PERKEMBANGAN MORAL MENURUT AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN

Authors

  • Fadlullah
  • Mohamad Imron IAIN Pascasarjana Syekh Nurjati Cirebon
  • Suklani Perkembangan Moral Menurut Al Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.366

Keywords:

Perkembangan Moral anak, Imam Al Ghazali,Ihya Ulumuddin

Abstract

Pendidikan sebagai perisai dari masalah kurangnya karakter moral siswa.Pendidikan Islam memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembangunan manusia .Pendidikan Islam memiliki posisi yang sangat strategis dalam pembangunan manusia. Sebagian besar topik mengenai akhlak bersumber dari agama, namun belum ada satupun dari literature psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan akhlak dan tahapan perkembangan akhlak dalam perspektif Al-Ghazali. Penelitian dilakukan metode analisa teks dari literature agama yaitu dalam kitab Ihya’ Ulumuddin bab riyadhah an-nafs (pelatihan jiwa) karya Al- Ghazali yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (conten analysis). Sumber  data dalam penelitian ini berupa naskah klasik dalam Bahasa Arab karya Al-Ghazali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan  akhlak anak, yaitu pola asuh dan lingkungan sosial. Pola asuh yang didalamnya dijabarkan mengenai niat/motif pengasuhan, mengkonsumsi makanan yang halal, mendidik dan membiasakan anak dengan etika yang terpuji, mengawasi dan menasehati anak. Temuan ini memberikan wawasan bahwa manusia memiliki beberapa tahapan perkembangan akhlak sampai terbentuknya akhlak yang terpuji. Tahapan Pertama: Lahir sampai 7 tahun, Tahapan Kedua: 7-15 tahun (tamyiz), dan tahapan ketiga: 15 tahun  tamyiz.  

References

Anggraini, F. (2017). Studi Pendahuluan Konsep Psikologi Akhlak (Kajian Hermeneutika atas Kitab Ihya Ulumuddin Karya Al-Ghazali. (Tesis Tidak Terpublikasi). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Blasi, A. (1980). Bridging moral cognition and moral action: A critical review of the literature. Psychological Bulletin, 88(1), 1.

Cahyono, C. H., & Suparyo, W. (1985). Tahap-Tahap Perkembangan Moral. Malang: IKIP Malang.

Cresswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. Thousand Oaks, CA: Sage.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2007). How to design and evaluate research in education (Vol. 7). McGraw-Hill New York.

Hardy, S. A., Bean, D. S., & Olsen, J. A. (2015). Moral identity and adolescent prosocial and antisocial behaviors: Interactions with moral disengagement and self-regulation. Journal of Youth and Adolescence, 44(8), 1542–1554.

Harun, S. (1993). Sistem Pendidikan Islam.

Bandung: Al Ma’arif.

Hergenhahn & Olson. (2008). Teaching and Learning at a Distance: Foundations of Distance Education 7th Edition. IAP.

Jannah, M., Yacob, F., & Julianto, J. (2017). Rentang Kehidupan Manusia (life span development) dalam islam. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 97–114.

Jense & Kingston. (1986). Family system characteristics and parental behaviors as predictors of adolesc. Adolescence, 29(114), 114.

Mustaqim, A. (2013). Akhlak Tasawuf: Lelaku Suci Menuju Revolusi Hati. Yokyakarta: Kaukaba Dirgantara.

Ogden, J. (2010). Food choice. The psychology of eating: from healthy to disordered behavior. Oxford, UK: Blackwell publishing.

Papalia dkk. (2009). Theories of human development: Contemporary perspectives.

Rahmawati, S. W. (2015). Contribute islamic parenting to improve self efficacy. Proceeding of 1st Al Azhar International Seminar on Islamic Psychology.

Rest, J R. (1983). Pathogenesis of cerebral malaria in golden hamsters and inbred mice. Contributions to Microbiology and Immunology.

Rest, James R. (1994). Moral development in the professions: Psychology and applied ethics. Psychology Press.

Riyono, B. (2012). Motivasi dengan Perspektif Psikologi Islam. Edisi Pertama.

Santrock, J. W. (2002). Perkembangan Masa Hidup .(Chusairi, A, & Damanik, J. Trans.) Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Masa Hidup .(Chusairi, A, & Damanik, J.

Trans.) Jakarta: Erlangga.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective sixth edition. Pearson.

Subandi, M. A. (2011). Sabar: Sebuah konsep psikologi. Jurnal Psikologi, 38(2), 215–

Sunarto. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Rineka cipta.

Tamuri, A. H., Othman, M. Y., Dakir, J.,

Ismail, A. M., & Stapa, Z. (2013). Religious education and ethical attitude of Muslim adolescents in Malaysia. Multicultural Education & Technology Journal.

Yusuf, S L.N. Perkembangan Peserta Didik (Jakarta : PT Rajagrafindo Persada,2013). Hlm.1

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Fadlullah, Mohamad Imron, & Suklani. (2023). PERKEMBANGAN MORAL MENURUT AL GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUMUDDIN. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.366