Strategi Guru dalam Mengidentifikasi Bakat dan Minat Siswa MI Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
DOI:
https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i3.2573Keywords:
Extracurricular, Interest, TalentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam strategi guru dalam mengidentifikasi bakat dan minat siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan pendekatan Library Research atau Integrative Review. Sumber data diperoleh dari literatur yang terindeks di Google Scholar, Scispace, DOAJ, dan Scopus, dengan rentang tahun publikasi 2016–2024. Hasil telaah menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memiliki peran strategis dalam mengungkap potensi siswa, khususnya dalam kerangka teori Kecerdasan Majemuk. Namun demikian, upaya identifikasi ini dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya, tingginya beban kerja guru, minimnya pelatihan profesional, serta kurangnya dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Berbagai strategi telah diusulkan, antara lain pemanfaatan teknologi, pendekatan manajemen berbasis minat, dan observasi sistematik. Meskipun demikian, implementasi strategi tersebut masih menemui hambatan seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan waktu. Studi ini juga menemukan adanya kesenjangan dalam akses dan partisipasi siswa, khususnya bagi mereka yang memiliki preferensi belajar individual. Oleh karena itu, diperlukan model kolaboratif yang lebih inklusif dan adaptif guna mengoptimalkan peran kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan bakat dan minat siswa.
References
Agus Mulyana, Auliadi Auliadi, Iga Ghufrani Juniarti, & Ramanda Putri Mardiyyana. (2023). Peran Positif Kegiatan Ekstrakurikuler di Lingkungan Sekolah Dasar Bagi Peserta Didik. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 171–177. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.650
Akbar, A., Rezki, A., Putri, E., & Rahmatika, N. U. (2024). Penerapan Evaluasi Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana. 5(4), 5567–5575. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1832
Alhamid, I. S., Nur, I., & H. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Pada Peserta Didik Di Sd Inpres 2 Wagom. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 7(2), 29–56. https://doi.org/10.47945/transformasi.v7i2.1550
Anissa Valenia Samputri, Arina Mayang Fanguna, & Ahmad Khoiri. (2022). Peran Kokurikuler Dan Ekstrakulikuler Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Di Smp Istiqomah Sambas Purbalingga. Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30640/abdimas45.v1i1.191
Apriyanti, A., Hartini, H., & Azwar, B. (2023). Peran Guru BK dalam Mengembangkan Bakat Minat dan Potensi Belajar Siswa Kelas X. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5812
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arina Hidayati, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, & Indah Pajar Wati. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Bano, Y. H. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Supervisi Akademik Di Smp Negeri 12 Gorontalo. Jurnal Pascasarjana, 3(2), 214-225. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/338
Bulak, M., Rochmawan, A. E., & Abbas, N. (2024). Integrating Javanese in Social Studies at Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 136–150.
Choirul Amri, & Dimas Kurniawan. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Student Research. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980
Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Destriani, D., & Warsah, I. (2022). Teacher Strategy Deep Develop Intelligence Linguistics Student. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29240/belajea.v7i2.4725
Devi, A. D., Na’imah, N., & Dinana, A. (2021). Non-Academic Achievement Improvement Through Extracurricular. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.283-292.2021
Devi Mayanti Magdalena Manullang1, Desy Safitri2, S. (2024). Analisis Organisasi Kegiatan Ekstrakurikuler sebagai Wadah Pendukung Motivasi Berprestasi di Bidang Non-akademik pada Siswa. Mutiara Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 102–112. https://jurnal.tiga-mutiara.com/index.php/jimi/article/view/207
Dwi, J., Amrullah, R., Prasetya, F. B., Rahma, A. S., Setyorini, A. D., Salsabila, A. N., Nuraisyah, V., & Jember, U. (2024). Efektivitas Peran Kurikulum Merdeka terhadap Tantangan Revolusi Industri 4 . 0 bagi Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1313–1328.
Firdaus, M. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY : Journal of Primary Education , 2(2), 39–43. https://doi.org/10.55210/elementary.v2i2.441
Gita Dias Riyana, & Oktaviani Adhi Suciptaningsih. (2023). Kondisi Sosial Budaya Terkait Pendidikan Anak Pada Masyarakat Petani di Desa Suro Jawa Tengah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 146–154. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.767
Hana Salsabila, P., Syaflita, D., & Indriani, N. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Wadah Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. JURNAL ARMADA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.7
Haris, A., Tahir, S., Nurjaya, M., & Baharuddin, T. (2023). Analisis Bibliometrik Tentang Mitigasi Bencana dan Pembangunan Berkelanjutan: Inisisasi Kebijakan Untuk Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i4.3394
Hendriani, S., Nurcahyo, G. W., & Yuhandri, Y. (2021). Sistem Pakar Dalam Mengidentifikasi Penanda Minat Karakteristik Ekstrakurikuler Berbasis Case Based Reasoning. Jurnal Informasi dan Teknologi. https://doi.org/10.37034/jidt.v3i4.154
Hidayat, N., Andriani, F., & Yoenanto, N. H. (2024). Exploring Challenges and Strategies for Improving the Quality of Education : Integrative Literature Review. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 7(1), 128–141. https://doi.org/10.23887/ijerr.v7i1.73824
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4
Hima, A. N., Saputro, T. H., & Farah, R. R. (2021). Benefits and challenges of doing task-based language teaching in Indonesia: Teachers’ perception. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15805
Iskandar, S., Rosmana, P. S., H.A, A. N. A., Rahma, A. R., Nengsih, N. W., & Puspita Sari, T. F. (2024). The Role Of Extracurricular Activities In Developing Students’ Interests And Talents In Elementary Schools. Journal of Pedagogi, 1(3), 8–13. https://doi.org/10.62872/bma2fa05
Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572
Karima Astari. (2023). Rancangan Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale ( BARS ). JIPSI, 5(1), 21–34. http://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/JIPSI/article/view/620
Khairullah, K. (2024). Proses Pembentukan Identitas Islam Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Konteks Pembelajaran: Studi Grounded Theory. Jurnal Ilmu Komputer dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(5), 43-79.
Khairullah, K., Yusuf, E., Islam, U., Muhammad, K., Banjarmasin, A. A., Ibtidaiyah, M., Ulumiddin, I., & Banjarmasin, K. (2024). Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Islam yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah Ihya Ulumiddin Banjarmasin : Perspektif Guru. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(3), 01–10.
Khoirul Abdillah, M., & Muspawi, M. (2023). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Di Smp Negeri 30 Muaro Jambi. Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.23917/jmp.v18i2.23291
Kinesti, R. D. A., Setyani, Y., Munawaroh, A., Saifulloh, F., Falahuddin, A., & Izzah, F. (2022). Pengembangan Potensi Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Istiqomah Bandung. ARZUSIN. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i3.424
Lisnawati, L. (2021). Urgensi pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.152
Lujuo, A. P., & Wandela, E. L. (2024). Challenges in Implementing Extracurricular Activities and their Impact on Skill Development in Secondary Schools: A Case Study of Morogoro Municipality, Tanzania. Asian Journal of Education and Social Studies, 50(11), 219–227. http://research.submanuscript.com/id/eprint/3276/
Mahendra, A., & Rizqina, A. (2025). Pengelolaan Program Hifzil Qur ’ an di Lembaga Pengembangan. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 123–135. http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj/article/view/934
Mardhiah, A., & Julike, M. (2022). Strategi Guru Kelas Dalam Pengembangan Bakat Minat Peserta Didik di MIN 2 Ujung Baro Blangkejeren Gayo Lues. urnal Intelektualita Prodi MPI, 11(2), 141–159. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/17183/7826
Ndraha, A., & Waruwu, N. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Sentra dan Implikasinya pada Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. https://doi.org/10.54024/illuminate.v5i1.144
Nisa, R., Alfiyatun, A., & Patmawati, I. (2024). Peran Ekstrakulikuler dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa MAN 1 Pangandaran. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 3(2), 414–420. https://doi.org/10.62515/staf.v4i2.557
Nuriah, S., Sobarningsih, N., & Mahmud, M. R. (2021). REACT strategy toward mathematical communication abilities of madrasah ibtidaiyah students. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012118
Pranata, R., Desmita, D., & Suryani, I. (2023). Seminar on Enhancing Students’ Interests, Talents, and Creativity at SMA N 2 Lintau Buo. MARAWA: Jurnal Masyarakat Religius dan Berwawasan. https://doi.org/10.31958/mrw.v2i1.10296
Purba Melisa, Syafitri Ramadani, & Nurzanah Rizki. (2023). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam.
Purnama, S. (2017). Materi-Materi Pilihan dalam Parenting Education menurut Munif Chatib. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-01
Purwaningsih, K. D., & Kunci, K. (2024). Original Article Deskripsi Kendala yang Dihadapi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Sikap Siswa Description of the Obstacles Faced by Teachers in Carrying Out Student Attitude Assessment. 1(2), 29–36.
Retnanto, A. (2016). Aktualisasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran mata kuliah metodologi penelitian pendidikan di STAIN Kudus tahun 2016. Quality.
Riri Suryati, Akrim, I. P. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Rizki Pratama, P. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Kegiatan Membuat Maze Berbantuan Media Loose Part. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i2.51
Rizkyka, A. N., Rizkina, A., & Ramadhani, M. I. (2024). Peran Aktivitas Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Dan Prestasi Akademis Siswa Sekolah Dasar. Anterior Jurnal, 23(2), 41–45. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.6775
Sahudi, S., & Nurdiyanto, N. (2024). Efforts to Develop Children’s Talents Through Extracurricular Activities at Nur El-Qolam Islamic Middle School Serang Banten. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 3(2), 109–127. https://doi.org/10.15575/jipai.v3i2.31095
Sharma, M., & History, A. (2024). Insights from a Literature Review. The Lumbini Journal of Language & Literature, 4(1), 63–70.
Sidiq, A. M., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Konsep Merdeka Belajar di Sanggar Anak Alam. SELING: Jurnal Program Studi …, 6(2), 146–156. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/630
Sinag, D. (2024). Teacher-Student Interaction Models : Effective Strategies for Increasing Student Participation and Motivation. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(3), 1052–1065. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18050
Sugianto, H. and. (2025). Pesantren Dan Warisan Perjuangan Histori Perjuangan Ustad Suharto Noer dan Berdirinya Pondok Pesantren Darussalam Saobi. https://penerbitlitnus.co.id/portfolio/pesantren-dan-warisan-perjuangan/
Sunan Sukmanagara, & Lukman Hakim. (2023). Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Minat Bakat Peserta Didik (Studi Kasus Di Sma Insan Kamil Tartila, Tangerang). JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.316
Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis Tematik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assesment. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.18
Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





