Strategi Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Almanar

Authors

  • Wasilah Wasilah Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangkaraya
  • Tutut Sholihah Dosen Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.33

Keywords:

Strategi, Pemberdayaan Tenaga Kependidikan, Mutu Pendidikan

Abstract

Pemberdayaan tenaga kependidikan dilakukan  dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dengan focus penelitian proses penyadaran dan pemberian daya kepala sekolah pada tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu di SDIT Almanar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan 1) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/ veriffication). Hasil dari penelitian ini adalah;   Penyadaran tenaga kependidikan dilakukan terhadap tiga komponen utama madrasah. Proses penyadaran kepala madrasah dilakukan melalui pengalaman dan analisis personal, studi banding, pembinaan, supervisi pengawas, serta aspirasi komite. Proses penyadaran tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan melalui internalisasi visi, misi dan tujuan madrasah, keteladanan kepala madrasah, pemotivasian, pelibatan tenaga pendidik dan kependidikan dalam kegiatan workshop dan seminar terkait pendidikan. Proses penyadaran komite madrasah dilakukan melalui pendekatan personal pengelola madrasah, forum rapat terbatas, laporan lembaga dan rapat umum komite. Pemberian daya kepala sekolah diwujudkan berupa pemberian wewenang sesuai tupoksi, bimbingan tenaga pendidik, dan memimpin pencapaian mutu pendidikan. Pemberian daya tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan melalui pemberian wewenang dan tanggung jawab dan secara bersama mengelola program unggulan. Pemberian daya komite madrasah diwujudkan dalam kepercayaan terlibat penyusunan program kerja dan kewenangan melengkapi sarana prasarana yang tidak mampu dibiayai madrasah.

References

Amentembuan, Administrasi Personil Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara,1994

Arifin, Zaenal. Partisipasi Masyarakat di Bidang Manajemen Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan, DIA, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 14, No. 1,2019

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2016).

Bedjo Sujanto, Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah Di Era Otonomi Daerah, Jakarta: CV. Sagung Seto, 2007

Choiri, Moh. Miftachul. Pemberdayaan Madrasah Dan Pendidikan Berbasis Masyarakat, Jurnal Tarbiyah, Vol. 21, No. 2, 2014, 340

Chotimah, Chusnul dan Khoirun Nisa, Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet, Seminar Nasional Multidisiplin Unwaha Jombang 2019

Crosby, Philip B., Quality Is Free New York : New American Library, 1979

Danim, Sudarmin. Inovasi Pendidikan “Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan”, Bandung: Pustaka Setia, 2002

Dessler, Gary. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Penerbit Indeks, 2014

Fitra, Muh. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 3 No. 1, 2017

Fitri, Agus Zaenul dan Nik Haryanti, Metodologi Penelitian Pendidikan (Malang: Madani Media, 2020).

Juran, Joseph. “The Juran Trilogy”, Quality Progress, Vol. 19, No. 8, 1986

Juran., Joseph “The Juran Trilogy”, Quality Progress, Vol. 19, No. 8, 1986

Manaf, Abdul. Hubungan Pemberdayaan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan, TANZHIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan. Vol.10 No.2 2016

Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta., 2015

Syafruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana, 2017

Undang-undang SISDIKNAS, Yogyakarta: Pustaka Art, 2007

Yunita Endra Megiati, Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya, Jurnal SAP Vol. 1 No. 2, 2016

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Wasilah Wasilah, & Tutut Sholihah. (2022). Strategi Pemberdayaan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT Almanar. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v1i2.33