June 10). “A sarong’s story: Reclaiming Asia’s versatile cloth.” Kontinentalist. https://kontinentalist.com/

Zoetmulder, P. ., & Robson, S. . (2011). Kamus Jawa Kuna Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Zulbadri, Z. (2019). Akhlak Mazmumah Dalam Al-Qur’an. Jurnal Ulunnuha, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.15548/ju.v7i2.258

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Ngatoillah Linnaja, & Robingun Suyud El Syam. (2023). Filosofi Sarung (Sarune Dikurung) dalam Diskursus Pendidikan Islam. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 68–78. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.483

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.